kumparan
23 Juni 2019 17:56

5 Musisi K-Pop yang Keluar dari Grupnya karena Skandal

Artis K-Pop yang mundur dari grupnya karena skandal
Artis K-Pop yang mundur dari grupnya karena skandal. Foto: Berbagai sumber
Pada 2019, ada sederet musisi K-Pop yang hengkang dari grupnya karena terlibat kasus hukum. Sebagian di antara mereka bahkan menyatakan akan pensiun dari dunia hiburan, menyatakan tidak akan lagi beraktivitas sebagai artis.
ADVERTISEMENT
Berikut ini adalah lima orang artis yang hengkang dari grupnya karena kontroversi di tahun 2019. Beberapa kasus mereka meliputi tuduhan prostitusi, dugaan penggunaan narkoba, hingga keterlibatan dengan kasus grup chat dan rekaman video mesum ilegal Jung Joon Young.
1. Seungri BIGBANG
Seungri BIGBANG, Diborgol
Dengan tangan diborgol, Seungri BIGBANG (tengah) berjalan keluar setelah menghadiri sidang di Pengadilan Distrik Pusat Seoul. Foto: Getty Images/Chung Sung-Jun
Anggota termuda BIGBANG, Seungri, menyatakan mundur dari dunia hiburan pada 11 Maret 2019. Hal ini diumumkannya melalui postingan Instagram pada tanggal yang sama. Meski tidak secara eksplisit mengatakan bahwa dia keluar dari BIGBANG, pernyataan Seungri bisa melambangkan bahwa dia takkan beraktivitas dengan grup pelantun ‘Blue’ itu lagi.
Seungri memilih mundur dari dunia hiburan setelah tersangkut dalam skandal kelab Burning Sun, juga setelah dirinya dikabarkan pernah berusaha memfasilitasi jasa prostitusi sebagai suap bisnis untuk investor asing.
ADVERTISEMENT
Loading Instagram...
“Di titik ini, aku pikir akan lebih baik jika aku mundur dari industri hiburan. Aku memutuskan untuk mundur dari industri hiburan karena masalah yang menyebabkan gangguan sosial dalam skala besar. Mengenai masalah yang sedang diselidiki, aku akan bekerja sama (dengan pihak kepolisian) dan membuktikan segala kecurigaan (terhadapku),” sebut Seungri dalam postingan Instagram-nya.
2. Junhyung Highlight
Junhyung Highlight
Boyband K-Pop Highlight gelar fan meeting singkat di Jakarta. Foto: Masajeng Rahmiasri/kumparan
Yong Junhyung, rapper sekaligus penulis lagu untuk Highlight, hengkang dari grupnya pada 14 Maret 2019. Dia melakukannya setelah mengaku bersalah. Meski tidak tergabung dalam grup chat Jung Joon Young, dia mengatakan pernah menerima video mesum dari Jung Joon Young dan membicarakannya bersama penyanyi rock itu.
"Aku diam saja atas masalah yang berat ini, saat mungkin ada beberapa korban lain yang tumbang karena tindakanku,” sebut Junhyung dalam postingannya, sekaligus meminta maaf kepada para anggota Highlight dan fans mereka.
ADVERTISEMENT
3. Jong Hoon FTISLAND
Choi Jong Hoon
Choi Jong Hoon FTISLAND. Foto: Instagram/@ftgtjhc
Pada 14 Maret 2019, leader FTISLAND, Choi Jong Hoon juga keluar dari grupnya. Ini merupakan buntut dari berbagai kontroversi yang melibatkannya. Di antaranya, akibat keikutsertaannya dalam grup chat cabul Jung Joon Young dan kawan-kawan, juga karena dia diduga pernah menggunakan koneksi dengan polisi untuk menutupi kasus mengemudi dalam keadaan mabuk.
Mundurnya Choi Jong Hoon dari FTISLAND diumumkan secara resmi oleh agensi yang menaunginya, FNC Entertainment. Mereka mengatakan bahwa sang artis akan meninggalkan FTISLAND untuk selamanya, sekaligus mundur dari dunia hiburan.
“Choi Jong Hoon akan menghentikan kehidupannya sebagai selebriti dan hidup sembari introspeksi diri. Agensi (kami) juga tidak dapat lepas dari tanggung jawab terkait tindakan dan kata-kata Choi Jong Hoon yang tak termaafkan oleh masyarakat, jadi kami akan membimbingnya sampai akhir, supaya dia dapat hidup sebagai seseorang dengan persepsi yang benar,” tulis FNC Entertainment dalam keterangan resminya.
ADVERTISEMENT
4. Yoochun JYJ
Yoochun JYJ
Yoochun JYJ Foto: Facebook/@CJESJYJ
Pada 24 April, C-JeS Entertainment mengatakan bahwa mereka telah memutus kontrak dengan Park Yoochun JYJ. Keputusan diambil karena perusahaan itu sudah tidak bisa lagi percaya dengan Yoochun, terkait kasus narkoba yang dialaminya.
C-JeS mengatakan, mereka sudah berusaha memercayai bahwa Park Yoochun tidak menggunakan narkoba. Namun, kepercayaan mereka dirusak, saat mereka menemukan bukti sebaliknya pada 23 Maret.
“Kami sampai pada keputusan bahwa sudah tak mungkin untuk mengembalikan hubungan (saling) percaya dengan Park Yoochun, dan memutuskan untuk mengakhiri kontrak eksklusif (dengannya)," sebut C-JeS.
Selain itu, perusahaan ini juga mengatakan bahwa Yoochun mundur dari dunia hiburan. Ini segaris dengan apa yang dikatakan oleh mantan kekasih Hwang Ha Na itu dalam sebuah konferensi pers.
ADVERTISEMENT
5. B.I iKON
B.I iKON
B.I iKON. Foto: Instagram/@withikonic
B.I atau Hanbin, leader boyband iKON, hengkang dari grupnya pada Rabu (12/6). Keputusan untuk hengkang itu diumumkan sendiri oleh B.I iKON lewat akun Instagramnya, setelah dia diterpa berita penggunaan narkoba.
Dalam postingan Instagram-nya, B.I meminta maaf kepada para fans, juga mengatakan bahwa dia memutuskan keluar iKON untuk introspeksi.
Loading Instagram...
Dia juga meluruskan kabar mengenai penggunaan narkoba yang dituduhkan kepadanya. Sebelumnya, Dispatch memberitakan bahwa B.I iKON membeli dan menggunakan narkoba pada 2016.
“Benar bahwa aku pernah ingin mengandalkan hal yang seharusnya tak kuandalkan, saat aku mengalami masa yang sulit dan menyakitkan di masa lalu. Tapi, aku tidak melakukannya karena aku takut,” tulisnya, seperti dikutip dari Soompi.
ADVERTISEMENT
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan