kumparan
27 Februari 2019 16:55

Membandingkan Karier Dion Wiyoko dan Fathir Muchtar

Fathir Muchtar, Dion Wiyoko
Fathir Muchtar dan Dion Wiyoko Foto: Infografik: Nunki Lasmaria Pangaribuan/kumparan
Bagi kamu yang tumbuh besar di tahun 2000an, film 'Serigala Terakhir' tentu tak asing di telingamu. Film yang dirilis pada 2009 ini menceritakan sisi keras dan kelamnya dunia premanisme di Jakarta.
ADVERTISEMENT
Dion Wiyoko dan Fathir Muchtar merupakan dua sosok yang bermain dalam film besutan Upi. Di film tersebut keduanya berperan sebagai dua sahabat, Ale dan Lukman.
Dalam kesempatan ini kumparan membahas bagaimana perjalanan karier keduanya di dunia hiburan tanah air. Berikut ulasannya.
1. Dion Wiyoko
Dion Wiyoko
Dion Wiyoko. Foto: Giovanni/kumparan
Lelaki kelahiran Surabaya, 3 Mei 1984 itu mengawali kariernya sebagai cover boy di berbagai majalah remaja. Pekerjaan itu ia lakukan sembari menjalani perkuliahan.
Dion pun mulai terjun ke dunia seni peran sekitar tahun 2009. Pria yang kini berusia 34 tahun itu membintangi dua judul film, yaitu 'Kuntilanak Beranak' dan 'Serigala Terakhir'.
Video
Setelah itu, tawaran bermain film dan FTV mulai mendatangi Dion usai memerankan tokoh Lukman dalam 'Serigala Terakhir'. Sejumlah film-film berkualitas diperankan oleh suami Fiona Anthony itu.
ADVERTISEMENT
Beberapa di antaranya adalah dua seri Perahu Kertas (2012), Cinta di Saku Celana (2012), Haji Backpacker (2013), dan Cek Toko Sebelah (2016). Dalam film terakhir ini, Dion beradu akting dengan komika Ernest Prakasa.
Dalam film itu, Dion yang memerankan tokoh Johan dinobatkan sebagai sebagai Pemeran Pendukung Pria Terfavorit dalam Indonesian Movie Actors Awards 2017.
2. Fathir Muchtar
Untitled Image
Fathir Muchtar. Foto: Instagram/@fathir79
Karier Fathir semakin menanjak di dunia hiburan tanah air setelah membintangi film 'Bad Wolves' pada tahun 2005. Berkat perannya sebagai anggota geng dalam film besutan Richard Buntario itu, citra sangar dan galak pun mulai melekat pada suami Fera Feriska itu.
Film-film lain yang semakin memperkuat citra sangar Fathir itu di antaranya Serigala Terakhir (2009), dan Senggol Bacok (2010). Lelaki kelahiran Jakarta, 23 Desember 1979 itu juga menjajal kemampuan aktingnya dalam berbagai sinetron.
ADVERTISEMENT
Salah satu sinetronnya yang sangat populer adalah Anak Jalanan (2015). Dalam sinetron yang juga dibintangi oleh Stefan William itu, ia berperan sebagai Abah Rama, ayah dari tokoh Raya yang diperankan oleh aktris sekaligus pebalap Raya Kitty.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan