kumparan
search-gray
Entertainment14 September 2018 17:55

Peduli Pendidikan, 5 Artis Ini Juga Berprofesi sebagai Dosen

Konten Redaksi kumparan
Peduli Pendidikan, 5 Artis Ini Juga Berprofesi sebagai Dosen (29970)
Reza Rahardian, Farhan, Desy Ratnasari, Wanda Hamidah, dan Herfiza Novianti (Foto: Munady, Instagram/@herfiza)
Kesuksesan selebriti di dunia hiburan Tanah Air tak membuat mereka lupa akan pendidikannya. Di tengah segala kesibukannya itu, masih ada sebagian selebriti yang menyisihkan waktunya untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi.
ADVERTISEMENT
Bahkan, dengan segala kepedulian terhadap dunia pendidikan, mereka tak sungkan memberikan pengalamannya dengan menjadi dosen. Berikut kumparan telah merangkum 5 selebriti yang juga berprofesi sebagai dosen.
1. Reza Rahadian
Peduli Pendidikan, 5 Artis Ini Juga Berprofesi sebagai Dosen (29971)
Reza Rahadian mengajar di Vokasi Universitas Indonesia. (Foto: Instagram @vokasi_ui dan Instagram @lisanggraeny)
Beberapa waktu lalu, nama aktor Reza Rahadian menjadi perbincangan publik lantaran aksinya mengajar di Universitas Indonesia, Depok. Jawa Barat. Berbagai macam foto dan video pun tersebar di jagat maya yang memperlihatkan dirinya sedang memberikan materi di depan puluhan mahasiswa.
Berdasarkan informasi yang diperoleh dari akun Instagram @vokasi_ui, pemeran Habibie di film 'Habibie & Ainun' itu mengajar di Program Vokasi Universitas Indonesia.
Dalam keterangan foto yang diunggahnya itu disebutkan bahwa Reza mengajar bersama salah satu rekannya, Rangga Wisesa. Pria berusia 31 tahun itu diketahui mengajar Teknik Olah Suara dan Akting.
ADVERTISEMENT
"Vokasi Hadirkan Tim Teaching Profesional - Teknik Olah Suara dan Akting untuk Broadcasting Vokasi Komunikasi. Welcome Mas Reza Rahadian & Rangga Wisesa. Semoga lulusan Vokasi semakin siap terjun ke industri karena sudah semakin kaya ilmu dari para dosen praktisi," tulis akun @vokasi_ui pada Kamis (13/9).
Tak hanya itu, dari Instagram Story yang tersebar luas, dituliskan bahwa Reza dikontrak selama 1 semester menjadi dosen vokasi. "Gue kira dosen tamu. Karena sudah biasa vokasi UI ngundang kayak gini. Eh, ada snapgram dia ngabsen. Beneran kontrak jadi dosen vokasi," tulis salah satu akun.
Kepedulian pria kelahiran Bogor, Jawa Barat, itu terhadap dunia pendidikan juga terbukti dari terpilihnya Reza menjadi duta di salah satu lembaga sosial bernama Yayasan Penguatan Partisipasi, Inisiatif, dan Kemitraan Masyarakat Indonesia (YAPPIKA) Action Aid.
ADVERTISEMENT
2. Herfiza Novianti
Peduli Pendidikan, 5 Artis Ini Juga Berprofesi sebagai Dosen (29972)
Herfiza Novianti. (Foto: Instagram @herfiza)
Setelah menikah dengan Ricky Harun dan menjadi seorang ibu dua anak, Mikaila Akyza Pratama dan Athaya Akyza Pratama, Herfiza Novianti sudah jarang muncul di layar kaca televisi dan lebih sering menjadi bintang tamu acara talk show.
Namun siapa sangka, perempuan berusia 30 tahun itu memiliki kepedulian terhadap dunia pendidikan. Usai menyelesaikan pendidikan S2 di Institut Pertanian Bogor (IPB) pada Januari 2017, kini Herfiza sudah menjadi dosen tetap di Univeristas Prof. Dr. Moestopo (Beragama), Jakarta, tempat kuliahnya saat menempuh pendidikan S1.
Hal tersebut bermula ketika dirinya diberikan kesempatan menjadi dosen tamu di universitas tersebut pada Juni 2017. Ia pun bersyukur dan mengunggah pengalaman pertamanya itu di akun Instagramnya.
ADVERTISEMENT
"Alhamdulillah, hari ini dipercaya menjadi dosen tamu di Universitas Prof. Dr. Moestopo (Beragama). Semoga ilmu yang saya bagi bermanfaat dan berkah buat semua. Terima kasih untuk kesempatannya," tulis Herfiza Novianti dalam keterangan fotonya.
Diketahui, hingga saat ini pemain film 'Suster Keramas' itu diketahui menjadi dosen Psikolog. Meski Herfiza memilih untuk menjadi seorang dosen, namun Ricky tetap mendukung apa pun pilihan sang istri asalkan hal tersebut membuatnya nyaman. Apalagi, itu merupakan salah satu dari cita-cita Herfiza.
Bahkan, di hari ulang tahunnya pada November tahun lalu, perempuan kelahiran Sukabumi itu mendapatkan kejutan dari para mahasiswanya.
"Hari ini selesai mengajar dapet kejutan dari mahasiswa-mahasiswa saya. Terima kasih untuk kejutannya, kuenya dan doanya. Doa yang sama untuk kalian semua. Semoga kalian jadi orang-orang yang sukses, pintar dan yang paling penting punya akhlak, sopan santun dan budi pekerti yang baik. This is too sweet! Thank you," tulisnya.
ADVERTISEMENT
3. Desy Ratnasari
Peduli Pendidikan, 5 Artis Ini Juga Berprofesi sebagai Dosen (29973)
Desy Ratnasari (Foto: Munady Widjaja)
Nama Desy Ratnasari memang sudah tak asing lagi di industri hiburan Tanah Air. Ia merupakan artis sekaligus penyanyi yang terkenal di era 90-an. 'Si Kabayan Mencari Jodoh' (1994) dan 'Joshua Oh Joshua' (2000) menjadi beberapa di antara film sukses diperankan wanita berusia 44 tahun itu.
Namun kini, Desy sudah jarang tampil di layar kaca dan lebih memilih terjun ke dunia politik. Sejak 2014, pelantun 'Tenda Biru' itu terpilih sebagai anggota DPR RI dari Partai Amanat Nasional (PAN), yang akan berakhir pada 2019.
Di samping itu, Desy ternyata adalah seorang dosen di Universitas Atmajaya, Jakarta. Di tempat kuliahnya dulu itu, ia mengajar di jurusan Psikologi sejak 2012.
ADVERTISEMENT
Menurut Desy, membagikan pengalaman serta ilmunya kepada mahasiswa menjadi kebahagiaan tersendiri baginya. Ia pun berharap, para mahasiswanya dapat mendapatkan manfaat dari apa yang diberikannya itu.
4. Farhan
Peduli Pendidikan, 5 Artis Ini Juga Berprofesi sebagai Dosen (29974)
Moh Farhan (Foto: Munady Widjaja)
Muhammad Farhan menjadi salah satu selebriti yang menjadi dosen di Lembaga Pendidikan Interstudi, Jakarta. Presenter sekaligus aktor Tanah Air ini mengaku menjadi seorang pengajar merupakan cita-citanya.
Pria yang mengawali kariernya sebagai penyiar radio itu mengatakan hal tersebut bermula ketika dirinya kerap mengisi acara seminar memberikan materi public speaking. Diketahui, Farhan mulai menjadi dosen sejak April 2014.
Meski kala itu ia tak memiliki pengalaman untuk mengajar, namun Farhan senang mempelajari hal baru. Sebelum mengajar, ia mengaku selalu mempelajari materi sejumlah materi yang akan diberikannya kepada para mahasiswa.
ADVERTISEMENT
5. Wanda Hamidah
Peduli Pendidikan, 5 Artis Ini Juga Berprofesi sebagai Dosen (29975)
Wanda Hamidah (Foto: Munady Widjaja)
Selain terjun ke dunia politik dan juga menjadi instruktur yoga, Wanda Hamidah juga salah satu selebriti yang berprofesi sebagai dosen. Hal tersebut bermula ketika dirinya kerap kali menjadi dosen tamu di salah satu universitas. Ia pun memiliki keinginan untuk agar bisa menjadi dosen tetap.
Di samping kesibukannya menjadi anggota dewan, ia berharap bisa melanjutkan pendidikannya untuk mendapatkan gelar doktor. Pihak keluarga pun sangat mendukung cita-cita pemain film 'Pengejar Angin' itu.
Wanita berusia 40 tahun itu diketahui telah menyelesaikan pendidikan S1 di Fakultas Hukum, Universitas Trisakti, Jakarta. Kemudian, Wanda meneruskan pendidikan S2 Kenotariatan Fakultas Hukum Universitas Indonesia, Depok, Jawa Barat.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
sosmed-whatsapp-white
sosmed-facebook-white
sosmed-twitter-white
sosmed-line-white