kumparan
16 September 2019 16:29

Membandingkan Kasus 2 Anak Elvy Sukaesih, Dhawiya dan Haidar

Dua anak Elvy Sukaesih, Haidar dan Dhawiya
Dua anak Elvy Sukaesih, Haidar dan Dhawiya Foto: Sabryna Putri Muviola/kumparan
Penyanyi dangdut Elvy Sukaesih tengah menjadi sorotan beberapa waktu belakangan ini. Hal tersebut dikarenakan beberapa anak Elvy harus berurusan dengan pihak kepolisian.
ADVERTISEMENT
Dari enam orang anak yang dimiliki Elvy, dua di antaranya pernah diamankan oleh polisi. Mereka adalah Isa Haidar (anak sulung) dan Dhawiya Zaida (anak bungsu).
Dhawiya ditangkap karena kepemilikan kasus obat-obatan terlarang. Sementara Haidar diamankan karena mengamuk ke pemilik warung karena tak diberikan utangan rokok.
Kamu bisa menyimak ulasan di bawah ini untuk penjelasan lebih lengkapnya.
  1. Dhawiya Zaida
Dhawiya Zaida
Dhawiya Zaida. Foto: Giovanni/kumparan
Dhawiya Zaida ditangkap oleh pihak kepolisian lantaran kasus kepemilikan narkoba pada 16 Februari 2018. Dia ditangkap saat tengah berpesta sabu dengan anak-anak Elvy yang lain, termasuk menantu dan calon menantunya.
Mereka adalah Ali Zaenal Abidin (kakak Dhawiya), Syechans (kakak Dhawiya), Chauri Gita (istri Syechans), dan Muhammad (kekasih Dhawiya). Polisi mengamankan 1,32 gram sabu beserta sejumlah alat isap sabu.
ADVERTISEMENT
Setelah menjalani serangkaian proses persidangan, Jaksa Penuntut Umum menuntut dua tahun rehabilitasi pada Dhawiya. Sebab, ia terbukti melanggar Pasal 127 ayat 1 huruf A UU RI Nomor 35 tahun 2009 tentang narkotika, yang mengatur mengenai Narkotika Golongan I yang digunakan diri sendiri.
Pernikahan Dhawiya Zaida
Dhawiya Zaida (kanan) bersama sang suami, Muhammad (kiri). Foto: Sarah Yulianti Purnama/kumparan
Wanita berusia 33 tahun itu sempat mengajukan pleidoi dan meminta vonis 9 bulan rehabilitasi. Namun, majelis hakim Pengadilan Negeri Jakarta Timur akhirnya menjatuhkannya hukuman 18 bulan penjara.
Setelah itu, Majelis hakim Pengadilan Negeri Jakarta Timur memerintahkan Jaksa Penuntut Umum memindahkannya dari Rutan Pondok Bambu ke RSKO Cibubur Jakarta Timur agar Dhawiya direhabilitasi hingga sembuh.
Saat tengah menjalani proses rehabilitasi, Dhawiya memutuskan menikah dengan kekasihnya pada 29 Maret 2019. Mereka menggelar pernikahan secara tertutup di restoran Al Jazeerah, Cipinang, Jakarta Timur.
ADVERTISEMENT
  1. Isa Haidar
Anak laki-laki Elvy Sukaesih, Haedar
Haedar (kedua dari kiri), anak laki-laki Elvy Sukaesih. Foto: Dok. Istimewa
Pekan lalu, publik kembali dihebohkan dengan kabar tertangkapnya anak Elvy Sukaesih. Kali ini giliran putra sulungnya, Haidar, yang diamankan polisi.
Haidar ditangkap karena kedapatan merusak warung milik Junaedi yang berada di kawasan Cipinang, Jakarta Timur. Perusakan ini dilakukan karena Haidar tak diizinkan untuk berutang tiga bungkus rokok.
Kala itu, tak hanya merusak warung milik Junaedi. Dia juga menyerang sang pemilik warung dengan golok.
Warung yang dirusak Haidar, putra Elvi Sukaesih (NOTCOV)
Warung yang dirusak Haidar, putra Elvi Sukaesih. Foto: Dok. Istimewa
Setelah diamankan oleh pihak kepolisian, barulah terungkap jika Haidar memiliki riwayat gangguan kejiwaan. Saat ini, Haidar tengah menjalani perawatan di Rumah Sakit Khusus Daerah (RSKD) Duren Sawit.
Dari hasil pemeriksaan yang ditunjukkan pihak RSKD, Haidar mengalami skizofrenia sejak 2016.
Haidar telah dirawat di rumah sakit sebanyak tiga kali. Ia pertama kali dirawat di Rumah Sakit Doctor Haji Marzoeki Mahdi, Bogor, Jawa Barat, pada 2016.
Anak laki-laki Elvy Sukaesih, Haedar
Haedar (kedua dari kanan), anak laki-laki Elvy Sukaesih. Foto: Dok. Istimewa
Pria berusia 53 tahun tersebut kemudian dirawat di RSKD Duren Sawit di awal 2017. Satu tahun kemudian, ia dirawat juga di rumah sakit yang sama.
ADVERTISEMENT
Haidar harus mengalami hal tersebut karena ada banyak pengalaman pahit di hidupnya. Salah satunya adalah ketika harus kehilangan anaknya yang bernama Zakia pada tahun 2014.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan