kumparan
26 Januari 2019 15:31

Konflik Panas Vanessa Angel dan Ayahnya Usai Terseret Kasus Prostitusi

Vanessa Angel
Vanessa Angel dan Bapaknya. (Foto: Instagram/@vanessaangelofficial)
Pemain sinetron Vanessa Angel kini tengah menjadi sorotan. Vanessa menjadi tersangka dugaan kasus prostitusi online. Perempuan berusia 27 tahun ini dijerat Pasal 27 ayat (1) Undang-undang ITE karena diduga menyebarkan konten bermuatan pornografi.
ADVERTISEMENT
Setelah ditetapkan menjadi tersangka, Vanessa sempat buka suara saat melakukan wawancara bersama Feni Rose untuk sebuah program televisi. Dalam acara tersebut ia membeberkan beberapa pernyataan. Salah satunya yang berhubungan dengan keluarga, terutama sang ayah, Doddy Sudrajat.
Menanggapi pernyataan sang putri, Doddy Sudrajat menggelar jumpa pers di kawasan Warung Jati Barat, Jakarta Selatan, Jumat (25/1). Dalam kesempatan itu ia memberikan beberapa poin tanggapan sebagai berikut:
Ayah Vanessa Angel, Doddy Sudrajat
Ayah Vanessa Angel, Doddy Sudrajat. (Foto: Maria Gabrielle Putrinda/kumparan )
1. Membantah penyataan Vanessa soal tidak diberi dukungan oleh keluarga
Vanessa menuturkan bahwa ia tidak mendapat dukungan dari keluarga ayahnya. Sedangkan, keluarga adik dari mendiang ibunya Vanessa telah memperlihatkan dukungan dengan menyambangi Mapolda Jatim beberapa waktu lalu.
Sementara itu, menurut Doddy, ia selalu memberikan dukungan kepada putrinya.
ADVERTISEMENT
“Betapa saya mendukung dan men-support dia. Tapi dia bilang tidak didukung. Sampai kasus dia tertangkap, saya mendukung dia," kata Doddy.
Justru ia sangat menyayangkan soal kabar penangkapan Vanessa yang ia ketahui dari Jane Shalimar. Bukan dari Vanessa langsung. Hanya saja, saat itu, Doddy masih mencoba berpikir positif dengan menduga bahwa handphone sang anak telah disita pihak yang berwajib.
"Saya tanya ke Jane, 'di sana ada siapa'. (Dijawab) belum ada siapa-siapa dan katanya cuman ada Bibi. Saya tanya, 'perlu pengacara?', 'perlu dad, ini enggak bisa masuk'. Saya minta langsung ke Jane, tolong dibantu Vanessa kasih pengacara biar didampingi di sana," ujar Doddy
2. Menurut Doddy, Vanessa menjaga jarak dari keluarga
ADVERTISEMENT
Perkataan Vanessa soal tidak didukung keluarga, rupanya membuat sang ayah semakin merasa sedih. Padahal, Doddy sendiri merasa Vanessa yang menjaga jarak dari keluarga.
Vanessa Angel
Vanessa Angel dan ayahnya. (Foto: Instagram/@vanessaangelofficial)
"Saya men-support, bahkan saya ingin jemput (saat Vanessa kembali dari Surabaya), tujuannya saya ingin dipeluk sama Vanessa. Sama kayak mama sambungnya. Saya enggak mungkin katakan hal apapun, paling saya cium dan peluk. Tapi dia tidak mau dijemput. Kata Jane Shalimar, Vanessa belum mau ketemu siapapun termasuk daddy," ungkap Doddy.
Meski merasa kecewa, tapi sebagai seorang ayah, ia mencoba memahami kondisi anaknya saat itu. Doddy pun bertanya kepada Jane Shalimar kala itu, kapan ia bisa bertemu dengan Vanessa. Doddy pun akhirnya mendapat kesempatan untuk bertemu Vanessa, meski harus bertemu di kantor pengacaranya.
ADVERTISEMENT
3. Doddy akui kerap bertengkar dengan Vanessa
Vanessa mengatakan bahwa hubungannya dengan sang ayah kurang baik. Dalam wawancaranya bersama Feni, pemain sinetron ‘Nadin’ itu mengaku bahwa komunikasi antara dirinya dan sang ayah hanya satu pihak. Ada saja yang menjadi keributan, Vanessa merasa tidak didengar oleh ayahnya.
Ayah Vanessa Angel, Doddy Sudrajat
Ayah Vanessa Angel, Doddy Sudrajat. (Foto: Maria Gabrielle Putrinda/kumparan )
Sementara itu, Doddy mengatakan bahwa yang menjadi alasan keduanya sering bertengkar adalah perbedaan sifat di antara mereka. Merasa tidak nyaman dengan sikapnya. Akhirnya, Vanessa itu memutuskan untuk pergi meninggalkan sang ayah.
“Saya orangnya rapi, disiplin, bersih, dan teratur. Vanessa sebaliknya. Jadi kami memang sering berantem. Masalah karakter aja. Ya, saya disiplinkan dan saya atur dia. Itu yang tidak cocok kami. Dia merasa sudah jadi artis dan punya penghasilan, dia pergi,” tutup Doddy.
ADVERTISEMENT
4. Sebagai orang tua, Doddy merasa dijatuhkan oleh Vanessa
Vanessa mengaku sudah 10 tahun keluar dari rumah keluarga dan memutuskan untuk tinggal sendiri. Ia juga membeberkan bahwa sang ayah selalu menyuruhnya untuk bekerja sejak ia berusia belasan tahun, namun tak memberikan hak-haknya.
Doddy menampik tudingan bahwa dirinya memaksa perempuan kelahiran 21 Desember 1991 tersebut untuk terus bekerja di usia remaja.
"Saya tidak memaksakan dia kerja. Saat itu, usaha saya lagi maju. Saya lihat, Vanessa senang di sini (dunia hiburan). Vanessa punya tanggung jawab untuk syuting, untuk itu saya bilang, 'Kerja, kerja, kerja.' Saya bilang, 'Kita sudah tanda tangan kontrak kerja, jadwal syuting juga sudah ada,'" tutur Doddy.
Vanessa Angel
Vanessa Angel dan ayahnya. (Foto: Instagram/@vanessaangelofficial)
Doddy juga memberikan tanggapan soal pernyataan Vanessa yang menyebut dirinya sebagai tulang punggung keluarga dan membiayai hidup keluarganya.
ADVERTISEMENT
"Pengertian dia, tulang punggung keluarga ya, berbeda. Dia suka kasih (uang) beberapa saja. Saya tidak tahu maksudnya apa, apakah dia bangga jadi tulang punggung keluarga apa tidak. Ini menjatuhkan saya, seolah saya tidak kerja. Vanessa benar kasih uang, tapi saat ulang tahun dan lebaran saja," terang Doddy.
5. Doddy bicara soal kehidupan Vanessa yang glamor
Sejak Vanessa memutuskan untuk meninggalkan rumah dan hidup sendiri, Doddy pun tak lagi bisa mengontrol keuangan dan apa pun yang dilakukan putrinya. Ia mendengar soal kehidupan Vanessa yang glamor.
Dugaan Doddy, Vanessa terjerumus dalam pergaulan yang tidak benar. Ditambah lagi, tak ada yang bisa membimbingnya untuk menjauhi hal-hal buruk.
"Saat masih sama saya, manajemen keuangannya bagus dan masuknya jadi investasi buat kebutuhan dia. Setelah tidak sama saya dan kehidupannya jadi glamor, dia sudah salah pergaulan. Dia tidak bisa membedakan baik dan benar. Di rumah, saya bisa bilangin. Di luar, tidak ada yang bilangin. Dia enggak mau dan enggak bisa dinasihati," ucapnya.
ADVERTISEMENT
6. Doddy cerita awal mula Vanessa kabur dari rumah
Sebagai orang tua, Doddy mengaku sedih ketika melihat putrinya menjadi pemurung setelah kematian sang ibu. Ia pun memasukkan Vanessa ke berbagai kursus dan melihat adanya bakat pada diri Vanessa di dunia entertaint. Setelah merintis karier di industri hiburan ini, putrinya itu beberapa kali menjalin kasih dengan lawan jenis.
Vanessa Angel
Vanessa Angel. (Foto: Munady Widjaja)
Setelah putus dari Dwi Andhika, Vanessa juga sempat melabuhkan hatinya ke presenter Mandala Shoji dan Ruben Onsu. Namun, ketika Vanessa membuka hati kepada pria yang dikenalnya melalui Facebook, Doddy mulai keberatan. Pria itu diketahui bernama Lalondy.
"Nah, satu orang ini bukan dunia entertain. First impression saya, ya saya tidak suka. Saya yang sebelumnya support, Vanessa kaget saya menolak si L ini, karena tidak suka. Tapi setelah saya nasihati, Vanessa pacaran sama L ini. Saya nasihati pelan-pelan sampai keras, sampai akhirnya dia kabur dari rumah. Itu awalnya Vanessa kabur dari rumah," beber Doddy.
ADVERTISEMENT
7. Kasus prostitusi online yang menjerat Vanessa berdampak ke keluarga
Vanessa Angel mengaku sangat terpuruk setelah terseret kasus dugaan prostitusi online belum lama ini. Tak hanya Vanessa yang menanggung sanksi sosial, keluarga pun terkena imbasnya.
“Dampaknya ke keluarga. Neneknya malu, ayahnya malu. Adiknya lebih kasihan, di-bully di sekolah. Sanksi sosial berdampak ke keluarga,” ungkap Doddy.
Vanessa Angel dan Mayang Sary.
Vanessa Angel dan Mayang Sary. (Foto: Alexander Vito Edward Kukuh/kumparan)
Meski demikian, Doddy menganggap wajar adanya sanksi sosial yang harus mereka terima. Ia mengaku berupaya menerimanya dengan lapang dada. Ia pun berpesan kepada Vanessa untuk kuat menjalani ini semua.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan