kumparan
17 April 2019 10:47

Anang soal Keluarganya Beda Pilihan: Demokrasi Asalnya dari Rumah

Musisi, Anang Hermansyah dan keluarga usai mencoblos
Musisi Anang Hermansyah (kiri) dan keluarga usai mencoblos. Foto: instagram @ananghijau
Masyarakat Indonesia merayakan pesta demokrasi yang dilakukan 5 tahun sekali pada Rabu (17/4). Keluarga pasangan selebriti, Anang Hermansyah dan Ashanty, turut menyalurkan hak suara mereka di dekat kediamannya di kawasan Cinere, Depok, Jawa Barat.
ADVERTISEMENT
Anang dan Ashanty melakukan pencoblosan di TPS 89 yang tak jauh dari rumahnya. Mereka juga tak lupa mengajak kedua anaknya, Aurel Hermansyah dan Azriel Hermansyah untuk ikut serta dalam pemilu kali ini.
Keluarga Asix (Azriel, Aurel, Ashanty, Anang)
Keluarga Asix (Azriel, Aurel, Ashanty, Anang). Foto: Alexander Vito/kumparan
Dalam pemilihan presiden kali ini, Ashanty mengakui jika anggota keluarganya memiliki pilihan yang berbeda. Namun, hal tersebut tak menjadi masalah yang berarti karena memang itulah hakikat demokrasi yang sebenarnya.
"Kita beda-beda. Tapi, ada satu yang saya enggak tahu (pilihannya). Tadi malam dia salat," kata Ashanty di lokasi yang sama.
"Pipih (Anang) enggak mau ngasih tahu (Pasangan Capres dan Cawapres pilihannya)," timpal Aurel Hermansyah.
Anang Hermansyah sengaja merahasiakan pilihan capres kepada keluarganya. Sebab, dia ingin menerapkan asas pemilu, yakni Luber (Langsung, Umum, Bebas dan Rahasia).
ADVERTISEMENT
"Itu lah demokrasi, Langsung, Umum, Bebas, Rahasia," sahut Anang.
Anang Hermansyah dan keluarga saat memilih di TPS.
Anang Hermansyah dan keluarga saat memilih di TPS. Foto: Instagram @ashanty_ash
Anang Hermansyah juga sependapat dengan Ashanty soal perbedaan pilihan dalam keluarganya. Menurutnya, demokrasi memang harus diterapkan terlebih dulu dari dalam rumah.
"Tidak masalah (beda pilihan). Bahan bakarnya demokrasi di negara ini adalah demokrasi di rumah. Sebetulnya awalnya dari situ," kata Anang.
"Kalau di rumah bisa menjalankan demokrasi, tidak ada paksaan dari orang tua pada anak. Dari saya kepada pegawai di rumah, itu adalah bentuk demokrasi," lanjutnya.
Sebelumnya, Ashanty secara blak-blakan mendukung pasangan Joko Widodo dan Ma'ruf Amin di media sosial miliknya. Sementara itu, Aurel Hermansyah sempat mengunggah foto bersama calon wakil presiden Sandiaga Uno di Instagram pribadinya.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan