kumparan
5 Sep 2019 14:46 WIB

Tantangan Riri Riza Cari Wajah Baru untuk Film Indonesia

Riri Riza sata ditemui usai peluncuran Poster dan trailer film 'Bebas'. Foto: Alfadillah/kumparan
Riri Riza dipercaya untuk menjadi sutradara film 'Bebas' produksi Miles Films. Ia juga turut andil dalam pemilihan pemain untuk film yang diadaptasi dari film Korea berjudul 'Sunny' tersebut.
ADVERTISEMENT
Dalam film 'Bebas', terdapat begitu banyak pemain yang terlibat. Untuk geng Bebas versi dewasa, kita mungkin sudah tak asing lagi mendengar nama-nama pemainnya, seperti Marsha Timothy, Indy Barends, Susan Bachtiar, dan Baim Wong.
Namun, tidak demikian dengan geng Bebas versi remajanya. Kebanyakan dari mereka adalah pemain baru yang belum dikenal banyak orang, seperti Agatha Pricilla, Maizura, Zulfa Maharani, Lutesha, dan Baskara Mahendra.
Konferensi pers film 'Bebas' di Indofood Tower, Jakarta Pusat, Kamis (5/9). Foto: DN. Mustika Sari/kumparan
Riri Riza mengatakan, tidak terlalu mudah untuk memilih pemain muda dalam film 'Bebas'. Apalagi dia harus mencari pemain yang harus memiliki kemiripan dengan karakter di film 'Sunny'.
"Kalau kemiripan (dengan karakter di film 'Sunny') justru.... salah satu hal penting, tapi yang paling penting mereka punya kepekaan yang sama. Dan itu caranya gampang-gampang susah," kata Riri Riza dalam konferensi pers di Indofood Tower, Jakarta Pusat, Kamis (5/9).
ADVERTISEMENT
"Waktu bayangin film 'Sunny', buat saya kayak bayangin playground yang asyik. Saya akan bekerja dengan dua layer pemain," imbuhnya.
Konferensi pers film 'Bebas' di Indofood Tower, Jakarta Pusat, Kamis (5/9). Foto: DN. Mustika Sari/kumparan
Riri membutuhkan waktu yang cukup lama untuk memilih pemain yang tepat. Bahkan, pria 48 tahun ini masih mencari beberapa pemain meski sudah masuk proses reading.
"Ini salah satu casting yang panjang. Kita mulai Juni 2018. Ada beberapa yang sudah mulai reading, latihan, tapi masih harus cari padanan yang tepat. Seru sih," ujarnya.
Riri tak memaksa para pemain muda untuk memiliki kemiripan dengan versi dewasanya. Kendati demikian, ia memberikan kesempatan para pemain muda dan dewasa untuk berlatih bersama.
"Saya enggak pikir harus mirip atau sama, karena kayak enggak mungkin. Saya mikir pasti ada sesuatu yang menarik. Mereka kita kasih kesempatan, geng dewasa lihat latihan geng remaja dan sebaliknya. Itu ketemu dengan keren," jelasnya.
ADVERTISEMENT
Video
Meskipun butuh waktu yang panjang, namun Riri senang karena para pemain mampu memberikan yang terbaik untuk film 'Bebas'. Apalagi, film ini tak hanya memuat adegan akting yang bagus, tapi juga terdapat unsur-unsur lainnya.
"Mereka melalui tahapan latihan panjang. Mulai ada latihan akting, koreografi juga ada, ada stunt juga. Dimensinya enggak cuma akting, tapi ada koreografi tari dan fighting choreography," tutup Riri Riza.
Film 'Bebas' berkisah tentang seorang remaja SMA bernama Vina (Maizura) yang berasal dari sebuah kota kecil di Jawa Barat, dan baru saja pindah ke SMA Negeri bergengsi di Jakarta. Di hari pertamanya, Vina ditertawakan karena logat bicaranya, dan juga diintimidasi oleh seorang siswa laki-laki.
Vina beruntung karena ia dibantu beradaptasi di sekolah barunya oleh empat cewek dan seorang cowok yang disegani di sekolah. Mereka adalah Kris (Sheryl Sheinafia), Jessica (Agatha Pricilla), Gina (Zulfa Maharani), Suci (Lutesha), dan Jojo (Baskara Mahendra). Vina dengan cepat menjadi bagian dari geng mereka, yang lalu dikenal dengan nama Geng Bebas. Film 'Bebas' akan tayang di bioskop pada 3 Oktober mendatang.
ADVERTISEMENT
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan