Entertainment
·
6 Januari 2021 21:06

Pernah Berperan Jadi Susi Susanti, Laura Basuki Ternyata Tak Mahir Berolahraga

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Pernah Berperan Jadi Susi Susanti, Laura Basuki Ternyata Tak Mahir Berolahraga (4798)
Pemeran film Susi Susanti, Laura Basuki. Foto: Melly Meiliani/kumparan
Laura Basuki mendapat kesempatan besar untuk berperan sebagai Susi Susanti di film Susi Susanti: Love All. Film yang telah tayang di bioskop pada 2019 tersebut akan tayang di Disney+ Hotstar pada bulan ini.
ADVERTISEMENT
Berkat film ini, Laura memenangkan Piala Citra di FFI 2020 untuk kategori Pemeran Utama Perempuan Terbaik. Menurut Laura, itu adalah penghargaan yang tak diduga-duga karena sebenarnya ia bukan orang yang mahir berolahraga.
"Waktu SMA nilai olahragaku itu pas-pasan, paling enam atau tujuh gitu. Jadi, aku pas syuting film ini, di otak itu cuma gimana caranya aku enggak pingsan selama syuting dengan persiapan seminggu bisa lima kali latihan badminton, gym, dan latihan split. Sama sekali enggak pernah mikirin dapat penghargaan," ungkap Laura Basuki saat mengikuti konferensi pers virtual, Selasa (5/1).
Pernah Berperan Jadi Susi Susanti, Laura Basuki Ternyata Tak Mahir Berolahraga (4799)
Pemeran film Susi Susanti, Laura Basuki. Foto: Melly Meiliani/kumparan
Mengingat Laura tidak mahir berolahraga, lantas apa alasannya mau menerima tawaran bermain di film Susi Susanti: Love All?
"Buat aku, kenikmatan menjadi aktor itu, aku bisa memerankan banyak hal yang bukan bidang aku. Misal, di film superhero, pemerannya, kan, enggak harus bisa terbang benar. Tapi, kan, harus bisa pura-pura jadi sosok yang enggak pernah benar-benar terjadi di kehidupan asli dia," kata Laura.
ADVERTISEMENT
"Jadi, ini kesempatan aku untuk merasakan menjadi legenda badminton yang dikagumi dan dihormati di Indonesia dan kesempatan ini enggak datang dua kali. Jadi, pas kesempatannya datang, aku tentu memanfaatkannya sebaik mungkin dan saya akan kerja keras untuk memerankan ini sebaik-baiknya," sambungnya.
Pernah Berperan Jadi Susi Susanti, Laura Basuki Ternyata Tak Mahir Berolahraga (4800)
Aktris Laura Basuki saat hadir di launcing poster film Susi Susanti di kawasan Gatot Subroto, Jakarta, Selasa, (20/8). Foto: Ronny
Laura Basuki bercerita bahwa latihan badminton menjadi hal yang paling sukar dalam perjuangannya memerankan tokoh Susi Susanti di film. Namun, untuk hal-hal lain, ia bersyukur karena Susi Susanti dan suaminya, Alan Budikusuma, mau untuk berbagi cerita.
"Kayak pas Ci Susi menerima penghargaan di olimpiade Barcelona, itu aku sempat ngobrol sama Ci Susi, aku tanya apa yang dirasakan pas naik podium. Sama waktu wawancara jelang pertandingan Atlanta, itu juga aku punya banyak waktu untuk tanya-tanya langsung. Ya, itu enaknya main film biopik yang orangnya masih ada. Jadi, bisa banyak tanya," tuturnya.
ADVERTISEMENT
Laura juga merasa, berperan di film Susi Susanti: Love All mengajarkan banyak hal yang baik dan bermanfaat. Ia pun banyak menarik inspirasi dari sosok Susi Susanti.
"Aku itu, kan, orangnya pesimis. Kalau Ci Susi, tuh, optimis, gigih, dan selalu berpikir untuk mendapat apa yang dia mau. Sedangkan aku, kayak enggak pernah mengejar mimpi. Jadi, mimpi datang, baru aku jemput. Tapi, dari tokoh ini aku belajar banyak bahwa untuk mendapatkan sebuah mimpi, memang terkadang kita harus kerja keras," ujar Laura Basuki.