kumparan
19 Agustus 2018 18:02

Fenomena Jokowi Oppa di Kalangan Fans K-Pop Usai Pembukaan Asian Games

Jokowi Pada Acara Opening Ceremony Asian Games 2018
Jokowi pada acara opening ceremony Asian Games 2018. (Foto: dok. Biro Pers Setpres)
Selama ini, oppa adalah panggilan yang biasa dilontarkan oleh fans terhadap para idola K-Pop. Namun, siapa sangka kalau panggilan itu sekarang ditujukan kepada Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo?
ADVERTISEMENT
Saat ini, panggilan itu sedang ramai dilontarkan oleh para fans K-pop di dunia maya. Mereka memanggil Jokowi dengan sebutan oppa--panggilan untuk kakak atau laki-laki yang lebih dewasa dalam bahasa Korea--setelah mereka melihat aksi Jokowi naik motor di pembukaan Asian Games 2018, Sabtu (18/8).
Kala itu, sang presiden membuka festival olahraga itu lewat sebuah VCR yang menunjukkan aksi motornya. Dalam video tersebut, Jokowi terlihat menembus kemacetan ibu kota dengan mengendarai motor gede (moge), layaknya tokoh utama dalam film laga 'Mission Impossible'.
Aksi ini pun menuai reaksi dari berbagai kalangan, termasuk para fans K-Pop. Mereka menganggap aksi Jokowi itu nyentrik sekaligus memukau. Bahkan, aksi itu membuat sebagian orang membandingkan Jokowi dengan para idola K-Pop populer. Sebagian dari mereka juga menyebut 'Jokowi Oppa' sebagai ultimate bias atau idola yang paling mereka sukai.
ADVERTISEMENT
"Sehun oppa siapa? Aku cuma tahu Jokowi Oppa," tulis pemilik akun Twitter @klystea, sembari membandingkan gaya Jokowi yang sedang naik motor dengan gaya Sehun 'EXO'.
"Kayaknya, (di peringkat) male brand reputation bulan Agustus, Kang Daniel (Wanna One) diturunin. Diganti sama Jokowi Oppa," tulis akun @MakeuLin_Noona
"Daniel oppa, 'mah, lewat. Tetap, malam ini Jokowi Oppa paling kyeopta (imut). Pak Jokowi keren," tulis @Ongkookie_s.
Tak berhenti di situ, bahkan ada fans yang membuat editan untuk video Jokowi. Mereka menggabungkan aksi Jokowi dengan lagu-lagu K-Pop, membuat sang Presiden terlihat seolah sedang membintangi video klip musik Korea Selatan. Bahkan, mereka menyandingkan sosok Jokowi dengan Kang Daniel, center boyband 'Wanna One' yang juga mengendarai motor dalam video klip lagu 'Beautiful'.
ADVERTISEMENT
Sementara itu, ajang pertandingan internasional Asian Games 2018 resmi dibuka di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Jakarta Pusat, pada Sabtu (18/8). Setelahnya, para atlet yang berasal dari 45 negara berbeda bertanding memperebutkan posisi juara dari berbagai cabang olahraga yang ada.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan