kumparan
20 Mar 2019 14:19 WIB

MBC Melaporkan TOP BIGBANG Dapat Pelayanan Khusus Selama Wamil

TOP BIGBANG. Foto: Instagram/choi_seung_hyun_tttop
Anggota boyband BIGBANG, TOP, dikabarkan mendapatkan perlakuan khusus selama masa wajib militernya. Hal ini terungkap dari jadwal cuti TOP yang disiarkan program berita MBC, ‘Newsdesk’, pada Selasa (19/3).
ADVERTISEMENT
TOP saat ini sedang memenuhi tugas wajib militernya sebagai pekerja layanan publik di kantor Distrik Yongsan. Dia bekerja dari hari Selasa hingga Sabtu, dari jam 10:00 pagi sampai jam 19:00 KST. TOP disebut hanya libur pada hari Minggu dan Senin.
‘Newsdesk’ menyatakan bahwa mereka telah melihat kalender hari kerja TOP dan menemukan bahwa banyak hari cuti yang telah diambil rapper BIGBANG tersebut jika dibandingkan rekan-rekannya. Juga dalam jadwal tersebut, sebagian besar cutinya dijadwalkan sebelum atau setelah hari libur lainnya.
Seperti liburan Chuseok (festival panen) pada September 2018, TOP mengganti hari liburnya dengan hari kerja dan juga mengambil cuti sakit saat hari kerja. TOP dilaporkan mulai libur pada hari Minggu tanggal 23 September. Lalu pada Senin hingga Rabu tanggal 24 hingga 26 September saat libur Chuseok. Dan pada Kamis 27 September, TOP mengambil cuti sakit.
ADVERTISEMENT
Dikarenakan libur Chuseok bertepatan dengan liburnya pada hari Senin, TOP mengganti jatah liburnya tersebut pada hari Jumat tanggal 28 September. Tanggal 29 September ia kembali mengambil cuti sakit, dan tanggal 30 September hingga 1 Oktober adalah jadwal libur regulernya.
Sehingga jika dihitung, TOP telah mendapatkan libur selama sembilan hari berturut-turut.
Selain itu, ‘Newsdesk’ juga mendapatkan informasi bahwa TOP telah libur empat hari berturut-turut sebelum hari libur peringatan Memorial Day pada 6 Juni 2018. Pemain film ‘Commitment’ tersebut libur dari Minggu hingga Senin tanggal 3 dan 4 Juni lalu mengambil cuti sakit pada 5 Juni.
Untuk kedua periode libur tersebut, ‘Newsdesk’ melaporkan bahwa tidak ada laporan medis yang diajukan untuk menjelaskan alasan cuti sakitnya.
ADVERTISEMENT
Lalu, hari cuti sakit lainnya sebagian besar dilakukan pada hari Sabtu atau Selasa—sebelum atau sesudah hari libur biasanya. Dari 19 hari cuti sakit, 15 hari diambil dari hari libur biasa.
Untuk menjelaskan hal tersebut, TOP mengatakan bahwa dia memiliki gangguan panik pada hari-hari cuti sakitnya.
"Itu karena saya memiliki gangguan panik saat itu (cuti sakit), dan saya agak sakit,” ujar TOP seperti dikuti dari Soompi yang melansir 'Newsdesk'.
‘Newsdesk’ juga melihat jadwal 226 pekerja layanan publik lainnya di kantor Distrik Yongsan. Mereka mengatakan bahwa TOP telah mengambil rata-rata tiga kali lebih banyak dari hari cuti sakit karyawan lain, dan empat kali lebih banyak pada hari-hari libur berikutnya.
Menanggapi laporan dari ‘Newsdesk’, kantor Distrik Yongsan mengatakan bahwa TOP tidak menerima perlakuan khusus karena menjadi selebriti.
ADVERTISEMENT
YG Entertainment sendiri mengatakan bahwa mereka tidak ingin memberikan pernyataan apapun karena saat ini TOP sedang bekerja di kantor Distrik Yongsan sehingga meminta wartawan bertanya ke kantor tersebut.
“TOP saat ini sedang melakukan layanan alternatif, sehingga tidak ada pernyataan yang dapat kami berikan dari agensi kami. Anda harus bertanya ke kantor Distrik Yongsan,” ujar perwakilan YG Entertainment.
TOP memulai masa wajib militernya di kantor pelayanan publik Distrik Yongsan pada 26 Januari 2018. Rencananya, ia akan mengakhiri masa wajib militernya tersebut pada Juni 2019.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan