kumparan
search-gray
Entertainment25 Mei 2018 10:02

'Nobody' Milik 6ix9ine Terbukti Plagiat Lagu 'Island' Winner

Konten Redaksi kumparan
'Nobody' Milik 6ix9ine Terbukti Plagiat Lagu 'Island' Winner (853425)
6ix9ine dan Winner (Foto: Instagram @6ix9ine_ dan Facebook @OfficialYGWINNER)
Rapper Amerika Serikat, 6ix9ine, belum lama ini membuat geram para penggemar grup K-Pop Winner. Pasalnya, pria berusia 22 tahun ini diketahui menjiplak salah satu lagu Winner yang berjudul 'Island'.
ADVERTISEMENT
Hal ini diketahui setelah direktur editorial Billboard, Jeff Benjamin, memposting kecurigaannya dengan memperbandingan lagu 'Nobody' milik 6ix9ine dengan 'Island' milik Winner di akun Twitternya, @Jeff__Benjamin. Ia menuliskan bahwa melodi yang digunakan 6ix9ine dalam potongan 'Nobody', terdengar sangat mirip dengan 'Island' milik Winner.
"Potongan lagu baru 6ix9ine di Instagram sepertinya menggunakan teknik produksi yang sama dengan lagu 'Island' milik Winner. Mari kita lihat seperti apa lagu tersebut seutuhnya. Kalian bandingkan sendiri," tulisnya di caption postingannya.
Awalnya 6ix9ine menggunggah lagu tersebut di akun Istagram pribadinya, @6ix9ine_, untuk merayakan ulang tahun sahabatnya DJ Akademiks. Merasa terharu, DJ Akademiks kemudian mengunggah ulang lagu tersebut di Instagram pribadinya, @akadmiks.
Menyadari karya artisnya dijiplak, YG Entertainment selaku agensi yang menaungi Winner tidak tinggal diam. Pihak YG akhirnya memblokir dan mencekal lagu serta video klip 'Nobody' 6ix9ine karena terbukti melanggar hak cipta.
ADVERTISEMENT
6ix9ine sendiri mengunggah keseluruhan lagu serta video klip 'Nobody' pada pada 18 Mei di akun YouTube resminya. Kini, versi pertama lagu ini tak lagi dapat ditemui di YouTube.
Winner merilis lagu 'Island' pada Agustus 2017 lalu. Mengusung genre musik tropical house, lagu ini merupakan salah satu lagu utama dalam mini album Winner yang bertajuk 'Our Twenty For'.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
sosmed-whatsapp-white
sosmed-facebook-white
sosmed-twitter-white
sosmed-line-white