Entertainment
·
7 Juni 2018 11:32

Reaksi Para Artis soal Tuntutan 6 Tahun Penjara untuk Tio Pakusadewo

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Reaksi Para Artis soal Tuntutan 6 Tahun Penjara untuk Tio Pakusadewo (290634)
Tio Pakusadewo usai jalani sidang di PN Jaksel. (Foto: Munady Widjaja)
Aktor Tio Pakusadewo dituntut enam tahun penjara dan denda sebesar Rp 800 juta oleh jaksa penuntut umum atas kasus dugaan penyalahgunaan narkotika. Tuntutan ini tentu jauh berbeda dengan tuntutan JPU terhadap Jennifer Dunn yang hanya 8 bulan penjara dan juga tuntutan hukuman 9 bulan penjara untuk Fachri Albar.
ADVERTISEMENT
Hal tersebut membuat beberapa selebriti yang mengenal baik sosok Tio ikut angkat bicara. Banyak dari mereka yang menyayangkan keputusan jaksa tersebut, apalagi sejak awal Tio sudah mengakui kesalahannya sebagai seorang pengguna.
"Menurut saya seharusnya dia di rehabilitasi ya, sama seperti yang lainnya. Abah Tio ini kan emang sudah sakit lama dan dia mengakui ini. Seharusnya ya disembuhkan bukan dipenjarakan. Dia bukan penjahat kok, bukan pengedar kok," ungkap Chicco Jerikho saat dihubungi kumparan melalui pesan singkat, Kamis (7/6).
Reaksi Para Artis soal Tuntutan 6 Tahun Penjara untuk Tio Pakusadewo (290635)
Chicco Jerikho. (Foto: Munady Widjaja)
Meski Tio terjerumus ke lembah hitam narkoba, namun suami dari Putri Marino ini melihat sosok pria berusia 54 tahun sebagai orang yang baik.
"Dia sudah saya anggap seperti bapak saya sendiri dalam dunia keaktoran ini. Jadi mohon dipertimbangkan (tuntutannya)," kata Chicco.
ADVERTISEMENT
Selain Chicco, Rio Dewanto juga turut bersuara. Ia mengaku sangat mendukung Tio Pakusadewo untuk tetap kuat dalam menghadapi proses hukumnya saat ini. Hanya saja suami dari Atiqah Hasiholan ini juga menyayangkan mengapa hukuman yang dijatuhkan kepada Tio lebih berat daripada Jedun dan Fachri Albar.
"Kalau melihat dari jejeran beberapa rekan artis yang ketangkap ada Jennifer Dunn, Fachri Albar, dll tapi kenapa kok cuma om Tio yang dituntut 6 tahun penjara ? Ya, kalau dari gue sih berharap hakim nantinya bisa memberikan putusan yang objektif," kata Rio.
Reaksi Para Artis soal Tuntutan 6 Tahun Penjara untuk Tio Pakusadewo (290636)
Rio Dewanto (Foto: Munady)
Senada dengan Chicco dan Rio, aktor Pandji Pragiwaksono juga menyayangkan putusan JPU yang menuntut bintang film 'Surat Dari Praha' itu harus menjalani hukuman penjara selama 6 tahun. Bahkan Pandji seolah melihat ada kejanggalan dengan hukuman yang dijatuhkan kepada Tio yang lebih berat ketimbang Jedun dan Fachri Albar.
ADVERTISEMENT
"Ya ini kelihatannya ada banyak hal yang publik tidak tahu, tidak diceritakan kepada publik. Emang kadang-kadang agak aneh sih dari sisi kacamata awam saya, enggak paham kenapa satu linting bisa kena begitu lama. Jadi publik mesti dikasih tau informasi yang jelas karena kalau tidak terasa sekali seperti ada sebuah ketidakadilan, terutama kepada Om Tio," ujar Pandji saat ditemui di kawasan Kuningan, Jakarta Selatan, baru-baru ini.
Reaksi Para Artis soal Tuntutan 6 Tahun Penjara untuk Tio Pakusadewo (290637)
Pandji Pragiwaksono. (Foto: Garin Gustavian/kumparan)
Pandji pun berharap agar vonis yang kelak nanti dijatuhkan untuk Tio dapat seadil-adilnya dan publik harus benar-benar tahu kejelasan dari kasus narkoba yang menjerat bapak tiga anak itu.
"Om Tio itu bukan hanya seniman yang luar biasa. Jadi kita harus bersikap adil kepada orang seperti beliau, harus jelas kepada publik seperti apa kasusnya , harus adil juga vonis yang diberlakukan kepada Om Tio," tandasnya.
Reaksi Para Artis soal Tuntutan 6 Tahun Penjara untuk Tio Pakusadewo (290638)
Sidang bacaan tuntutan Tio Pakusadewo (Foto: Munady)
Hari ini, Kamis (7/6), sidang narkoba Tio Pakusadewo akan kembali digelar dengan agenda pembacaan pledoi dari pihak Tio. Sementara itu dalam sidang sebelumnya, Nagra Kautsar Pakusadewo, anak sulung Tio--yang juga hadir di persidangan--mengaku merasa terkejut ketika mendengar tuntutan yang dibacakan oleh JPU.
ADVERTISEMENT
Nagra juga sempat memberikan tanggapan terkait tuntutan 8 bulan yang dijatuhkan kepada Jedun.
"Ya, itu rame ya... Aduh, gimana ya, bukannya mau ngebandingin ya, tapi ini (Tio) kan baru pertama. Pokoknya, Tuhan adil. Sudah, itu saja," ungkapnya.