kumparan
search-gray
Entertainment28 Agustus 2018 16:42

K-Popedia: Kihno Album, Teknologi Kekinian yang Dipakai Penyanyi K-Pop

Konten Redaksi kumparan
Kihno album
Kihno album. (Foto: Youtube/taeyeon_ss_update)
Di tengah era digital, penggunaan teknologi untuk mendukung pemasaran musik para musisi juga terus berkembang. Salah satunya penjualan musik lewat merchandise K-Pop berupa Kihno album.
ADVERTISEMENT
Penggunaan Kihno album sebagai bentuk lain dari penjualan album secara fisik dan digital, sudah mulai populer di industri hiburan Korea. Ada banyak agensi yang merilis Kihno album, sebagai salah satu pilihan dalam merilis karya-karya artis mereka.
Dikutip dari kihno.com, Kihno album fungsinya hampir mirip dengan flashdisk untuk menyimpan data. Secara harfiah, Kihno album sering disebut sebagai versi ilegal untuk copy album digital.
Kihno sendiri dibekali teknologi untuk menyimpan video klip, foto dan mp3 dalam bentuk digital. Untuk bisa mendengarkan lagu, melihat video klip atau photocards dalam bentuk digital di dalam Kihno album, fans harus mendownload aplikasi Kihno player terlebih dahulu. Setelah itu, perangkat Kihno album bisa dikoneksikan pada ponsel kamu.
ADVERTISEMENT
Sebelumnya, Kihno album dijual dalam bentuk Kihno NFC Music Smart Card, yang dikoneksikan lewat teknologi NFC pada Smartphone. Ponsel akan secara otomatis mengunduh lagu, foto dan video klip yang ada saat Kihno card disentuhkan pada NFC ponsel.
Video
Sayangnya, Kihno card hanya bisa diunduh sebanyak tiga kali, dan memiliki masa expired tiga tahun. Setelah lewat dari masa expired, konten dalam merchandise Kihno card tidak dapat lagi diunduh.
Video
Namun kini, bentuk Kihno album sudah berkembang. Fans bisa mendapatkan Kihno dalam bentuk kotak mirip flashdisk, namun tetap menggunakan Kihno player untuk bisa menikmati konten dalam album tersebut.
Di balik keseruan teknologi yang digunakan dalam Kihno album, ada kelebihan dan kekurangan yang bisa menjadi pertimbangan jika kamu ingin membeli format album jenis ini.
ADVERTISEMENT
Kelebihan memiliki Kihno album adalah, kamu bisa memiliki gadget keren sekaligus punya lagu-lagu digital yang tidak bisa kamu download lewat situs musik seperti Melon.
Bentuknya yang unik, juga bisa masuk dalam daftar barang koleksi yang tentu digemari para kolektor. Ditambah adanya photocards baik digital maupun fisik yang diberikan pihak agensi, bisa melengkapi koleksi artis kesayangan kamu.
Sementara kekurangan Kihno album adalah kamu harus membawa Kihno kit kemana pun, jika kamu ingin mendengarkan lagu dalam album tersebut. Tentunya akan lebih mudah untuk mengunduh lagu secara digital, daripada membawa Kihno kit ke mana-mana. Dan secara harga, membeli lagu digital jauh lebih murah ketimbang Kihno album.
Bagaimana, tertarik melengkapi merchandise K-Pop dengan Kihno album?
ADVERTISEMENT
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
sosmed-whatsapp-white
sosmed-facebook-white
sosmed-twitter-white
sosmed-line-white