kumparan
8 Februari 2018 9:35

Menikah di Aceh, Tommy Kurniawan Harus Jalani Bimbingan Pranikah

Tommy Kurniawan (Foto: Munady Widjaja)
Pemain film Tommy Kurniawan sebentar lagi akan menikah dengan Lisya Nurrahmi pada pertengahan Februari 2018 di Aceh. Meski enggan menyebutkan tanggal pasti pernikahan keduanya itu, tapi berbagai persiapan sudah mulai dirampungkan.
ADVERTISEMENT
Rasa deg-degan mulai dirasakan duda dua anak tersebut. Apalagi jelang pernikahan, ia diminta oleh salah satu Kantor Urusan Agama (KUA) Aceh, untuk bimbingan pranikah.
“Nah, Alhamdulillah di Aceh itu, di KUA-nya mewajibkan untuk bimbingan pranikah. Saya datang 2 hari sebelum acara akad nikah,” ujarnya ketika ditemui di kawasan Kalibata, Jakarta Selatan, Kamis (8/2) dini hari.
Tommy Kurniawan dan Lisyanurrahmi. (Foto: Instagram @tommykurniawann dan @lisyanurrahmi)
Tommy mengaku, meski sudah pernah membina rumah tangga, namun ia merasa seperti baru pertama kali menikah. Sehingga ia mengaku, perlu melakukan segala macam persiapan secara baik.
“Jadi saya seperti baru mulai nikah lagi nih, karena 'kan sebelumnya saya enggak ada proses yang seperti ini (bimbingan pranikah), persiapan yang baik gitu,” katanya.
Selebriti berusia 33 tahun ini mengaku bahwa dirinya belum mengetahui lebih detail, mengenai persyaratan dalam bimbingan pranikah. Namun menurutnya, proses tersebut tidak jauh seputar ilmu agama.
ADVERTISEMENT
“Belum tahu situasinya akan seperti apa. Kalau tanya ke teman-teman sih, akan banyak pertanyaan seperti baca Al-Quran, mengenai pengetahuan agamanya, dan doa-doa segala macam, yang berkaitan dengan keluarga tentunya,” ujar Tommy.
Tommy Kurniawan (Foto: Giovanni/kumparan)
Lebih jauh, ia mengungkapkan berbagai persiapan guna menghadapi proses bimbingan pranikah tersebut. Menurutnya saat ini, ia mulai menghafal Al-Quran dan membaca pengetahuan seputar keluarga.
“Saya mulai ngapain tuh, pokoknya yang berkaitan dengan suami istri, baca Al-Quran segala macam, saya lagi ngafal-ngafalinlah,” katanya.
Mengenai hafalan, pemain film 'Eiffel I'm in Love' ini mengaku sudah menghafal beberapa surat sesuai dengan persyaratan yang telah ditentukan. Akan tetapi, dirinya tetap berusaha untuk waspada terhadap berbagai program dan rentetan tes yang akan dilakukan.
Tommy Kurniawan cast Eiffel I'm In Love 2 (Foto: Munady Widjaja)
“Ya kalau surat (Al-Quran), Alhamdulillah dari yang dikasih tahu teman-teman saya, melebihi itu sih. Tapi 'kan saya enggak tahu, nanti mana yang harus dibaca. Takutnya ada pertanyaan di luar dugaan 'kan. Pokonya kita belajar aja, kita ingat lagi hal-hal yang sudah lama kita enggak pernah ingat,” ujarnya.
ADVERTISEMENT
Adapun menurut Tommy, ia tidak terganggu dengan proses bimbingan pernikahan yang akan dijalani. Karena menurutnya, proses tersebut hanya berperan sebagai sarana bimbingan.
“Ya sebenarnya kalau kita enggak bisa juga, nantinya akan dibimbing. Namanya juga bimbingan 'kan, dinasihatin nantinya seperti itu,” tandasnya.
Tommy Kurniawan dan Tania Nadira. (Foto: Instagram: @tommykurniawan/@tanianadiraa)
Sebelumnya, Tommy pernah menikah dengan Tania Nadira sejak 11 April 2011. Dari pernikahan tersebut, mereka dikaruniai dua orang anak Al Fatih Fabrizio dan Naira Syabila Azzahra.
Namun pada 24 Februari 2017 lalu, Tania mengajukan gugatan cerai terhadap Tommy ke Pengadilan Agama Jakarta Selatan. Setelah menjalani beberapa kali sidang, majelis hakim akhirnya mengabulkan gugatan cerai Tania, pada 29 Maret 2017 lalu.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan