kumparan
19 Oktober 2018 18:55

K-Popedia : Mengenal Istilah One True Pairing Alias OTP

G-Dragon dan Sandara Park (Foto: Instagram @daraxxi)
Bagi kalangan penggemar K-Pop kata One True Pairing atau yang disingkat OTP mungkin sudah tak asing lagi. Istilah ini sering digunakan oleh fans untuk menggambarkan dua selebriti favorit mereka yang dijadikan pasangan.
ADVERTISEMENT
OTP juga dapat disebut sebagai pasangan khayalan yang diciptakan oleh para penggemar sendiri. Tak jarang para penggemar mendukung, menyukai, mempercayai dan menyakini jika OTP mereka bisa menjadi pasangan nyata.
Terkadang karena terlalu mendukung dan menyakini OTP pilihannya, membuat para pendukungnya tidak mudah untuk mempercayai semua rumor palsu yang beredar seputar pasangan favorit mereka.
Video
Lalu bagaimana penggemar menentukan pasangan OTP favorit mereka?
Kebanyakan OTP ini tercipta setelah penggemar menyaksikan interaksi dua artis yang mereka sukai dalam program acara TV, melihat adegan dalam film atau drama, buku atau cerita buatan fans yang biasa disebut fanfiction. Biasanya, kedua artis tersebut sebelumnya memang telah memiliki hubungan dekat di dunia nyata atau pernah melakukan proyek bersama.
ADVERTISEMENT
Misalnya pasangan Sungjae BTOB dan Joy Red Velvet. Pasangan yang dijuluki 'bbyu couple' ini memiliki banyak penggemar setelah keduanya menampilkan interaksi yang menggemaskan dalam variety show 'We Got Married'. Bahkan setelah acara itu selesai tayang, masih banyak pengemar yang percaya jika keduanya bisa melanjutkan hubungan mereka di dunia nyata.
Bagi penggemar yang mendukung OTP kesukaan mereka, kedua artis tersebut dianggap sangat cocok saat bersama.
Setelah menemukan pasangan favoritnya, para penggemar mulai menyebut dirinya sebagai sebagai shipper. Para shipper ini biasanya akan selalu menemukan hal-hal yang bisa memperkuat hubungan dari pasangan yang mereka dukung.
Video
Kegiatan ini tak jarang memiliki sisi negatif dari penggemar lainnya. Pasalnya ada juga penggemar yang tidak setuju dengan OTP yang disukai fans lain, atau saat salah satu artis OTP mereka dipasangkan dengan artis lain.
ADVERTISEMENT
Misalnya saja penggemar yang menyukai pasangan Sungjae BTOB dengan aktris Kim Soo Hyun. Pasangan ini timbul setelah keduanya tampil sebagai pemeran utama dalam drama 'School 2015'. Fans menjuluki pasangan ini dengan nama Kwangbi couple.
Video
Sebagian penggemar Kwangbi couple kabarnya tidak terlalu menyukai Bbyu couple. Lantaran mereka merasa, jika interaksi Kwangbi couple lebih terasa nyata dari pada Bbyu couple. Hal ini tentu saja tak jarang menimbulkan perdebatan di antara kedua penggemar tersebut.
Beberapa contoh OTP favorit di industri K-Pop yaitu Krystal f(x) dan Minhyuk Cnblue, Victoria f(x) dan Nickhun 2PM, serta G-Dragon BIG BANG dan Sandara Park.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan