kumparan
3 Januari 2018 14:30

Berhijab, Tika Ramlan Lebih Ikhlas Jalani Hidup

Tika T2 (Foto: Munady Widjaja/kumparan)
Memutuskan untuk hijrah memang bukanlah perkara yang mudah. Butuh waktu yang tidak sebentar untuk melakukan perubahan ke arah yang lebih. Seperti yang dilakukan penyanyi sekaligus presenter Tika Ramlan.
ADVERTISEMENT
Sejak kurang lebih 3 bulan lalu, ia memutuskan untuk menutup auratnya dan mengenakan hijab. Keputusan tersebut diambil bukan karena dirinya diminta sang suami, namun kemauan sendiri.
Loading Instagram...
"Kalau disuruh aku enggak mau. Itu tanggung jawabnya gede banget, jadi emang harus keinginan diri sendiri," ucap Tika ketika ditemui di kawasan Kapten Tendean, Mampang, Jakarta Selatan, Rabu (3/1).
"Kalau disuruh suami sih pasti mau, tapi waktu itu tunggu deh. Aku bilang emang mau sendiri, jadi galaunya pun lama lah, cukup setahun. Semakin ke sini, semakin banyak hal yang bikin aku enggak nyaman, sama beberapa rutinitas yang sudah dijalani selama ini, terus pelan-pelan aku mundur," sambungnya.
Sejak September memutuskan untuk berhijab, mantan personel T2 itu mengaku merasakan kebahagiaan yang lebih tenang, dan lebih ikhlas dalam menjalani setiap kegiatan.
ADVERTISEMENT
"Alhamdulillah perasaannya sekarang kayak apa ya, lebih ikhlas lagi, sama terus kayak ngejalanin sesuatu lebih ringan aja, jadi enggak ada beban. Kayak, 'Aduh mau gini, gimana ya? Mau itu gimana ya?' Terus kalau enggak kesampean, sekarang lebih lillahi ta'ala aja lah," tuturnya.
Tika T2 (Foto: Munady Widjaja/kumparan)
Penyanyi berusia 31 tahun ini juga tidak ingin keputusan berhijab hanya sekadar untuk mengubah penampilan. Tapi Tika ingin keputusannya hijrah untuk semakin dekat dengan Sang Pencipta.
Ibu tiga anak itu bahkan sekarang tidak memiliki ambisi lagi, untuk menjadi penyanyi atau mengeluarkan album religi setelah dirinya memutuskan untuk berhijab.
"Rencana album sih belum, karena aku enggak menargetkan apa-apa. Aku emang pengin hijrahnya ke diri dulu, jadi bukan karena mau ganti style nih, pakai kerudung terus nanti bikin album, kayak gitu enggak," ucapnya.
Tika eks T2 (Foto: Munady Widjaja)
Tika bahkan perlahan mulai membatasi pekerjaannya sebagai penyanyi. Apalagi selama ini, lebih banyak panggilan menyanyi tanpa menggunakan hijab.
ADVERTISEMENT
"Mungkin ini cara Allah yang ngebawa aku. Aku suka banget nyanyi emang dari kecil, tapi mungkin Allah pelan-pelan mengurangi itu dan Allah ganti dengan yang lain. Aku juga mensyukurinya," kata Tika.
Saat ini, pelantun 'Lelaki Cadangan' itu mulai belajar untuk menjadi pembawa acara. Ia bahkan sudah mendapatkan tawaran sebagai pembawa acara di salah satu program televisi swasta, bertemakan tentang islam.
"Aku jadi bisa belajar nge-host juga karena aku buta sekali sama dunia nge-host. Terus dibantuin juga sama ustaz-ustaznya, sama host-host lain seperti apa, Alhamdulillah sampai sekarang berjalan dengan baik," imbuhnya.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan