Entertainment
·
22 Februari 2021 19:00

Sebelum Bercerai, Ini Alasan Rohimah Bertahan Dipoligami Kiwil Selama 17 Tahun

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Sebelum Bercerai, Ini Alasan Rohimah Bertahan Dipoligami Kiwil Selama 17 Tahun (49872)
Mantan istri Kiwil saat menghadiri sidang ikrar cerai di Pengadilan Agama Jakarta Selatan, Jakarta, Rabu, (10/2). Foto: Ronny
Rohimah berbagi kisah mengenai dirinya bisa bertahan saat dipoligami Kiwil. Ia menjalani poligami selama 17 tahun sebelum akhirnya memutuskan untuk bercerai.
ADVERTISEMENT
Gugatan cerai dimasukkan ke Pengadilan Agama Jakarta Selatan pada 15 Desember 2020. Saat ini proses perceraian Kiwil dan Rohimah masih bergulir di pengadilan. Meski begitu, keduanya telah cerai secara agama.
Rohimah mengaku selama ini bertahan dipoligami karena melihat anak-anaknya. Selain itu, banyak dukungan yang diterima olehnya dari kerabat hingga keluarganya.
“Orang tua saya berpikir,‘Janganlah kasih anak-anak, nanti kalau kamu berpisah sama Kiwil anak-anak gimana? Karena anak-anak masih butuh ayahnya dan bundanya.’ Keluarga menguatkan saya,” kata Rohimah seperti dikutip dari kanal YouTube Maia AlElDul TV.
“Saya lihat kalau mereka (anak-anak) lagi tidur kasihan juga kalau saya cerai sama ayahnya,” lanjutnya.
Sebelum Bercerai, Ini Alasan Rohimah Bertahan Dipoligami Kiwil Selama 17 Tahun (49873)
Artis komedi Kiwil bersama Rohimah saat menghadiri sidang cerai dengan agenda keterangan saksi di Pengadilan Agama Jakarta Selatan, Jakarta, Rabu, (17/2/2021). Foto: Ronny
Rohimah mengatakan sempat ada rasa cemburu di dirinya karena Kiwil memiliki istri lebih dari satu. Meski begitu, ia mencoba menerimanya.
ADVERTISEMENT
“Saya curhat sama suami, selama suami menanggapi kecemburuan saya dengan dia peluk saya, dia memberikan kehangatan sama saya, saya tidak ada masalah,” ucap Rohimah.
Selain itu, Rohimah mengungkapkan dirinya banyak mengalah. Sebab, ia merupakan tipe orang yang tidak mau ribut.
“Kalau suami bilang, ‘Jangan, bun.’ Saya ikuti kata suami pada saat itu. Akhirnya, saya yang mengalah. Memang ini cobaan saya,” tuturnya.

Anak-anak Rohimah dan Kiwil Sempat Tidak Setuju Orang Tua Mereka Bercerai

Sebelum Bercerai, Ini Alasan Rohimah Bertahan Dipoligami Kiwil Selama 17 Tahun (49874)
Komedian Kiwil bersama Rohimah saat ditemui usai menjalani sidang perceraian di Pengadilan Agama Jakarta Selatan, Jakarta, Rabu, (3/2/2021). Foto: Ronny
Namun, Rohimah merasa tidak mampu lagi menerima Kiwil yang terus berpoligami. Ia akhirnya menggugat cerai pria 48 tahun itu.
Rohimah mengatakan anak-anaknya sempat tidak setuju dengan keputusannya untuk bercerai.
Rohimah dan Kiwil membina biduk rumah tangga sejak 28 Februari 1998. Dari pernikahan tersebut, mereka dikaruniai empat anak.
ADVERTISEMENT
“Saya kasih pengertian (ke anak-anak), ‘Bunda enggak bisa melanjutkan kalau ayah poligami terus.’ Awalnya anak-anak tidak setuju,” kata Rohimah.
Namun, anak-anak Rohimah dan Kiwil akhirnya setuju karena melihat sang ibu yang terus menangis.
“Karena melihat kondisi bundanya tertekan, sedih terus, akhirnya mereka menyetujui,” tutup Rohimah.