Entertainment
·
5 Desember 2019 12:27

Perasaan Istri Soal Zul 'Zivilia' yang Masih Ditahan: Kacau Balau

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Perasaan Istri Soal Zul 'Zivilia' yang Masih Ditahan: Kacau Balau (140589)
Terdakwa kasus tindak pidana narkoba Zulkifli alias Zul zivilia dan istrinya berswafoto sebelum menjalani sidang tuntutan di Pengadilan Negeri Jakarta Utara. Foto: ANTARA FOTO/Nova Wahyudi
Kehidupan musisi Zul 'Zivilia' berubah menjadi kacau sejak dirinya terlibat dalam kasus dugaan penyalahgunaan narkotika. Ia pun harus mendekam di balik jeruji besi, selama proses hukum berjalan.
ADVERTISEMENT
Tak hanya itu, Zul juga meninggalkan istri, Retno Paradinah, dan anaknya di rumah selama proses hukum berlangsung. Hal itu membuat keuangan keluarga menjadi menipis.
Ketika ditemui di kawasan Kapten Tendean, Jakarta Selatan, Retno mengutarakan perasaannya saat ini. Ia sedih lantaran harus melihat Zul 'Zivilia' mendekam di penjara, dan menghidupi kebutuhan rumah tangga dengan uang yang ada.
"Kacau balau lah pikiran. Kita juga kan suami di dalam kita juga mikirin, makannya gimana, teratur atau enggak. Apalagi aku udah dua minggu enggak jenguk kan, yang jelas kepikiran lah," ucap Retno, pada Kamis (4/12).
Perasaan Istri Soal Zul 'Zivilia' yang Masih Ditahan: Kacau Balau (140590)
Zul 'Zivilia' dan istri. Foto: Instagram/@retnoparadinah
"Apalagi saya di rumah sendiri juga. Ngurus anak, antar sekolahnya, jadi bingung gitu. Antara mau jenguk dan nganterin anak sekolah," sambungnya.
ADVERTISEMENT
Sadar bahwa tabungan sang suami mulai menipis, Retno pun memutar otak untuk bisa mendapatkan penghasilan, demi memenuhi kebutuhan keluarga.
Salah satu hal yang dilakukan Retno adalah dengan jualan baju secara online. Meski ia sadar bahwa penghasilan yang diperolehnya tak seberapa.
"Kalau (jualan) langsung saya enggak bisa, jadi saya minta tolong teman buat keliling. Kalau ada yang ngutang ya sudah, enggak apa-apa, yang penting ada pemasukan setiap bulan," katanya.
Perasaan Istri Soal Zul 'Zivilia' yang Masih Ditahan: Kacau Balau (140591)
Zul ‘Zivilia’ jelang sidang tuntutan, Senin (21/10/2019). Foto: Giovanni/kumparan
Selama sebulan merintis usaha bajunya itu, Retno bersyukur masih mendapatkan penghasilan. Meskipun keuntungan yang didapat tak banyak.
"InsyaAllah cukup, ini kan saya baru mulai sebulan, belum dapat pendapatan banyak. Paling ada yang setor Rp 100 ribu-Rp 200 ribu, itu juga kan harus diputer buat modal," tuturnya.
ADVERTISEMENT
Sebelum menutup perbicangan, Retno memiliki harapan agar sidang kasus dugaan penyalahgunaan narkotika yang dilakukan sang suami, bisa segera selesai.
Apalagi, sidang Zul 'Zivilia' dengan agenda tuntutan dari jaksa penuntut umum hingga saat ini, sudah ditunda sebanyak 7 kali.
"Mudah-mudahan sidangnya enggak ditunda-tunda lagi. Mudah-mudahan juga tuntutannya enggak begitu berat," tandasnya.