kumparan
search-gray
Entertainment21 Mei 2018 13:32

5 Fakta Menarik soal Prestasi BTS di Billboard

Konten Redaksi kumparan
5 Fakta Menarik soal Prestasi BTS di Billboard (41096)
Boy Band BTS hadiri Billboard Music Awards 2018. (Foto: Lisa O'connor / AFP)
Senin (21/5), nama BTS kembali dibicarakan warganet. Boyband K-Pop yang satu ini baru saja kembali meraih penghargaan 'Top Social Award', sekaligus membawakan lagu terbaru mereka 'Fake Love', di acara tersebut.
ADVERTISEMENT
Kedua prestasi ini memang tengah menjadi topik yang hangat di media sosial. Namun, sebenarnya, boyband yang dipimpin oleh RM ini telah memiliki berbagai prestasi yang berkaitan dengan Billboard.
Berikut ini, tim kumparanK-Pop merangkum lima fakta BTS di Billboard. Kira-kira, apa saja ya?
1. Top Social Artist
5 Fakta Menarik soal Prestasi BTS di Billboard (41097)
Boy Band BTS terima penghargaan Top Social Artist. (Foto: REUTERS / Mario Anzuoni)
BTS sudah dua kali memenangkan 'Top Social Artist', yaitu pada 2017 dan 2018. Penghargaan ini ditentukan melalui voting yang dilakukan oleh fans dari seluruh dunia melalui situs resmi Billboard dan Twitter.
Untuk mendapatkan penghargaan ini, BTS harus bersaing dengan penyanyi kelas dunia lainnya, seperti Justin Bieber, Ariana Grande, Demi Lovato, juga Shawn Mendes.
Kemenangan berturut-turut BTS pun menunjukkan dukungan yang tak padam dari para penggemarnya. Sebelum BTS, penyanyi asal Kanada, Justin Bieber, selalu memenangkan kategori ini sejak 2011.
ADVERTISEMENT
2. Penampilan Lagu Terbaru Perdana
Video
Grup idola asuhan Big Hit Entertainment ini berkesempatan menjadi grup idola pertama yang membawakan lagu K-Pop di ajang Billboard Music Awards.
Pada malam penghargaan Billboard Music Awards 2018, mereka membawakan 'Fake Love', lagu dari album terbaru 'Love Yourself: Tear' yang baru saja dirilis pada 18 Mei lalu.
Penampilan itu sekaligus menjadi comeback stage pertama mereka untuk lagu tersebut di tahun ini. Hal ini tentu menarik perhatian, karena biasanya, comeback stage dilakukan penyanyi Korea di acara musik Korea Selatan.
3. Menembus 'Chart Billboard 200'
Beberapa album BTS pernah memasuki 'Chart Billboard 200'. Chart ini disusun berdasarkan multimetric consumption tertinggi pada minggu tersebut. Dengan kata lain, chart ini menggabungkan jumlah penjualan album, penjualan lagu yang dihitung seperti penjualan album, juga streaming yang dihitung penjualan album.
ADVERTISEMENT
Chart ini tidak hanya terdiri dari lagu Korea Selatan, melainkan juga lagu pop yang berasal dari berbagai belahan dunia.
Enam album BTS yang sempat ambil posisi di 'Chart Billboard 200 adalah 'Love Yourself: Her', 'Wings', album Jepang 'Face Yourself', 'You Never Walk Alone', 'The Most Beautiful Moment in Life: Young Forever', juga 'The Most Beautiful Moment in Life, Pt.2'.
Dilansir Billboard, album 'Love Yourself: Her' membawa BTS sebagai grup K-Pop pertama yang meraih posisi 10 besar dalam 'Chart Billboard 200'. Album tersebut berhasil meraih posisi ke-7 dalam chart itu.
4. Menembus 'Billboard Hot 100'
Pada 2017, untuk pertama kalinya, BTS menembus chart Billboard Hot 100. Lagu andalan BTS di tahun itu, 'DNA', memasuki chart Billboard Hot 100 setelah dirilis di bulan September 2017.
ADVERTISEMENT
Video
Lagu itu sempat bertahan selama empat minggu di chart tersebut, dengan posisi tertinggi di nomor 67 pada 14 Oktober 2017.
'Billboard Hot 100' adalah chart berisi 100 lagu paling populer dari berbagai genre yang ada. Penilaian ini didasarkan kepada radio airplay audience impression (kalkulasi pemutaran lagu di radio dengan jumlah audiens radio), jumlah penjualan lagu, serta jumlah aktivitas streaming melalui berbagai platform musik online.
5. World Albums
Enam buah album BTS pernah meraih posisi puncak dari chart 'World Albums Billboard'. Album-album ini adalah 'Wings', 'You Never Walk Alone', 'Love Yourself: Her', 'The Most Beautiful Moment if Life, Pt. 2', juga album Jepang 'Face Yourself'.
Bahkan, album 'Love Yourself: Her' yang dirilis pada September 2017, masih berada di posisi puncak chart 'World Albums' hingga saat ini. Berdasarkan keterangan Billboard, mini album ini telah 34 minggu berada dalam chart tersebut.
ADVERTISEMENT
'World Albums Chart' adalah tangga lagu yang mengurutkan album berdasarkan jumlah penjualan tertinggi di minggu tersebut.
Karya-karya BTS lain juga berhasil menjebol berbagai chart musik Billboard, seperti 'Billboard Korea K-Pop 100', 'YouTube Songs', 'Hot Canadian Digital Song Sales', 'On-Demand Streaming Songs', 'The Official U.K. Albums Chart', juga 'Social 50'.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
sosmed-whatsapp-white
sosmed-facebook-white
sosmed-twitter-white
sosmed-line-white