kumparan
15 Apr 2019 19:01 WIB

Melihat 3 Aktris Sebelum dan Sesudah Digunduli untuk Film

Dinda Hauw, Dhea Seto, Agni Pratistha Foto: Grafik: Nunki Lasmaria Pangaribuan/kumparan
Demi totalitas dalam memainkan sebuah peran, banyak cara yang dilakukan para pemain film. Bahkan, di antara mereka rela mengubah penampilan fisiknya agar bisa lebih mendalami karakter yang dimainkan.
ADVERTISEMENT
Beberapa aktris di Tanah Air pernah memangkas habis rambut mereka yang merupakan mahkota wanita. Semuanya demi peran.
Berikut perubahan tiga aktris Indonesia sebelum dan sesudah menggunduli rambutnya.
  1. Agni Pratistha
Agni yang merupakan jebolan Puteri Indonesia 2006 sempat membintangi sebuah film yang berjudul 'Pinky Promises'. Demi totalitas perannya sebagai Kartika Rahayu, ia turut menggunduli kepalanya. Sebelumnya, rambut Agni memang cukup panjang dan tergerai indah menghiasi wajahnya
Dalam film yang mengangkat kisah mengenai para pejuang kanker itu, peran yang dimainkan Agni sebenarnya tak mengidap penyakit kanker. Namun, sebagai bentuk solidaritasnya, dia ikut memangkas habis rambut di kepalanya. Dengan memangkas habis rambutnya, adik kandung Sigi Wimala tersebut mengaku menjadi sangat terbantu dalam mendalami peran.
ADVERTISEMENT
Setelah menggunduli rambutnya, Agni memang terlihat tetap cantik. Dia bahkan nampak cukup percaya diri dengan penampilannya tersebut.
Tak hanya itu, sang suami, Ryan Anthony Monoarfa, juga begitu mendukung dirinya untuk melakukan hal tersebut. Hanya saja, sang ibunda sempat amat terkejut melihat penampilan baru putrinya.
  1. Dhea Seto
Dhea Seto juga ikut terlibat dalam film yang sama dengan Agni Pratistha. Perempuan kelahiran 17 Maret 1998 ini berperan sebagai Ken, seorang sukarelawan Rumah Pink yang diperuntukkan bagi para pengidap kanker.
Sebelum menghunduli rambutnya, Dhea tampil dengan rambut yang panjang. Dia juga sempat mewarnai rambutnya tersebut. Namun, saat bermain film, dia menunjukkan totalitasnya hingga rela menggunduli rambutnya.
Bentuk kepala Dhea yang bulat terpampang jelas kala seluruh rambutnya ia pangkas hingga halus. Kendati demikian, hal tersebut tak mengurangi kecantikan Dhea.
ADVERTISEMENT
Dia juga merasa tak menyesal telah memotong rambutnya. Dia justru menikmati penampilannya dan ingin kembali menggunduli kepaanya. Namun, hal tersebut tak diperbolehkan oleh keluarganya.
Berkat perannya d alam film yang dirilis pada 5 Oktober 2016 itu, kemampuan akting Dhea cukup menyita perhatian. Ia dinominasikan sebagai 'Pemeran Pendatang Baru Terbaik' dan 'Pemeran Pendatang Baru Terfavorit' di Indonesian Movie Actors Awards 2017.
  1. Dinda Hauw
Dinda Hauw Foto: Munady
Dinda Hauw pernah mengikhlaskan rambutnya demi menjalani perannya sebagai seorang pengidap rhabdomyosarcoma (kanker jaringan lunak) bernama Gita Sesa Wanda Cantika alias Keke di film 'Surat Kecil untuk Tuhan'. Aktris berusia 21 tahun itu mengaku tak terkejut ketika mengetahui bahwa ia harus botak dalam film yang dirilis 7 Juli 2011 tersebut.
ADVERTISEMENT
Sebelum menggunduli rambutnya, Dinda memiliki potongan rambut yang panjang tergerai. Model belah tengah juga sempat menjadi favoritnya kala itu. Namun, tak jarang pula ia menyematkan poni hingga menutupi keningnya.
Setelah tampil gundul, lingkar kepala Dinda terlihat jelas. Meski begitu, wajah Dinda tetap terlihat manis dengan penampilan barunya tersebut.
Pihak keluarga awalnya tak setuju jika Dinda harus memangkas habis rambutnya. Hanya saja, pada akhirnya mereka pasrah dan mendukung pemain Dinda untuk memberikan totalitas dalam aktingnya.
Tak sia-sia berkat perannya, ia dinobatkan sebagai 'Artis Pendatang Baru Wanita Terfavorit' di Indonesian Movie Awards (IMA) 2012 dan dinominasikan sebagai 'Pemeran Utama Wanita Terbaik' di Festival Film Indonesia 2011.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan