kumparan
3 Juni 2018 9:48

Aktivis Pecinta Hewan Minta Tayangan 'Food Diary' Dihentikan

Food Diary
Tayangan TV Korea, 'Food Diary'. (Foto: Instagram/@tvn_joy)
Salah satu variety show Korea terbaru tvN, 'Food Diary', belakangan ini menimbulkan banyak kontroversi. Konsep acara yang ditampilkan dirasa kurang layak untuk dipertontonkan kepada masyarakat umum.
ADVERTISEMENT
Acara ini menerima banyak kritikan terutama dari aktivis pencinta hewan bahkan sejak episode pertama penayangan. Pada episode perdana, tayangan ini memperlihatkan proses tumbuhnya anak ayam, hingga menjadi hidangan masakan.
Para pemain dalam acara ini memperlakukan anak ayam layaknya hewan peliharaan. Mereka bahkan memberi nama kepada masing-masing anak ayam tersebut. Namun, sebenarnya anak ayam tersebut dipersiapkan untuk dimakan ketika waktunya tiba
“Program variety show baru ‘Food Diary’ yang berupaya untuk menunjukkan konsep berbeda tayang pertama kali pada 30 Mei. Dari episode pertama, banyak anak ayam yang baru lahir dalam rangka untuk menunjukkan proses mereka menjadi masakan ayam pedas, dan tiga anak anjing juga digunakan sebagai alat peraga,” ungkap salah satu perwakilan aktivis pecinta hewan seperti dilansir Soompi.
ADVERTISEMENT
Video
Aktivis pecinta hewan dengan keras mengritik tujuan produser ‘Food Diary’ untuk memelihara anak ayam dan kemudian membunuh mereka. Mereka juga menuntut pihak produksi segera menghentikan tayangan tersebut.
"Program ini mengklaim bahwa mereka ingin menunjukkan bagaimana proses makanan bisa dihidangkan ke meja, tapi ayam yang biasanya kita makan berasal dari peternakan. Sehingga, penggambaran di dalam program ini sangat tidak realistis," lanjut mereka.
Video
Merespon kritikan tersebut pihak produksi mengatakan tujuan acara 'Food Diary' adalah untuk menyoroti pentingnya bahan makanan yang konsumsi setiap hari. Untuk tujuan tersebut pihaknya memilih untuk menghidangkan ayam rebus pedas, salah satu makanan yang paling umum dan populer Korea Selatan.
Tujuan utama pihak produksi adalah memberikan informasi kepada penonton, bagaimana makanan tersebut diolah dari awal, hingga dihidangkan. Mereka juga mengaku memberikan perhatian khusus dan banyak usaha sejak awal makanan tersebut dibuat, termasuk proses penanaman bahan-bahan makanan seperti wortel dan kentang.
ADVERTISEMENT
"Kami memohon kepada kalian semua untuk menonton episode terbaru acara ini, karena baru episode pertama yang tayang," ungkap salah satu perwakilan pihak produksi.
Video
Acara reality show 'Food Diary' merupakan kerja sama antara tvN dan agensi hiburan SM Entertainment. Acara yang tayang setiap Rabu ini dibintangi oleh Lee Soo-geun, Seo Jang-hoon, BoA, Taeyeong 'NCT', YooA 'Oh My Girl' dan masih banyak lagi.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan