kumparan
search-gray
Entertainment7 April 2020 18:39

K-Popedia: Weverse dan Lysn, Aplikasi Komunitas Fans K-Pop Kekinian

Konten Redaksi kumparan
Aplikasi Weverse dan Lysn
Aplikasi Weverse dan Lysn. Foto: lysn.com, Weverse Playstore
Aplikasi komunitas fans K-Pop semakin berkembang. Jika dulu hanya tersedia situs-situs komunitas, kini sudah banyak bermunculan aplikasi yang bisa memfasilitasi kebutuhan fans akan konten idola kesayangannya.
ADVERTISEMENT
Weverse dan Lysn misalnya. Dua aplikasi komunitas fans K-Pop ini, menawarkan beragam konten, baik yang didapat secara gratis, maupun berbayar.
Yuk, kita simak seperti apa sih tampilan dan isi Weverse dan Lyns ini?

Weverse

Aplikasi Weverse
Aplikasi Weverse. Foto: Weverse Playstore
Pada Juni 2019 anak perusahaan Big Hit Entertainment, yakni BenX, meluncurkan aplikasi Weverse. Aplikasi ini dibuat untuk para penggemar artis Big Hit Entertainment, dan artis perusahaan yang memiliki kerja sama dengan Big Hit.
Weverse sendiri merupakan aplikasi yang memungkinkan para penggemar berinteraksi dengan idolanya secara eksklusif, agak mirip dengan fancafe. Dalam Weverse, terdapat komunitas Weverse, yakni ruang khusus untuk masing-masing artis dan penggemarnya.
Mulanya, di Weverse hanya ada dua ruang komunitas untuk BTS dan TXT (Tomorrow by Together). Namun saat Big Hit mengumumkan telah mengakuisisi Source Music pada Juli 2019, girlband K-Pop Gfriend yang dinaungi Source Music pun tergabung dalam Weverse.
Aplikasi Weverse
Aplikasi Weverse. Foto: Weverse Playstore
Kemudian pada Maret lalu, Seventeen resmi merilis komunitas mereka di aplikasi ini, sekaligus menjadi artis pertama yang masuk di Weverse, di luar naungan Big Hit.
ADVERTISEMENT
Bagi fans internasional, aplikasi ini lebih mudah dari fancafe. Ini karena Wever (pengguna Weverse) hanya perlu log in, lalu membuat nama akun di komunitas artis yang mereka sukai tanpa harus meningkatkan level. Selain itu, terdapat tampilan bahasa Inggris serta fitur terjemahan yang cukup baik di Weverse.
Soal fitur, Weverse memiliki tiga laman yakni Feed (tempat penggemar mengunggah konten), Artist (tempat artis mengunggah konten) dan Media (video dan konten khusus dari artis). Username yang dimiliki artis akan bertanda spesial, untuk membedakan sang artis dengan pengguna lainnya.
Aplikasi Weverse
Aplikasi Weverse. Foto: Weverse Playstore
Sayangnya, baik penggemar maupun artis belum bisa mengunggah konten selain foto dan teks di Weverse. Pengguna juga hanya dapat membalas sebuah unggahan, namun tidak dapat menanggapi komentar dalam sebuah unggahan.
ADVERTISEMENT
Di laman Media, terdapat sejumlah konten video milik para artis. Mulai dari video musik, hingga variety show seperti Run! BTS, To Do X TXT dan Going Seventeen. Untuk saat ini, kebanyakan konten di Weverse merupakan pindahan konten para artis dari aplikasi V Live dan Youtube.
BTS
BTS luncurkan program belajar bahasa Korea. Foto: Facebook/Big Hit Entertainment
Weverse juga memiliki sejumlah konten yang baru bisa diakses jika pengguna membayar keanggotaan per tahun.
Sebut saja Army Membership Kit (untuk fans BTS) yang dijual sekitar Rp 600 ribu, dan keanggotaan Moa (untuk fans TXT) serta Buddy (untuk fans Gfriend). Ada pula konten berbayar lainnya seperti travel reality show BTS yakni Bon Voyage, yang dapat dibeli seharga Rp 269 ribu.
Weverse dirilis bersamaan dengan Weverse Shop (Weply), di mana penggemar dapat membeli konten berbayar Weverse, official merchandise, hingga album artis yang bekerja sama dengan Big Hit Entertainment.
ADVERTISEMENT

Lysn

Aplikasi Lysn
Aplikasi Lysn. Foto: lysn.com
Aplikasi dengan simbol berwarna ungu yang satu ini digunakan oleh fans dari para artis SM Entertainment. Mulai dari fans BoA, TVXQ, Super Junior, SHINee, EXO, Red Velvet, dan NCT.
Lysn dibuka pada 2019, untuk fans artis SM baik di Korea Selatan maupun internasional. Untuk bergabung, fans cukup mendownload dan mendaftarkan diri dengan menggunakan nomor telepon pribadi. Setelahnya, fans akan terdaftar sebagai anggota Basic. Disediakan juga membership berbayar yang dinamai ACE.
Aplikasi Lysn
Aplikasi Lysn. Foto: lysn.com
Setiap fans yang mendaftar sebagai anggota ACE harus merogoh kocek sebesar 35.000 won atau sekitar Rp 467 ribu, tidak termasuk biaya pengiriman ACE welcome kit dari Korea ke rumah masing-masing. Biaya pengiriman ini berbeda-beda untuk setiap negara.
ADVERTISEMENT
Perbedaan dari keanggotaan Basic dan ACE terlihat pada konten yang didapatkan, juga keuntungan lainnya. Para anggota ACE akan mendapatkan konten eksklusif seperti foto dan video yang belum pernah dipublikasikan. Juga mendapat informasi soal album atau proyek idola kesayangan mereka lebih awal.
Fans dengan keanggotaan ACE juga mendapat prioritas dalam pembelian tiket konser atau fan meeting. Beberapa acara juga mewajibkan pembeli menggunakan identitas ACE mereka.
Biaya perpanjangan membership ACE ini sekitar 15.000 won setahun atau sekitar Rp 188 ribu.
Video
Lewat aplikasi ini, fans bisa membuat postingan layaknya media sosial Twitter. Ada timeline berisi postingan dari pengguna lain, staf resmi, juga artis bersangkutan. Sayangnya, kita tidak bisa menyesuaikan isi tampilan konten di timeline. Postingan resmi juga lebih sering dibuat dalam bahasa Korea, meski diberi tombol penerjemah yang bisa di-setting.
ADVERTISEMENT
Ada juga fitus Dear U Bubble, yaitu chat yang dikirim langsung oleh sang idola. Fitur ini menggunakan sistem, di mana saat sang artis mengirimkan pesan, maka nama pengguna akan muncul dalam chat sapaan mereka. Hal ini membuat chat terasa lebih spesial.
Untuk menggunakan Dear U Bubble, fans harus membayar sekitar Rp 50 ribu untuk satu tiket per bulan, hingga Rp 157 ribu untuk tiga tiket per bulan. Tiket ini dimaksukan untuk jumlah artis yang ingin kamu dapatkan chat-nya. 1 tiket berlaku untuk 1 artis.
Aplikasi Lysn
Aplikasi Lysn. Foto: lysn.com
Lewat aplikasi ini, fans juga bisa mengobrol secara personal dengan pengguna lain, layaknya chat Line. Fans juga membuat grup chat dengan teman-teman terdekatnya. Lysn sendiri saat ini hanya tersedia dalam bentuk aplikasi untuk iPhone atau Android.
ADVERTISEMENT
Laporan: Thahira
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
sosmed-whatsapp-white
sosmed-facebook-white
sosmed-twitter-white
sosmed-line-white