kumparan
20 Februari 2018 12:04

Pengalaman Pertama Donny Damara Jadi Guru Ngaji

Donny Damara
Donny Damara. (Foto: Munady Widjaja)
Aktor senior Donny Damara kembali terlibat dalam sebuah film terbaru garapan Chanex Ridhall Pictures yang berjudul 'Guru Ngaji'. Dalam film tersebut Donny didapuk untuk berperan sebagai seorang guru ngaji bernama Mukri. Peran ini pun diakui sempat membuat dirinya mengalami kesulitan.
ADVERTISEMENT
"Lebih ke diri saya sendiri sih, jadi seorang guru ngaji kan ya jadi guru. Contohnya, ketika saya harus membaca satu ayat atau satu surat dari Al-Quran, ya saya harus benar. Deg-degan? Ya jelas harus deg-degan kalau enggak saya gegabah. Setidaknya kan harus benar tajwid-nya (menyampaikan dengan sebaik-baiknya dan sempurna dari tiap-tiap bacaan ayat al-Quran). Jadi kesulitannya seperti itu," ungkap Donny saat ditemui di kawasan Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Senin (19/2).
Untungnya saat menjalani proses syuting, Donny cukup terbantu dengan tim produksi lainnya yang memang lebih menguasai soal agama. Ia pun tak membutuhkan waktu lama untuk mendalami karakter sebagai guru ngaji.
"Kan waktu kecil sudah pernah belajar ngaji, SMP dan SMA juga tetap belajar ngaji. Jadi saya mengingat kembali dengan mengulang lagi, baca lagi dan nanya sama tim produksi karena ada yang jauh lebih pintar dari saya dan saya bertanya ke mereka, benar atau enggak, salah atau enggak, atau kurangnya apa. Yang sulit kan melafalkannya secara benar," bebernya.
Konferensi pers film Guru Ngaji
Konferensi pers film Guru Ngaji. (Foto: Munady Widjaja)
Selain menjadi guru di film terbarunya ini, aktor berusia 51 tahun itu juga harus berperan sebagai seorang badut. Lagi-lagi peran ini membuat Donny kewalahan.
ADVERTISEMENT
"Ini pertama kali saya memerankan jadi guru ngaji dan badut. Jadi kira-kira dua bulan saya belajar untuk akrobat, sempat juga mencoba tong setan. Menurut saya hal itu menyenangkan sih dan untungnya enggak pernah terjadi kecelakaan," kenang Donny sambil tersenyum.
Lantas apa yang membuat Donny tertarik untuk mengambil peran ini di tengah kesulitan yang harus ia hadapi selama proses syuting.
"Ceritanya seksi, bagaimana dia bisa ikhlas, bagaimana dia bisa menyikapi kekurangannya dia. Karena seorang suami pasti ingin membahagiakan keluarganya, caranya seperti apa? Selain jadi guru ngaji, dia jadi badut. Karena banyak sekali guru ngaji di Indonesia yang hanya dibayar pakai sembako, minyak tanah atau terima kasih saja. Buat mereka itu hal yang bisa diterima dengan hati lapang," ungkapnya.
Film 'Guru Ngaji'
Film 'Guru Ngaji' (Foto: YouTube Chanex Ridhall Pictures)
Film drama keluarga dengan sentuhan cerita religi ini, diangkat dari keprihatinan terhadap nasib dan kesejahteraan guru ngaji di Indonesia.
ADVERTISEMENT
Film 'Guru Ngaji' berkisah tentang dilema seorang guru ngaji bernama Mukri yang selama ini ikhlas mengajarkan orang-orang membaca Al-Quran, di desa Tempuran tanpa mengharap balasan materi.
Namun, kehidupan Mukri sebagai guru ngaji, nyatanya tak cukup untuk menghidupi anak dan istri. Untuk tetap bisa mencukupi kebutuhan keluarga, sosok Mukri yang diperankan Donny Damara ini, terpaksa mengambil pekerjaan sampingan sebagai badut di sebuah pasar malam.
Loading Instagram...
Hal ini membuat Mukri harus berbohong kepada anak dan istri yang tidak tahu, kalau Mukri kerap bersepeda ke desa sebelah untuk menghibur pengunjung pasar malam di sana.
Bagaimana Mukri menjalani dua peran dalam hidupnya itu? Mampukah Mukri menjaga rahasia yang selama ini disimpannya rapat-rapat? Semua akan terjawab dalam film 'Guru Ngaji' yang akan tayang pada 22 Maret mendatang.
ADVERTISEMENT
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan