kumparan
12 Jun 2018 14:57 WIB

Kilas Balik Perjalanan Karier Aktor Silat Cecep Arif Rahman

Cecep Arif Rahman (Foto: YouTube/MADISON FILMS)
Nama Cecep Arief Rahman tampaknya semakin disegani di dunia film Tanah Air. Tak hanya sebagai aktor, Cecep bahkan kini memegang peranan penting dalam berbagai produksi film laga.
ADVERTISEMENT
Tak hanya di industri film Tanah Air, kemampuan akting dan keindahan gerakan silat Cecep mampu memikat hati sutradara Hollywood. Pria kelahiran Garut 18 Agustus 1972 ini bahkan sempat bermain dalam film 'Star Wars: The Force Awakens' sebagai cameo. Baru-baru ini juga Cecep dikabarkan akan terlibat dalam penggarapan film 'John Wick 3'.
Jauh sebelum itu, Cecep merupakan salah satu pesilat yang memang cukup disegani. Cecep mulai mempelajari silat sejak lulus SMA, kala ia bergabung dengan Perguruan Panglipur Galih, Garut.
Cecep juga sempat menjadi pengajar silat pada tahun 1991, setelah ia menyelesaikan sekolah pendidikan sebagai guru. Pada rentang tahun '90-an itu, Cecep memang terbilang semakin matang sebagai seorang pesilat. Ia bahkan sempat menjuarai kejuaraan pencak silat internasional yang digelar di Thailand.
ADVERTISEMENT
Tak hanya itu, Cecep juga terbilang rutin menghadiri berbagai festival bela diri internasional. Ia bahkan sempat dipercaya sebagai pemateri dalam beberapa cabang pencak silat di dunia seperti, Amerika Serikat, Inggris, Perancis, Italia, dan Rusia.
Cecep juga pernah menjadi guru bantu pada tahun 2003. Namun, setelah diangkat menjadi pegawai negeri sipil pada tahun 2008, Cecep kemudian dipercaya sebagai guru bahasa Inggris, guru pencak silat, dan tata usaha pada tahun 2013. Ketika itu, dia bertugas di SD Tegalpanjang 3, Tegalpanjang, Sucinaraja, Garut.
Tahun 2013 nampaknya menjadi titik awal karier Cecep di dunia film Tanah Air. Iko Uwais yang sedang terlibat dalam penggarapan film 'The Raid 2: Berandal' mengajak Cecep untuk turut terlibat.
ADVERTISEMENT
Ketika itu, Cecep yang direkomendasikan oleh rekannya, Yayan Ruhiyan, berperan sebagai 'The Assassin'. Ia memang terlihat sangat mahir saat harus memainkan kerambit di film itu. Benar saja, adegan pertarungannya dengan Iko memberikan sebuah gebrakan baru dalam film action tanah air.
Sejak kemunculannya di film tersebut, nama Cecep kian melesat sebagai seorang aktor sekaligus penata laga. '3: Alif Lam Mim', 'Skakmat', dan 'Iseng', merupakan beberapa film yang mendapat sentuhan tangan dingin Cecep.
Tak hanya produser film Tanah Air, kemampuan Cecep juga mampu menarik hati produser luar negeri. Bersama Yayan dan Iko, Cecep ditunjuk sebagai cameo dalam film berjudul 'Star Wars: The Force Awakens'. Di dalam film garapan J.J Abrams itu, ketiganya menjadi anggota Kanjiklub Gang.
ADVERTISEMENT
Cecep juga sempat dipercaya menjadi penata laga di film 'Foxtrot Six'. Film tersebut merupakan karya hasil kolaborasi produser Amerika Serikat, Mario Kassar, dengan sutradara Indonesia, Randy Korompis.
Baru-baru ini, Cecep kembali membanggakan industri perfilman tanah air. Bersama Yayan, Cecep akan turut terlibat dalam penggarapan film 'John Wick 3'.
Meski begitu, sampai saat ini Cecep belum mengetahui karakter seperti apa yang akan diperankannya di film yang turut dibintangi oleh Keanu Reeves itu. Namun yang jelas, ia akan kembali mendapat peran antagonis.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan