kumparan
7 Juli 2019 10:16

Doa Raisa untuk Sutopo

Sutopo Purwo Nugroho dan Raisa
Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB, Sutopo Purwo Nugroho (kiri), berbincang dengan penyanyi Raisa Andriana di kumparan. Foto: Aditia Noviansyah/kumparan
Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB Sutopo Purwo Nugroho meninggal dunia di RS St. Stamford Modern Cancer Hospital, Guangzhou, China, Minggu (7/7) pukul 01.00 waktu setempat. Sebelum mengembuskan napas terakhir, Sutopo berjuang melawan kanker paru-paru stadium 4B yang menyerangnya sejak Januari 2018.
ADVERTISEMENT
Ucapan duka mengalir deras di media sosial begitu informasi mengenai kepergian Sutopo beredar. Raisa menjadi salah satu dari sekian banyak warganet yang menyampaikan ucapan belasungkawa untuk Sutopo.
"Innalillahi wainna ilaihi raji'un, turut berduka cita atas meninggalnya Bapak Sutopo PN. Semoga beliau diterima di sisi-Nya. Amin," tulis Raisa di akun Twitter miliknya, Minggu (7/7).
Raisa merupakan salah satu sosok yang berkesan buat Sutopo. Pria asal Boyolali, Jawa Tengah, itu adalah penggemar Raisa.
Sutopo sempat memention Raisa ketika menuliskan di Twitter mengenai dirinya yang tetap melayani masyarakat dan media di tengah perjuangan melawan kanker. Ia mengaku menggemari Raisa, bahkan sampai hafal lagunya. Bahkan warganet bahkan membuat tagar #RaisaMeetSutopo. Tagar ini pun sempat ramai.
ADVERTISEMENT
Dalam satu waktu, Sutopo mengabarkan perkembangan terkini penanganan bencana gempa dan tsunami di Palu dan Donggala di kantor BNPB, Jakarta, 3 Oktober 2018. Sesudah itu, seorang staf memberikan ponsel pada Sutopo.
Rupanya, diujung telepon sudah ada Raisa. Keduanya akhirnya berkomunikasi melalui video call. "Saya terima kasih mbak. Ini menjadi kenangan terindah buatku," kata Sutopo.
Konferensi pers penanggulangan bencana BNPB
Kapusdatin Humas BNPB, Sutopo Purwo Nugroho saat Konferensi pers penanggulangan bencana BNPB di Gedung BNPB, Jakarta. Foto: Nugroho Sejati/kumparan
Sutopo akhirnya bertemu langsung dengan Raisa di kantor kumparan pada 5 November 2018. Kala itu, Raisa sedang mempromosikan lagu terbarunya bersama Dipha Barus berjudul 'My Kind of Crazy'.
Raisa lalu membawakan lagu tersebut. Sepanjang lagu, Sutopo hampir tak melepas pandangannya kepada idolanya itu. Ia merasa senang bisa bertemu langsung dengan Raisa.
"Tadi malam itu saya mimpi, anggrek di rumah saya itu bermekaran. Ketemulah saya dengan anggrek Indonesia, Mbak Raisa," tutup Sutopo.
ADVERTISEMENT
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan