kumparan
5 Februari 2018 11:12

Pengamat Musik Bens Leo Kenang Karya Terbaik Yockie Suryo Prayogo

Yockie Suryo Prayogo (Foto: Instagram @yockie_suryo_prayogo)
Musisi Yockie Suryo Prayogo meninggal dunia, Senin (5/2), di usia 63 tahun. Yockie jatuh sakit sejak Oktober 2017 dan sejak saat itu telah bolak-balik rumah sakit untuk mendapatkan perawatan.
ADVERTISEMENT
Nama Yockie dikenal ketika dia menjadi salah satu personel band God Bless. Dia memegang kendali atas keyboard dalam band tersebut.
Namun Yockie tidak hanya berkiprah dengan bermain bersama God Bless. Pria kelahiran 1954 itu juga menghasilkan karya-karya di luar band-nya, terutama untuk mendiang penyanyi legendaris, Chrisye.
Salah satu album terbaik yang pernah dia garap adalah 'Badai Pasti Berlalu' (1977).
"Mas Yockie, Erros Djarot, sama teman-teman dari Pegangsaan menggarap album itu dan album itu sampai saat ini dianggap satu album yang long-lasting ya. Dikenal panjang sekali (umurnya) di musik Indonesia," kata pengamat musik Bens Leo saat ditemui di rumah duka Rumah Sakit Pondok Indah Bintaro Jaya, Tangerang Selatan, Senin (5/2).
Mengenang Chrisye. (Foto: Youtube/musica's studio)
Pada tahun 1976, ujar Bens, Yockie menjadi music director untuk album perdana Chrisye yang berjudul 'Jurang Pemisah'. Album tersebut dirilis satu tahun kemudian.
ADVERTISEMENT
Menurut Bens, album 'Jurang Pemisah' ini adalah salah satu album terbaik yang digarap Yockie. Karena, pada saat itu ada banyak musisi yang juga tak kalah bagus dengan Chrisye.
"Pada saat itu yang terkenal itu banyak. Rinto Harahap, para musisi-musisi pop. Katakanlah dengan penyanyi-penyanyi kayak Betharia Sonata. Tapi Yockie membuat sesuatu yang beda," ujar Bens.
Bens Leo di rumah duka RSPI Bintaro Jaya (Foto: Prabarini Kartika/kumparan)
Bens juga menyebut lagu 'Lilin-Lilin Kecil' yang dinyanyikan Chrisye sebagai salah satu karya terbaik Yockie. "Sampai sekarang yang dikenal adalah 'Lilin-Lilin Kecil' dan itu aransemen Yockie. Dan, itu ada pada lomba Cipta Lagu Remaja Prambors tahun 1977," imbuhnya.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan