kumparan
22 Mei 2018 7:03

Jadi 'Kuli Bangunan’, Raline Shah Ingin Menginspirasi Orang Lain

Raline Shah (Foto: Munady)
Aktris Raline Shah tak hanya sibuk beraktivitas di dunia hiburan. Namun, ia juga selalu meluangkan waktu untuk mengikuti berbagai kegiatan amal.
ADVERTISEMENT
Hal itu menjadi sebuah kebiasaan tersendiri bagi pemain film '5 cm’ itu. Sebab sejak kecil, kedua orang tuanya memang telah mengajarkan Raline untuk selalu beramal.
"Dari kecil, orang tua saya aktif di bidang sosial. Sebenarnya, saya mengikuti mereka saja, terinspirasi oleh mereka dan jadi rutinitas," kata Raline saat dijumpai di kawasan Setiabudi, Kuningan, Jakarta Selatan, Senin (21/5).
Raline Shah saat jadi 'Kuli Bangunan' Dadakan. (Foto: Instagram @ralineshah)
Ketika melakukan kegiatan amal, perempuan berusia 33 tahun itu tak segan untuk terjun langsung ke lapangan. Beberapa waktu lalu, ia bahkan rela menjadi 'kuli bangunan' saat tengah melakukan proyek amalnya di kawasan Sentul, Jawa Barat.
Dalam foto yang diunggah ke akun Instagram, terlihat Raline bersedia berpanas-panasan. Ia pun mengangkat sejumlah balok beton hingga membuat layer bangunan.
ADVERTISEMENT
Melalui aksi yang dilakukannya tersebut, Raline berharap bisa menebarkan hal-hal positif dan menjadi inspirasi bagi banyak orang agar hati mereka lebih tergerak untuk melakukan hal-hal positif.
"Untuk aku, sebagai seorang pekerja seni, mungkin untuk aku terjun langsung itu bukan lebih ke aksinya. Tapi untuk bisa men-share ini, bagi informasi ini dan jadi inspirasi bagi orang lain, bahwa kalian juga bisa menolong," tutur Raline.
"Saya saja yang sibuk bisa, kalian juga pasti bisa menyempatkan waktu untuk berbuat sesuatu untuk orang lain. Ujungnya akan membantu kita juga," sambungnya.
Raline Shah bersama warga di kawasan Sentul. (Foto: Instagram @ralineshah)
Video
Wanita berdarah Batak itu kemudian mengatakan bahwa kegiatan amal ini akan terus dilakukannya. Ia juga menyebut salah satu proyek amalnya yang masih terus berjalan hingga kini.
ADVERTISEMENT
"Rumah Harapan aku sudah berjalan hampir 2 tahun. Ini rumah singgah untuk anak-anak sakit yang BPJS kelas 3, yang tidak rawat inap. Mereka nginapnya di Rumah Harapan ini. Sudah ada 7 sekarang, Insyaallah ke depannya bisa punya satu Rumah Harapan di setiap provinsi," ujarnya penuh harap.
Rumah Harapan yang digagas Raline bersama keluarganya saat ini sudah tersebar di tujuh wilayah. Mulai dari Jakarta, Bali, Surabaya, Makassar, Aceh, Medan, hingga Semarang.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan