Entertainment
·
7 Desember 2020 12:01

Jelang Melahirkan, Asmirandah Dibuat Khawatir Terkait Detak Jantung Janin

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Jelang Melahirkan, Asmirandah Dibuat Khawatir Terkait Detak Jantung Janin (189110)
searchPerbesar
Asmirandah hamil. Foto: Instagram/@asmirandah89
Asmirandah tengah menanti kelahiran anak pertamanya. Jelang waktu bersalin, aktris berusia 31 tahun tersebut dibuat khawatir hingga tak bisa tidur terkait kondisi janinnya.
ADVERTISEMENT
Mengenai itu dikisahkannya melalui Instagram Story. Membuka ceritanya, Asmirandah mengatakan bahwa ia baru saja menjalani pemeriksaan USG kandungan pada Rabu pekan lalu.
"Selesai USG, sebagai ibu, hati aku dibuat campur aduk, khawatir, resah, bingung... Semua hal itu sepertinya numpuk dalam pikiran dan hati," tulis istri Jonas Rivanno tersebut.
Jelang Melahirkan, Asmirandah Dibuat Khawatir Terkait Detak Jantung Janin (189111)
searchPerbesar
Asmirandah hamil. Foto: Instagram/@asmirandah89
Dari hasil USG, menurutnya, ukuran kepala dan berat badan janin hingga air ketuban dalam kondisi normal. Hanya saja, dokter mempertanyakan denyut jantung janin di kandungan Asmirandah.
"Dokter bilang, 'Kenapa grafik detak jantung enggak naik, ya?' Ini stay di 120-120, harusnya itu 110-160.' Deg. Sebagai ibu, spontan saat itu juga aku jadi khawatir," tulis Asmirandah.
Demi memastikan kondisi janin dan menentukan tindakan selanjutnya, dokter menyarankannya untuk menjalani pemeriksaan Cardiotocography alias CTG. Hal itu pun membuat Asmirandah dan Jonas Rivanno cukup cemas.
ADVERTISEMENT
"Mendengar kalimat itu, aku lebih lemas lagi. Hatiku maupun hati suamiku sepertinya enggak kuat mendengar ucapan dokter... Sepulang dari dokter, kami berdua hanya diam seribu bahasa seharian," tulisnya.
Jelang Melahirkan, Asmirandah Dibuat Khawatir Terkait Detak Jantung Janin (189112)
searchPerbesar
Unggahan Instagram Story Asmirandah. Foto: Instagram/asmirandah89
Sepulang dari dokter, Asmirandah beberapa kali melaporkan jumlah gerakan janin dalam perut yang dirasakannya. Dokter pun memberi respons bahwa kondisi tersebut tergolong baik.
Keesokan harinya, Asmirandah menjalani CTG. Saat suster memasangkan alat perekam jantung, ia merasa sangat deg-degan. Demikian halnya selama pemeriksaan dilakukan.
"Aku udah enggak bisa ngomong apa-apa lagi. Aku cuma bisa ikutin semuanya sambil melihat monitor di sebelah kananku... Monitor yang dari tadi cuma ada tulisan detak jantung 122, 111, 125, 110, 123. Hatiku makin enggak karuan," tulisnya.
Hanya selang tiga menit kemudian, Asmirandah melihat bahwa detak jantung janin di kandungannya mencapai angka 157. Suster pun mengatakan bahwa kondisi janinnya normal.
Jelang Melahirkan, Asmirandah Dibuat Khawatir Terkait Detak Jantung Janin (189113)
searchPerbesar
Unggahan Instagram Story Asmirandah. Foto: Instagram/asmirandah89
"Ada sedikit kelegaan saat itu. Dan saat itu juga aku kirim beberapa foto monitor ke dokter kandunganku dan beliau balas, 'Bagus banget itu.' Dokter, apakah dokter tau perasaan campur aduk seharian kemarin yang aku rasakan... Rasanya sedih banget dengar kabar kalau ada sesuatu yang terjadi dengan anak pertamaku. Dokter cuma bilang, 'Iya mungkin kemarin adiknya lagi laper.' Saat itu, kalau aku bisa cubit dokternya, aku cubit saat itu juga," tulis Asmirandah.
ADVERTISEMENT
Setelah mengetahui kondisi janinnya, Asmirandah sontak bersyukur dan merasa lega.
"Udah mau lahiran bentar lagi, masih dibikin deg-degan seharian... Sampai enggak bisa tidur... Sampai makin gemas sama Baby X karena udah isengin mamanya. Kamu makin terlihat sama persis kayak papamu nakkk," pungkas Asmirandah.