kumparan
search-gray
Entertainment16 Maret 2019 18:38

kumparan K-Playlist: Mini Album Epik High, ‘sleepless in __________’

Konten Redaksi kumparan
kumparan K-Playlist: Mini Album Epik High, ‘sleepless in __________’  (207519)
Sampul album terbaru Epik High, 'sleepless in __________'. Foto: Facebook/@EPIKHIGH
Trio hip-hop asal Korea Selatan, Epik High, kembali dengan mini album berjudul ‘sleepless in __________’ pada Senin (11/3). Ini merupakan karya pertama mereka usai dua tahun rehat, sekaligus jadi karya pertama Epik High setelah keluar dari YG Entertainment pada 2018.
ADVERTISEMENT
Melalui album ini, kita akan kembali dibawa menyaksikan kepiawaian Tablo, Mithra Jin, dan DJ Tukutz dalam membuat formulasi lagu yang brilian. Seisi album ini bisa dinikmati sebagai karya berkelanjutan, dengan isi lagu yang berkesinambungan.
Album ini dibuka dengan intro bernama ‘Sleepless’ yang menggambarkan tema keseluruhan, disambung dengan lima buah lagu lain yang menceritakan pergumulan batin , yang bisa merampas tidur dari kehidupan seseorang.
Album ini lalu ditutup dengan lagu berjudul ‘Lullaby for A Cat’, yang seolah dibuat untuk meninabobokan pendengar.
Seperti apa karya terbaru Epik High? Yuk, simak.
1.Sleepless
‘Sleepless’ adalah karya berisi narasi yang mengawali album ‘Sleepless in __________'. Dalam karya yang hanya berdurasi satu menit ini, kita akan dibawa mendengarkan pertanyaan-pertanyaan yang menggambarkan tema album secara keseluruhan.
ADVERTISEMENT
Misal, dalam pertanyaan seperti, “Do you have trouble sleeping? Do you have nightmares? Are you heartbroken? Do you feel down, depressed, hopeless?
  1. In Seoul
Setelah mendengarkan narasi singkat pada ‘Sleepless’, Tablo, Mithra Jin, dan DJ Tukutz menyambung cerita lewat lagu yang berjudul ‘In Seoul’.
Lagu ini dibuat dengan irama hip-hop klasik Epik High, dengan tempo medium dan penekanan pada narasi berbentuk rap. Hal ini kemudian dipadukan dengan suara merdu yang emosional milik Sunwoo JungA.
Lagu ini menceritakan soal apa yang membuat hidup di ibu kota Korea Selatan, Seoul, terasa berat. Misal, karena adanya berbagai kesibukan yang ada di kota itu, kemarahan di dunia, juga kata-kata yang dilontarkan tanpa tanggung jawab.
ADVERTISEMENT
3.Lovedrunk
Selanjutnya, pendengar bisa menikmati ‘Lovedrunk’, title track dari ‘sleepless in __________’ yang dinyanyikan Epik High bersama solois Crush. Setelah menyajikan ‘In Seoul’ yang menggambarkan beratnya kehidupan, ‘Lovedrunk’ menggambarkan mengenai beratnya proses melupakan seseorang yang dicintai.
‘Lovedrunk’ bisa dikategorikan ke dalam lagu yang menjadi signature Epik High belakangan ini. Lagu hip-hop ini memiliki nada melankolis yang berbalut dengan rap, menghasilkan musik yang pas bagi mereka yang patah hati.
Selain karena lirik dan musiknya, lagu ini juga menarik perhatian karena video klipnya yang dibintangi oleh dua aktris, yaitu Lee Ji Eun (IU) dan Jin Seo Yeon.
Hingga saat ini, ‘Lovedrunk’ terus bersaing dengan ‘Spring’, lagu milik Park Bom, dan memperebutkan posisi pertama di berbagai chart musik Korea Selatan.
ADVERTISEMENT
4.Eternal Sunshine
Dalam karya keempat, pendengar bisa menikmati ‘Eternal Sunshine’, lagu yang diproduksi oleh Suga BTS dan penulis lagu ‘Noir’ milik Sunmi, El Capitxn. Sejak sebelum dirilis, lagu ini banyak menarik perhatian. Sebab, 'Eternal Sunshine' menandai kolaborasi kedua Tablo dengan Suga BTS, setelah pernah berkolaborasi dalam ‘Song Request’ milik Lee Sora yang dirilis pada Januari 2019.
‘Eternal Sunshine’ tidak dinyanyikan bersama penyanyi lainnya. Lagu ini hanya diisi dengan rap oleh Tablo dan Mithra Jin. Lagunya berkisah mengenai orang yang kesulitan tidur karena merasa terbebani dengan hidupnya. Di saat yang sama, lagu ini juga dibuat sebagai penghiburan bagi mereka yang merasa tak tenang dalam hidupnya.
Penggalan lirik ini berbunyi, “Do you get lonely? Sick with anxiety? Can’t trust nobody? Same Here. Well, I’m here.
ADVERTISEMENT
5.No Different
Di album ini, Epik High juga berkolaborasi dengan penyanyi asal Malaysia, Yuna. Mereka membawakan ‘No Different’, lagu berbahasa Inggris yang diproduseri oleh Code Kunst.
Lewat ‘No Different’, Tablo dan Yuna menyanyikan mengenai hubungan cinta yang mulai berjarak. Lagu ini ditulis dari sudut pandang seseorang yang mengerti bahwa kekasihnya merasa ia telah berubah. Namun, orang ini berusaha meyakinkan bahwa mereka berdua masih sama-sama mencintai.
6.Rain Again Tomorrow
Lewat lagu keenam yang berjudul ‘Rain Again Tomorrow’, Epik High kembali menceritakan mengenai seseorang yang tidak bisa tidur di malam hari. Deskripsi itu dijelaskan secara cukup gamblang.
Misal, melalui cerita soal seseorang yang sudah berusaha mendengarkan lagu-lagu relaksasi namun tidak bisa tidur, juga soal seseorang yang merasa terjebak dalam siklus memberatkan bernama kehidupan.
ADVERTISEMENT
7.Lullaby for A Cat
Menutup albumnya, Epik High menyajikan karya bertempo pelan yang berjudul ‘Lullaby for A Cat’. Lagu ini dibuat sebagai kelanjutan dari ‘Rain Again Tomorrow’, namun dengan tempo yang lebih lambat. Perubahan tempo ini seolah dibuat untuk mengajak pendengarnya bersantai, seperti ninabobo agar seseorang bisa tidur.
Lagu ini tidak memiliki banyak lirik. Pada bagian awalnya, lagu ini hanya meneruskan lirik ‘Rain, down, down’ yang ada dalam ‘Rain Again Tomorrow’. Selanjutnya, hanya ada sedikit sedikit rap Tablo yang dibalut dengan efek suara rekaman radio, sebelum akhirnya beralih ke alunan biola sentimental yang menenangkan.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
sosmed-whatsapp-white
sosmed-facebook-white
sosmed-twitter-white
sosmed-line-white