kumparan
7 September 2018 11:46

4 Kontroversi K-Pop yang Menyisakan Misteri

Kontroversi K-Pop yang masih menyisakan misteri. (Foto: Berbagai sumber.)
Tidak semua kontroversi K-Pop berakhir dengan penjelasan yang memuaskan. Ada sebagian di antaranya yang justru menimbulkan pertanyaan baru dan membuat fans bertanya-tanya hingga sekarang hingga menimbulkan misteri.
ADVERTISEMENT
Sebut saja, kisah percintaan G-Dragon yang tidak pernah diklarifikasi secara langsung oleh sang idola. Selain itu, ada juga kasus dugaan aliran agama sesat Park Jin Young yang belum selesai hingga kini.
Dalam story ini, kumparanK-Pop merangkum empat kasus kontroversi K-Pop yang tidak berakhir dengan jelas. Yuk, simak penjelasannya.
1. Kisah percintaan G-Dragon
G-Dragon dan Lee Jooyeon (Foto: Instagram @officialgdragonn & @jupppal)
G-Dragon, leader dari boyband K-Pop BIGBANG, memiliki perjalanan kisah cinta yang misterius. Meski ia kerap digosipkan dekat dengan selebriti wanita, dia tidak pernah sekalipun membenarkan atau membantah mengenai hal itu.
Salah satu rumor percintaan G-Dragon (GD) yang paling terkenal adalah kisah percintaannya dengan model asal Jepang, Kiko Mizuhara. Dilansir Teenage, rumor yang melibatkan kedua seleb ini pertama kali berkembang sekitar tahun 2010. Sejak saat itu, berbagai berita gosip dan foto pribadi mereka tersebar, seolah menjadi penguat dugaan atas hubungan mereka.
ADVERTISEMENT
Namun, tidak pernah ada kejelasan mengenai kehidupan percintaan keduanya. YG Entertainment juga selalu membantah kabar asmara mengenai keduanya, meski saat ini fans percaya bahwa kedua seleb ini sudah berpisah.
Selanjutnya, pada 1 Januari 2018, GD kembali terlibat rumor asmara. Kali ini, dia disebut punya hubungan spesial dengan mantan anggota girlband K-Pop After School, Lee Jooyeon. Kabar ini pertama diumumkan oleh media Korea Selatan, Dispatch.
Akan tetapi, Better Ent dan YG Entertainment selaku agensi Jooyeon dan GD telah membantah mengenai kabar tersebut. Walau beredar cukup banyak foto yang dijadikan Dispatch sebagai 'bukti' hubungan asmara GD dan Jooyeon, kedua agensi itu mengatakan bahwa mereka hanyalah kolega.
"Keduanya hanyalah kolega. Foto-foto ini diambil di Hawaii saat mereka pergi ke sana untuk menghadiri sebuah acara dan mereka ditemani oleh kenalan lainnya. Tolong dicek. Terima kasih," sebut YG Entertainment, seperti dikutip Soompi.
ADVERTISEMENT
G-Dragon dan Lee Jooyeon tidak pernah angkat bicara mengenai hubungan mereka.
2. Skandal IU dan Eunhyuk
Eunhyuk dan IU. (Foto: SM Entertainment, Facebook/@iu.loen)
Di tahun 2012, postingan Twitter dari solois IU sempat membuat geger dunia K-Pop. Pasalnya, penyanyi kelahiran 1993 itu 'tidak sengaja' mengunggah sebuah foto selfie dirinya dengan anggota Super Junior, Eunhyuk.
Foto ini menjadi masalah karena isinya. Dalam foto tersebut, kedua seleb ini terlihat duduk begitu dekat. Sebagian fans bahkan merasa bahwa Eunhyuk tidak mengenakan pakaian saat berfoto dengan IU. Sementara, IU disinyalir sedang menggunakan piyama di foto tersebut.
LOEN Entertainment, agensi IU saat itu, segera merilis pernyataan untuk membantah insiden tersebut. Mereka mengatakan bahwa foto itu diambil ketika IU sedang sakit.
"IU sempat sakit di musim panas ini dan ketika dia sedang beristirahat di rumah, Eunhyuk datang untuk mengunjunginya dan saat itulah mereka berfoto bersama. IU bermaksud untuk mengunggah hal lain di Twitter, namun dia tak sengaja mengunggah foto itu," sebut LOEN, seperti dikutip dari Soompi.
ADVERTISEMENT
Akan tetapi, netizen tidak serta merta mempercayai penjelasan LOEN. Bahkan, rumor mengenai kehamilan dan pernikahan IU justru ramai menghiasi tabloid Korea Selatan.
Walaupun begitu, di tahun 2013, IU muncul di acara TV Korea Selatan untuk membantah rumor kehamilan ini. Dia juga mengatakan sedang berusaha menangkap orang yang menyebarkan rumor itu di dunia maya.
Namun misteri soal foto tersebut hingga kini masih menyisakan tanda tanya.
3. Keluarnya Jessica dari SNSD
Jessica Jung dan SNSD. (Foto: Instagram/@jessica.syj, SM Entertainment)
Sejak debut di tahun 2007, SNSD sempat cukup lama beraktivitas sebagai grup idola beranggotakan sembilan orang. Sayangnya, pada September 2014, salah satu anggota sekaligus vokalis utama grup, Jessica Jung, dinyatakan keluar dari grup itu.
SM Entertainment selaku agensi yang menaungi SNSD mengatakan, awalnya, SNSD dan Jessica berencana untuk mengeluarkan satu album sebelum Jessica berhenti dari aktivitas grup. Akan tetapi, pada akhirnya, mereka merasa tidak bisa menemukan titik temu dengan penyanyi bersuara tinggi itu.
ADVERTISEMENT
"Dengan demikian, kami hanya bisa menjalankan rencana untuk SNSD beraktivitas dengan delapan orang anggota. Dan, sementara kami mendiskusikan waktu untuk mengumumkan ini, Jessica menulis pesan dari sudut pandangnya sendiri hari ini," sebut SM, seperti dilansir Soompi.
Secara terpisah, Jessica sudah mengeluarkan pernyataan melalui label fashion-nya, BLANC. Isi pernyataan Jessica sangat berbeda dengan pernyataan SM Entertainment.
"Pada 29 September, aku diberitahukan bahwa aku akan meninggalkan SNSD. Ini membuatku sangat kaget dan sedih, jadi aku akan menceritakan kisah dari sudut pandangku," sebut Jessica.
Dalam pernyataannya itu, wanita yang dikenal sebagai kakak dari Krystal f(x) ini menekankan bahwa dia selalu memprioritaskan kegiatan SNSD. Ia juga mengatakan bahwa meski demikian, SM tetap memintanya meninggalkan grup tersebut.
ADVERTISEMENT
Pernyataan yang berbeda ini pun membuat penggemar bertanya-tanya, siapakah yang menyatakan kebenaran di antara mereka. Sementara itu, para anggota SNSD sendiri tidak pernah mengatakan apa-apa terkait hengkangnya anggota mereka tersebut.
4. Kasus aliran sesat Park Jin Young
Park Jin-young. (Foto: jype.com)
Nama Park Jin Young menjadi buah bibir warganet di bulan Mei 2018. Pasalnya, pendiri agensi K-Pop, JYP Entertainment ini dituduh sebagai anggota sekte aliran sesat.
Tuduhan terhadap Park Jin Young pertama kali dilaporkan oleh Dispatch. Dalam artikelnya, media tersebut menyertakan foto-foto kegiatan yang disinyalir sebagai perkumpulan aliran menyimpang, juga hasil wawancara dengan orang-orang terkait. Dalam foto yang disebarluaskan Dispatch, tampak pula sosok sahabat karib JYP, aktor senior Bae Yong Joon.
Tak lama setelah berita ini dikeluarkan, pria yang dikenal dengan inisial JYP itu pun segera membantah berita tersebut. Dia mengatakan bahwa dia tidak terlibat sekte agama sesat, sekaligus mengatakan bahwa Dispatch harus membayar perbuatan mereka. JYP merasa nama baiknya telah dicemarkan.
ADVERTISEMENT
Walau begitu, Dispatch tidak gentar. Mereka justru merilis artikel tambahan yang semakin menuduh JYP. Situasi semakin diperparah karena Dispatch mengklaim, kegiatan keagamaan yang dilakukan JYP itu diadakan di sebuah gedung di daerah Yeoksam. Gedung ini sempat dimiliki oleh seseorang yang terkait dengan sekte Salvation dan diduga kuat menjadi dalang dari tenggelamnya kapal feri Sewol tenggelam.
Lagi-lagi, JYP membantah klaim tersebut. Setelah menjelaskan dengan panjang lebar, dia justru mengajak jurnalis Korea Selatan untuk menghadiri sendiri kegiatan keagamaan yang akan dilakukannya pada September 2018 ini.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan