Entertainment
·
2 Juni 2019 18:32

Throwback Annisa Pohan: Dari Model Sampo Hingga Mantu Presiden

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Throwback Annisa Pohan: Dari Model Sampo Hingga Mantu Presiden (30757)
Kilas balik perjalanan Annisa Pohan. Foto: Infografik: Anggoro Fajar Purnomo/kumparan.
Kepergian Kristiani Herrawati atau lebih dikenal sebagai Ani Yudhoyono untuk selama-lamanya, meninggalkan duka bagi orang-orang tercinta. Tak hanya sang suami, Susilo Bambang Yudhoyono, dan kedua putranya yang berduka karena kepergian Ani pada Sabtu (1/6) itu, tapi kedua menantunya, Annisa Pohan dan Alya Rajasa.
ADVERTISEMENT
Sosok Annisa Pohan diketahui sebagai salah seorang yang setia menemani almarhumah saat menjalani perawatan intensif di National University Hospital (NUH), Singapura selama kurang lebih 4 bulan lamanya. Wanita berdarah Batak itu memang telah menjadi bagian dari keluarga SBY dan Ani sejak 8 Juli 2005.
Throwback Annisa Pohan: Dari Model Sampo Hingga Mantu Presiden (30758)
Siti Ruby Aliya Rajasa (kiri) dan Annisa Pohan (kanan) bersama Ani Yudhoyono. Foto: Instagram/@ruby_26 Instagram/@annisayudhoyono
Annisa Pohan dipersunting oleh putra sulung SBY, Agus Harimurti Yudhoyono. Dari pernikahannya dengan AHY, Annisa dikaruniai seorang putri, Almira Tunggadewi Yudhoyono pada 17 Agustus 2008, bertepatan dengan HUT RI ke-63.
Namun, jauh sebelum dikenal sebagai menantu Presiden Indonesia yang ke-6, alumni Universitas Padjajaran itu terlebih dahulu dikenal sebagai seorang entertainer.
Throwback Annisa Pohan: Dari Model Sampo Hingga Mantu Presiden (30759)
Ani Yudhoyono (tengah) bersama Susilo Bambang Yudhoyono (kanan) dan Annisa Pohan (kiri) saat berada di NUH, Singapura. Foto: Instagram/@aniyudhoyono
Annisa mengawali kariernya di dunia hiburan sebagai finalis Gadis Sampul 1997. Kariernya pun berlanjut dengan menjadi bintang iklan. Ia beberapa kali tampil di atas tampil di atas panggung untuk memperagakan busana.
ADVERTISEMENT
Salah satu iklan yang membuat nama Annisa semakin dikenal di dunia hiburan adalah iklan sampo Pantene. Kala itu, Annisa tampak begitu anggun dengan rambut hitamnya yang terurai.
Selain menjadi bintang iklan, Annisa juga dikenal karena kariernya di dunia presenting. Ia pernah membawakan acara pertandingan sepak bola La Liga, Spanyol dan Bundesliga, Jerman.
Putri dari mantan gubernur BI, Aulia Pohan itu sempat menjadi penyiar Radio OZ 103.1FM, Bandung.
Selama hampir 14 tahun menikah dengan AHY, Annisa mulai jarang tampil di layar kaca karena kesibukannya sebagai ibu rumah tangga. Meskipun begitu, ia masih tampil sebagai bintang iklan produk kecantikan.
Annisa juga sibuk menjalankan kegiatan di Yayasan Tunggadewi yang didirikan pada tahun 2009. Selain itu, ia juga ikut mengembangkan pusat-pusat belajar informal gratis untuk anak-anak dan Ibu mereka, di antaranya Rumah Pintar dan Jendela Dunia.
ADVERTISEMENT
Kegiatan Annisa tak hanya sampai di sana. Meski sudah menikah dan memiliki anak, ia tetap semangat untuk menyelesaikan pendidikan ditingkat magister. Ia melanjutkan pendidikan di Magister Manajemen Universitas Indonesia (MMUI).
Throwback Annisa Pohan: Dari Model Sampo Hingga Mantu Presiden (30760)
Istri AHY, Annisa Pohan. Foto: Ronny/kumparan
Selama kurang lebih 18 bulan, ia berhasil meraih gelar Magister Manajemen (MM) dengan Indeks prestasi kumulatif (IPK) 3,98.
Tak hanya sibuk mengembangkan dirinya, Annisa juga turut menjadi orang yang selalu di samping Agus saat menjalani kegiatan di dunia politik. Mulai dari kampanye sampai blusukan ke sejumlah daerah bersama Agus.
Throwback Annisa Pohan: Dari Model Sampo Hingga Mantu Presiden (30761)
Politisi Agus Harimurti Yudhoyono bersama istrinya Annisa Pohan. Foto: Ronny/kumparan
Meski sibuk mengurus yayasan dan keluarga, Annisa berucap bahwa tak menutup kemungkinan untuk berkarier di dunia hiburan.
"Tapi saya prioritasnya pasti suami 'kan, ke mana pun suami tugas, ikut. Tapi, ketika memang ada waktu yang bisa dipakai untuk saya berkarya, pasti suami enggak pernah melarang,” ujar Annisa Pohan.
ADVERTISEMENT