kumparan
16 Feb 2019 16:58 WIB

kumparan K-Playlist: Aneka Ballad Solo Andalan Idola K-Pop Pria

Penyanyi K-pop Solo Pria Foto: Berbagai sumber
Kita mungkin sudah biasa melihat penyanyi idola K-Pop pria membawakan lagu-lagu hits bersama grup idolanya masing-masing. Namun, ada kalanya sebagian idola pria ini bertransformasi menjadi solois, kemudian membawakan lagu ballad yang menunjukkan kemampuan vokal sekaligus gaya musik khas mereka.
ADVERTISEMENT
Dalam K-Playlist kali ini, kumparanK-Pop membahas tujuh lagu ballad solo dari tujuh penyanyi yang berbeda pula. Dengan cara dan pesan mereka masing-masing, ketujuh idola K-Pop pria ini membawakan lagu-lagu ballad dengan penuh penjiwaan dan menyentuh hati.
Seperti apakah lagu-lagunya? Yuk, kita simak.
1. Sandeul B1A4 - 'Stay As You Are'
Video
Sandeul, vokalis B1A4, merilis mini album solo perdana yang berjudul ‘Stay As You Are’ pada 2016. Dalam mini album ini, lagu yang menjadi andalannya adalah sebuah karya ballad berjudul sama dengan album tersebut.
Lagu yang ditulis oleh solois Park Won ini menceritakan mengenai pertemuan yang diharapkan. Lirik lagunya menceritakan mengenai pria yang berharap agar sosok jodohnya tidak berubah. Ia berharap demikian, agar bisa langsung mengenali wanita tersebut saat ia akhirnya bertemu wanita itu nanti.
ADVERTISEMENT
Lagu ini dibawakan dengan vokal Sandeul yang powerful, dengan latar iringan musik band.
2. Dongwoon Highlight - 'There’s No Eternity'
Video
Pada Juli 2018, anggota termuda Highlight, Dongwoon, merilis mini album solo yang berjudul ‘Prelude: The Voice’. ‘There’s No Eternity’ merupakan title track atau lagu andalan dari mini album tersebut.
Lewat lagu yang ditulisnya sendiri, pria kelahiran 1991 itu membuat lagu yang menunjukkan karakter serta gaya musiknya. Dongwoon menyanyikan ballad mengenai hubungan yang tidak bisa lagi dipertahankan, dengan nuansa musikal yang diiringi alunan piano.
Penggalan lirik lagu ini berarti, “Kau selalu menjadi yang pertama bagiku dan kau selalu ku dahulukan. Tapi, saat kita mendorong satu sama lain, beban dari tekanan itu menjadi lebih besar daripada cinta. Ia menjadi terlalu berat untuk ditanggung.”
ADVERTISEMENT
3. Onew SHINee - 'Blue'
Video
Sebelum resmi berangkat wajib militer, Onew, leader dari boyband SHINee, menghadiahi penggemarnya dengan lagu berjudul ‘Blue’ (2018). Karya ini merupakan title track dari ‘Voice’, mini album solo pertama yang dirilis Onew sepanjang kariernya sebagai penyanyi idola K-Pop.
Lewat lagu yang cocok disebut sebagai elegi ini, Onew menyanyikan soal seseorang yang kesepian dalam hidupnya. Tema tersebut dibawakan dengan gaya musik semi orkestra, dibalut dengan vokal Onew yang begitu kuat sekaligus menghantui.
4. Ryeowook Super Junior - 'I'm Not Over You'
Video
‘I’m Not Over You’ adalah salah satu lagu terbaru Ryeowook Super Junior. Lagu ini merupakan title track dari ‘Drunk on Love’, mini album yang dirilis Ryeowook pada 2 Januari 2019.
ADVERTISEMENT
Seperti terbaca dari judulnya, lagu ini merupakan ballad mengenai pria yang belum bisa melupakan mantan kekasihnya. Tema itu dinyanyikan oleh pria kelahiran 1987 ini dengan teknik yang mumpuni, seperti penggunaan vokal yang kuat dan falsetto yang merdu.
5. G-Dragon BIGBANG - 'Untitled (2014)'
Video
Kita mungkin terbiasa mendengar G-Dragon menyanyikan lagu-lagu hip-hop dengan gaya yang kuat. Namun, melalui ‘Untitled (2014)’, pemilik nama asli Kwon Ji Yong ini membuktikan kalau dia juga bisa membawakan sebuah lagu ballad yang penuh penjiwaan.
‘Untitled (2014)’ adalah title track dari ‘Kwon Ji Yong’, mini album yang dirilis pada Juni 2017. Ini merupakan karya solo terakhir G-Dragon sebelum ia menjalani wajib militer pada Februari 2018.
Melalui lagu ini, G-Dragon menceritakan mengenai pria yang belum bisa melupakan mantan kekasihnya. Tak seperti biasanya, G-Dragon sama sekali tidak menyanyikan rap sama sekali dalam lagu tersebut. Ia hanya bernyanyi dengan iringan piano, memperkuat kesan sentimental dalam lagu ballad tersebut.
ADVERTISEMENT
6. Jun. K 2PM - 'Your Wedding'
Video
Jun.K, vokalis utama 2PM, sudah pernah membawakan berbagai jenis lagu dalam kariernya. Salah satunya adalah satu lagu ballad berjudul ‘Your Wedding’ yang dirilis sebagai digital single pada 2017.
Segaris dengan judulnya, lagu ini bercerita soal pernikahan seorang mantan kekasih. Dalam acara radio ‘Cultwo Show’, pemilik nama asli Kim Min Joon itu pernah mengakui bahwa lagu ini dibuat berdasarkan pengalaman pribadinya.
“Sekitar 70 persen (dari lagu ini) dibuat berdasarkan pengalaman pribadi. Ini adalah lagu yang menggambarkan rasa sedih saat menghadiri pernikahan mantan kekasih,” tutur Jun.K dalam acara tersebut, seperti dikutip Allkpop.
7. Jonghyun SHINee - 'Before Our Spring'
Video
‘Before Our Spring’ adalah karya yang dirilis sebagai penutup album terakhir Jonghyun SHINee, ‘Poet | Artist’, pada 2018.
ADVERTISEMENT
Dalam lagu ini, Jonghyun bernyanyi sangat halus dan merdu, dengan latar iringan suara piano. Pria kelahiran 1990 itu menyanyikan keinginan untuk bertemu orang yang dikasihi, sebelum musim semi tiba. Namun, ada sesuatu yang membuatnya merasa khawatir untuk bertemu dengan orang tersebut.
Pada bagian akhir lagu, terdapat lirik yang berbunyi, “Saat aku melupakan air mata dan kesedihanku, saat musim semi datang kepadaku juga. Saat itulah..."