kumparan
16 April 2019 12:53

Perankan Petinju Kampung, Randy Pangalila Alami Luka Sobek di Paha

Randy Pangalila
Randy Pangalila Foto: Maria Gabrielle Putrinda/kumparan
Aktor Randy Pangalila bermain dalam film 'Kucumbu Tubuh Indahku'. Dalam film yang disutradarai Garin Nugroho itu, ia memerankan seorang petinju kampung.
ADVERTISEMENT
Randy Pangalila tak harus melakukan persiapan khusus untuk melakoni perannya itu. Maklum, ia selama ini aktif sebagai atlet Mix Martial Arts (MMA).
"Karena hobi saya sendiri adalah olahraga gitu ya, mau yang master (tanding) atau sekadar olahraga, itu hampir setiap hari gue lakuin. Jadi, sebenarnya enggak pakai persiapan apa-apa sih," kata Randy Pangalila ketika ditemui di XXI Plaza Indonesia, Thamrin, Jakarta Pusat, Senin (15/4).
Loading Instagram...
Randy Pangalila justru merasa kesulitan untuk beradaptasi dengan ring tinju di daerah perkampungan Jawa. Sebab, pria 28 tahun itu mengatakan, alas ring tinju tersebut sangat sederhana dan dibuat menggunakan kayu yang keras.
Randy sempat mengalami cedera saat melakoni perannya. Kala itu, ia harus beradegan membanting lawan. Adegan itu tidaklah mudah untuk dijalani. Bahkan, pemain film 'Oh Baby' tersebut harus beberapa kali mengulang adegan.
ADVERTISEMENT
"Itu beberapa kali take. Gue mengalami cedera di lutut kanan gue dan sampai sobek," tutur Randy.
Rendy Pangalila
Randy Pangalila. Foto: Alexander Vito/kumparan
Pria kelahiran Surabaya itu juga harus menjalani adegan yang cukup berbahaya. Ia harus dicekik dan ditarik dengan menggunakan tali tambang. Adegan itu, menurut dia, tidak kalah susahnya dengan membanting lawan. Sebab, ia harus mengatur waktu yang tepat untuk bernapas.
"Gue harus ngatur napas dan tetap akting. Jadi, sebenarnya gue kehabisan napas dan memang bingung banget kapan waktu yang tepat untuk tarif napas," ucap Randy seraya memeragakan adegan tercekik.
Randy sebetulnya bisa saja menggunakan jasa stuntman ketika melakukan adegan berbahaya. Namun, ia memutuskan untuk tidak mempergunakannya. Sebab, menurut Randy, hal itu akan memengaruhi perannya.
ADVERTISEMENT
"Misalnya gue pakai stuntman, gue jadi tidak bisa merasakan apa yang mau disampaikan sama si karakter ini, gitu," ujarnya.
Randy Pangalila
Randy Pangalila Foto: Munady/kumparan
Tantangan yang Randy Pangalila rasakan ketika bermain dalam film 'Kucumbu Tubuh Indahku' tak hanya dari segi fisik. Ia juga kesulitan untuk berbicara dalam bahasa Jawa. Namun, Randy bersyukur Garin sebagai sutradara memaklumi hal itu.
"Mas Garin memutuskan untuk ambil jalan tengah, deh. Kadang kita juga bisa keluarin bahasa Jawa, kadang kita pakai bahasa Indonesia, tapi dialeknya medok. Gitu aja," tutup Randy.
Film 'Kucumbu Tubuh Indahku' bercerita tentang perjalanan hidup Juno, seorang penari lengger yang berasal dari satu daerah kecil di Jawa. Ia terpaksa harus hidup sendiri sejak ditinggal pergi oleh ayahnya.
ADVERTISEMENT
Film 'Kucumbu Tubuh Indahku' akan tayang pada 18 April mendatang. Sebelumnya, film yang juga dibintangi oleh Teuku Rifnu ini telah ditayangkan di Venice Film Festival pada Agustus 2018.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan