Daniel Mananta Sempat Depresi saat Alami Gangguan Pita Suara

20 September 2021 16:31
·
waktu baca 2 menit
sosmed-whatsapp-whitecopy-link-circlemore-vertical
Daniel Mananta - Gucci Foto: Dok. Gucci Indonesia
zoom-in-whitePerbesar
Daniel Mananta - Gucci Foto: Dok. Gucci Indonesia
ADVERTISEMENT
Presenter Daniel Mananta baru-baru ini menjadi bintang tamu dalam konten di kanal YouTube NGOBROL ASIX. Bersama Anang Hermansyah, Daniel menceritakan penderitaannya ketika mengalami gangguan pita suara.
ADVERTISEMENT
Daniel mengungkapkan jika dirinya menderita gangguan pita suara yang disebut dengan nodul pada 2012. Nodul muncul akibat pertumbuhan tidak normal di kedua pita suara karena sering menggunakan suara secara berlebihan.
“Nodul, yaitu tumor jinak di pita suara. Sehingga pita suara harusnya bisa nutup gini, cuma karena ada si daging kecil ini jadi pita suara enggak nutup, jadi serak gitu kan,” jelas Daniel Mananta.
“Ini sebenarnya penyakit untuk penyanyi-penyanyi seperti Whitney Houston, yes, gue satu level penyakitnya sama mereka,” kata Daniel.
Saat itu, Daniel sempat menjalani operasi, namun suaranya belum sepenuhnya kembali normal. Presenter Indonesian Idol itu sempat merasa kehilangan identitasnya.
“Setelah 3 minggu (operasi pita suara), gua akhirnya pergi dong MC, nge-job. Suara gue juga masih belum balik, Nah di situ, gue bukan cuma kehilangan suara gua, tapi gue kehilangan identitas diri gue juga karena saat itu gue sudah jadi presenter yang terkenal dan siapakah diri gua kalau misalkan gue bukan presenter terkenal lagi,” ujarnya.
ADVERTISEMENT
Ketika sempat kehilangan suaranya, Daniel mengaku mengalami depresi. Ia bahkan tak mau keluar rumah.
Presenter Daniel Mananta saat hadir di konferensi pers Indonesian Idol di kawasan Kebon Jeruk, Jakarta, Senin, (16/7/2019). Foto: Ronny
zoom-in-whitePerbesar
Presenter Daniel Mananta saat hadir di konferensi pers Indonesian Idol di kawasan Kebon Jeruk, Jakarta, Senin, (16/7/2019). Foto: Ronny
“Gue bener-bener depresi banget, begitu gue bangun tidur, gue tutup lagi muka gue dengan selimut dan gue enggak pengin keluar rumah, mendingan gue di rumah banget karena gue malu kalau misalnya gue keluar (rumah) suara gue enggak ada, orang-orang bakal cemooh, bakal dibilang ‘Ini Daniel nih yang dulu nih, dulu dia sempat nih terkenal. Tapi kasian ya suaranya hilang, dia jadi gini sekarang’,” sambungnya.
Pria berusia 40 tahun ini juga mengungkapkan jika dirinya sempat hampir sebulan di rumah saja, dan hanya berdoa kepada Tuhan agar diberikan kesembuhan.
Presenter Daniel Mananta saat hadi di launcing poster film Susi Susanti di kawasan Gatot Subroto, Jakarta, Selasa, (20/8). Foto: Ronny
zoom-in-whitePerbesar
Presenter Daniel Mananta saat hadi di launcing poster film Susi Susanti di kawasan Gatot Subroto, Jakarta, Selasa, (20/8). Foto: Ronny
“Enggak tau kenapa, saat itu hati gua ngerasa damai banget. Ternyata yang terjadi, gue ketika didoain, yes, gue belum mengalami kesembuhan secara fisik, tapi gue mengalami kesembuhan secara spiritual," terangnya.
ADVERTISEMENT
“Hati gua tiba-tiba kayak ada sebuah perasaan yang gua bener-bener gue sendiri nggak bisa jelasin, perasaan ini perasaan yang damai yang mungkin dunia ini enggak akan bisa ngasih gue,” sambung Daniel.
Saat itu, Daniel percaya jika suatu saat suaranya akan kembali seperti semula, hanya perlu sabar menunggu waktunya tiba.
“Ada suatu kepercayaan di hati gue suara lu bakal balik kok, sudah sabar aja, ini sebuah proses dalam kesembuhan,” ucap Daniel.
Laporan: Sausan Sudarjat
Baca Lainnya
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020