kumparan
10 Oktober 2019 8:15

Ammar Zoni: Seharusnya Saya Ambil Keputusan untuk Selamatkan Satu Bayi

Ammar Zoni. Foto: Instagram @ammarzoni
Duka mendalam tengah dirasakan oleh pasangan selebriti Ammar Zoni dan Irish Bella. Kebahagiaan mereka menantikan anak pertama harus berganti duka saat bayi kembar mereka meninggal dalam kandungan, Minggu (6/10).
ADVERTISEMENT
Bayi berjenis kelamin perempuan itu tak bertahan di usia kandungan Irish yang sudah menginjak 27 minggu. Keduanya mengalami mirror syndrom dan mengakibatkan preeklamsia pada sang ibu.
Loading Instagram...
Meski sedih harus kehilangan sang buah hati, namun Ammar mencoba ikhlas menerima kenyataan pahit tersebut. Irish yang semula bedrest di rumah sakit pun sudah diperbolehkan untuk pulang.
"Supaya bisa istirahat dan enggak dengar suara bayi terus kalau di rumah sakit," ungkap Ammar dalam YouTube 'Shopee 10.10 Super Brands Festival', seperti dilihat kumparan, Kamis (10/10).
Ammar Zoni dan Irish Bella Foto: Maulana Saputra/kumparan
Dalam kesempatan itu, Ammar juga menceritakan bagaimana Irish awalnya dirujuk dari RS Medistra ke RSAB Harapan Kita. Saat itu, Ammar katanya, sudah curiga dengan perubahan bentuk tubuh Irish yang membengkak secara tidak wajar.
ADVERTISEMENT
"Kami berdua kan belum tahu apa-apa soal kehamilan, dan pas dirujuk ke Harapan Kita, dibilang sudah terlambat. Jadi emang dari awal aku enggak percaya saat Irish dibilang baik-baik aja, padahal badannya bengkak. Pas dicek, ada pendarahan," beber Ammar.
"Salahnya saya saat itu, saya harusnya bisa ambil keputusan, selamatkan satu bayi saja. Tapi Allah punya rencana lain. Di Harapan Kita pun tim dokter masih berusaha menyelamatkan. Dokter bilang yang dialami Irish ini penyakit langka, TTTS atau Twin to Twin Transfusion Syndrome," tambahnya.
Pemain sinetron Irish Bella. Foto: Instagram @_irishbella_.
Saat itu, baik pihak keluarga dan tim dokter terus berusaha yang terbaik untuk Irish dan bayinya. Namun, segala cara yang ditempuh gagal dan Irish mengalami preeklamsia.
"Pecah plasenta, keluar dari plasenta dan oksigen ke bayi sudah enggak ada lagi," kata Ammar menahan kesedihan.
ADVERTISEMENT
Saat mengetahui buah hati pertama mereka tak tertolong lagi, Ammar tak kuasa menahan kesedihan. Sementara, Irish mencoba untuk lebih kuat menahan kesedihannya.
Ammar pun mengakui bahwa sang istri merupakan perempuan yang kuat saat diterpa masalah berat
"Dia bisa menahan untuk tidak menangis saat tahu anak kami meninggal. Saya pingsan, saya lihat anak saya, sudah jadi bayi, perkembangan tubuhnya sudah berkembang," kenang Ammar dengan mata berkaca-kaca.
Ammar Zoni dan Irish Bella. Foto: Instagram/@_irishbella_
Kini, pasangan Irish Bella dan Ammar Zoni mencoba bangkit dari keterpurukan. Mereka juga mengambil hikmah dari kenyataan pahit tersebut.
"Yang penting ini pelajaran untuk ibu-ibu hamil di luar sana, untuk lebih memperhatikan dan berhati-hati, ini juga pelajaran berarti buat kami. Insyaallah nanti kalau Irish diberi kesempatan hamil lagi, kami akan berhati-hati. Saya harap ibu hamil juga jangan menunda-nunda USG, jangan takut. Kami sudah lakukan yang terbaik," tutup Ammar Zoni.
ADVERTISEMENT
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan