kumparan
19 Oktober 2019 9:51

Melihat Kemeriahan 'Musik untuk Republik' di Hari Pertama

Kotak, Musik Untuk Republik, POTRAIT
Penampilan grup band Kotak tampil di konser 'Musik Untuk Republik' Foto: Aria Pradana/kumparan
Sekitar 70 musisi lintas genre musik turut ambil bagian dalam konser bertajuk 'Musik Untuk Republik'. Konser tersebut dilakukan selama tiga hari mulai Jumat (18/10) hingga Minggu (20/10) di Buperta Cibubur.
ADVERTISEMENT
Mulai dari Ikke Nurjanah, Siti Badriah, Iis Dahlia hingga Inul Daratista yang beraliran dangdut, kemudian The Groove, Cokelat, KOTAK, Slank yang bergenre pop, hingga NTRL, Godbless dan Jamrud yang beraliran rock memeriahkan konser tersebut.
Kotak, Musik Untuk Republik
Penampilan grup band Kotak tampil di konser 'Musik Untuk Republik' Foto: Aria Pradana/kumparan
Meski banyak musisi dan penyanyi yang ambil bagian, konser itu disebut-sebut tidak ada sponsor yang mendanainya. Tak hanya tanpa sponsor, konser bertajuk persatuan bangsa itu juga diklaim tidak didanai oleh pemerintah.
Pedangdut Siti Badriah yang sempat bertemu dengan presiden Jokowi sebelum terlibat dalam konser tersebut menjadi salah satu pengisi acara yang mengakui bahwa 'Musik untuk Republik' tidak didanai oleh pemerintah.
"Jadi memang benar-benar pure enggak ada sama sekali dari pemerintah, dan enggak menerima sponsor. Ya sudah kita peduli Indonesia dan enggak ada donasi dari siapapun," kata Siti Badriah usai manggung, Jumat (18/10) malam.
Penampilan The Groove di konser Musik Untuk Republik
Penampilan The Groove di konser 'Musik Untuk Republik'. Foto: Aria Pradana/kumparan
Tak hanya itu, pelantun lagu 'Lagi Syantik' ini juga menyebut bahwa penonton yang datang ke konser tersebut tidak dipungut biaya apapun. Sehingga ia pun mengapresiasi acara tersebut.
ADVERTISEMENT
"Luar biasa, acara yang amat sangat patut diacungi jempol ya. Karena memang musisi-musisi yang perform di sini tanpa dibayar, dan penonton yang masuk sini juga tanpa dipungut biaya. Ini sebagai kepedulian para musisi untuk Indonesia," tambahnya.
Pedangdut Siti Badriah
Pedangdut Siti Badriah turut meramaikan konser bertajuk 'Musik Untuk Republik' pada hari pertama di Cibubur, Jakarta Timur, Jumat (18/10). Foto: Aria Pradana/kumparan
Senada dengan Sibad, penyanyi Sandy Sandoro juga mengakui hal yang sama. Ia pun senang bisa terlibat dalam konser yang mempersatukan para musisi lintas genre ini.
"Ini enggak didanai pemerintah, pure dari musisi sendiri. Kita enggak ada sponsor dari pemerintah, kita DIY (do it yourself) sendiri. Saya bukan panitia. Tapi yang saya tahu panitia tidak mendapat uang dari manapun," jelas Sandy Sandoro usai manggung.
Lantas, apa alasan Sandy Sandoro menerima tawaran untuk mengisi acara konser ini?
ADVERTISEMENT
"Karena saya cinta indonesia. Saya mau indonesia damai. Karena kalau indonesia damai, keren dan berpotensi paling enggak jadi negara super power di Asia. Kalau berantakan perang saudara goodbye lah," pungkas personel Trio Lestari tersebut.
Penampilan Sandy Sandoro di konser Musik Untuk Republik
Penampilan Sandy Sandoro di konser 'Musik Untuk Republik'. Foto: Aria Pradana/kumparan
Semakin malam, suasana di sekitar panggung 'Musik untuk Republik' semakin memanas. Para penonton pun semakin memadati acara konser yang baru digelar di hari pertama.
Grup band Tipe-X menjadi salah satu penampil yang menggetarkan panggung. Mereka sukses mengajak penonton untuk bernyanyi dan berjoget bersama hingga penghujung acara.
Grup band Tipe-X meriahkan konser bertajuk 'Musik Untuk Republik'
Grup band Tipe-X meriahkan konser bertajuk 'Musik Untuk Republik' Foto: Aria Pradana/kumparan
'Musik untuk Republik' masih akan berlangsung hari ini, Sabtu (19/10) hingga esok hari. Tentunya sejumlah musisi akan hadir menghibur para penonton. Seperti, Glenn Fredly, Iis Dahlia, Jamrud, Tony Q Rastafara, Godbless, Iwa K, NTRL, Slank, dan masih banyak lagi.
ADVERTISEMENT
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan