kumparan
5 Januari 2019 21:46

Daftar Pemenang Golden Disc Awards 2019 Hari Pertama

Golden Disc Awards 2019 Hari Pertama
Golden Disc Awards 2019 Hari Pertama (Foto: Twitter @GoldenDisc_en)
Ajang penghargaan Golden Disc Awards (GDA) ke-33 hari pertama telah selesai digelar pada Sabtu (5/1). Acara yang dihelat di Gocheok Sky Dome, Seoul, Korea Selatan ini dibawakan oleh Lee Seung Gi dan aktris Park Min Young.
ADVERTISEMENT
GDA kali ini dimeriahkan oleh berbagai grup idola mulai dari iKON, Blackpink, BTS, Twice, (G)I-DLE hingga Wanna One. Tak diisi oleh idola K-Pop, acara tersebut juga menghadirkan sejumlah selebriti papan atas untuk membacakan nama pemenang seperti aktris Kim Ji Won dan aktor Im Chang Jung
Acara ini digelar untuk mengapresiasi musisi di industri musik Korea Selatan yang telah merilis album ataupun lagu dari 1 Desember 2017 sampai dengan 30 November 2018. Khusus hari pertama, ajang penghargaan musik bergengsi ini hanya memberikan piala untuk grup atau musisi yang penjualan digitalnya terbaik di tahun 2018.
iKON di GDA 2019
iKON di GDA 2019 (Foto: Twitter @GoldenDisc_en)
Untuk pertama kalinya boyband iKON berhasil membawa penghargaan utama yang biasa disebut daesang dalam acara GDA berkat lagu 'Love Scenario'. Hal ini tentunya merupakan sebuah prestasi yang membanggakan bagi grup yang dipimpin oleh B.I tersebut dan juga para penggemar.
ADVERTISEMENT
Meski kini tengah hiatus, BIG BANG juga berhasil membawa pulang penghargaan Digital Song Division dengan lagu 'Flower Road'. Momen ini terasa lebih menyentuh mengingat lagu tersebut hanyalah bentuk hadiah BIG BANG untuk penggemar yang dirilis secara digital tanpa video klip dan promosi.
Beberapa kategori nominasi Golden Disc Awards 2019 yang diumumkan pada hari ini adalah, Best Song Digital (Bonsang), Rookie Artist of the Year, Special Awards, Best Hip-hop Awards, Best Ballad Awards, Best Male Group, Best Female Group, Best Cosmopolitan Awards, hingga penghargaan utama yaitu Digital Daesang.
Yuk simak daftar para pemenangnya berikut ini!
Digital Song of the Year (Daesang): iKON ('Love Scenario')
Digital Song Division (Bonsang): BIGBANG, BLACKPINK, Bolbbalgan4, BTS, Chungha, iKON, MAMAMOO, MOMOLAND, Roy Kim, dan TWICE
ADVERTISEMENT
Best Boy Group: Wanna One
Best Girl Group: GFRIEND
Best New Artist: (G)I-DLE
Best Hip Hop: Song Mino WINNER
Best Ballad: Im Chang Jung
Cosmopolitan Artist Award: BLACKPINK dan Wanna One
2019 Global V Live Top 10 Best Artist: BTS
Judges’ Special Award: SSAW
Selamat untuk para pemenang Golden Disc Award 2019!
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan