kumparan
16 Sep 2019 20:10 WIB

5 Seleb Pria Asal Korea Selatan yang Sukses Membangun Agensi Sendiri

PSY, Lee Jong Suk, Jay Park, Cha Tae Hyun, dan Hyun Bin Foto: Instagram/blossom_entertainment @amanproject2018 @pnation.official @vast.ent @jparkitrighthere
Agensi memegang peranan penting dalam karier mereka yang terjun di industri hiburan Korea Selatan. Berbekal pengalaman yang didapat selama berkarier di dunia hiburan, beberapa selebriti ini akhirnya membentuk agensinya sendiri.
ADVERTISEMENT
Tidak hanya menaungi dirinya saja, beberapa agensi ini juga menjadi 'rumah' bagi rekan-rekan sesama profesinya. Siapa saja seleb pria asal Korea Selatan yang sukses membangun agensi sendiri? Berikut ulasannya.
1. Cha Tae Hyun - Blossom Entertainment
Cha Tae Hyun Foto: IMDB
Aktor yang memiliki agensi sendiri adalah Cha Tae Hyun. Ayah dari tiga orang anak ini membentuk Blossom Entertainment pada tahun 2012 lalu bersama managernya.
Sampai saat ini, Blossom Entertainment merupakan 'rumah' bagi beberapa aktor populer Korea Selatan, seperti Song Joong Ki, Park Bo Gum, Lim Ju Hwan, dan Go Chan Suk.
Loading Instagram...
Selain itu, agensi ini juga diketahui kerap melakukan kegiatan amal. Salah satunya di tahun 2016, Soompi memberitakan bahwa Blossom Entertainment turut membantu kampanye untuk membantu anak-anak yatim piatu bernama 'Sharing Love' sejak tahun 2013.
ADVERTISEMENT
2. Lee Jong Suk- A-MAN Project
Aktor Korea Selatan, Lee Jong Suk. Foto: Instagram/@jongsuk0206
Aktor Lee Jong Suk memutuskan untuk keluar dari YG Entertainment tahun 2018. Dilansir Soompi, pemain serial drama 'Pinocchio' ini kemudian bekerja sama dengan YNK Entertainment untuk membangun agensi sendiri yang diberi nama A-MAN Project.
"Bersama dengan A-MAN, agensi manajemen yang baru-baru ini dibentuk Lee Jong Suk, kami akan bertanggung jawab atas kegiatan domestik aktor ini," kata YNK, kala itu.
Loading Instagram...
Namun, kerja sama yang dibangun berakhir pada September 2018. Kini artis dalam agensi milik aktor berusia 30 tahun itu sudah bertambah. Aktris sekaligus mantan anggota Hello Venus, Kwon Nara bergabung dengan agensi pada Mei 2019.
3. PSY - P Nation
PSY Foto: Instagram/@pnation.official
Penyanyi PSY memutuskan untuk membentuk agensi sendiri juga setelah keluar dari agensi lamanya, YG Entertainment. Pada 24 Januari 2019 ia meresmikan agensi miliknya yang diberi nama P Nation.
ADVERTISEMENT
Seiring berjalannya waktu, beberapa musisi memutuskan untuk bergabung dengan P Nation. Seperti penyanyi dan rapper wanita, Jessi, yang bergabung di akhir Januari lalu. Kemudian ada Hyuna dan kekasihnya, Hyojong menyusul bergabung beberapa hari setelahnya.
Loading Instagram...
Terbaru adalah Crush yang menandatangani kontrak dengan P Nation di bulan Juli. Ia juga telah merilis lagu baru berjudul 'Nappa' di bawah agensi ini. Setelah Crush, ada Jessi yang dijadwalkan comeback untuk pertama kali di P Nation tanggal 23 September mendatang.
4. Hyun Bin - VAST Entertainment
Hyun Bin Foto: Instagram/@vast.ent
Bintang serial drama 'Memories of Alhambra', Hyun Bin, juga membentuk agensi sendiri di tahun 2016. Dilansir dari Soompi, aktor kelahiran 25 September 1982 itu akan fokus mencari calon trainee dan bertanggung jawab atas agensi.
ADVERTISEMENT
"Hyun Bin telah bekerja sama dengan mentor CEO-nya, Kang Kun Taek dan mendirikan agensi bernama VAST Entertainment. Hyun Bin akan bertanggung jawab atas agensi dan akan fokus mencari calon trainee," kata seorang afiliasi Hyun Bin di tahun 2016.
Loading Instagram...
Melihat tampilan website agensi, saat ini VAST Entertainment telah menaungi beberapa aktor dan aktris. Beberapa di antaranya adalah Kim Yun Jee, Shin Do Hyun, dan Lee Jae Wook.
5. Jay Park - AOMG
Jay Park Foto: Instagram/@aomgofficial
Jay Park bersama Simon Dominic mendirikan AOMG pada tahun 2013 lalu. Agensi sekaligus label rekaman yang satu ini merupakan salah satu yang populer dalam dunia Korean Hip Hop.
AOMG telah membawahi beberapa rapper dan musisi hip hop terkenal asal Negeri Ginseng seperti Gray, Loco, Ugly Duck, ELO, Hoody, DJ Pumpkin, DJ Wegun dan Woo Won Jae.
ADVERTISEMENT
Loading Instagram...
Pada tahun 2019 ini AOMG meluncurkan program audisi hip hop bertajuk 'Sign Here'. Dilansir Soompi, acara ini memiliki target untuk mencari para musisi bertalenta yang bertujuan mencetak generasi hip hop Korea sekaligus juga menjaring anggota baru untuk AOMG.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan