kumparan
22 Juli 2019 16:25

'Parasite' Tembus 10 Juta Penonton di Korea Selatan

Film Korea Selatan, Parasite
Film Korea Selatan, Parasite. Foto: Facebook/@CJENMMOVIE
Popularitas film 'Parasite' di Korea Selatan rupanya masih begitu tinggi. Setelah hampir dua bulan tayang, film garapan sutradara Bong Joon Ho ini akhirnya mencapai lebih dari 10 juta penonton di tanah asalnya.
ADVERTISEMENT
Soompi melaporkan, berdasarkan data dari Korean Film Council, film ini berhasil menembus 10 juta penonton pada 21 Juli 2019. Data pada Senin (22/7) menunjukkan, film yang membahas soal kesenjangan sosial itu telah meraih 10.000.253 penonton. Angka ini masih bisa bertambah, mengingat film itu masih diputar di 170 bioskop di Korea Selatan.
Seorang pengamat film, Yoon Seung Eun, mengatakan bahwa jumlah penonton 'Parasite' ada kaitannya dengan Palme d'Or atau penghargaan tertinggi di Festival Film Cannes 2019 yang diraih oleh film tersebut.
"Sutradara Bong Joon Ho adalah seseorang yang punya 'kekuatan tiket besar'. Namun, penghargaan Palme D'Or yang diraihnya semakin meningkatkan kekuatan tersebut," ujar Yoon Seung Eun.
Film Korea Selatan, Parasite.
Film Korea Selatan, Parasite. Foto: Facebook/@CJENMMOVIE
Memang, 'Parasite' bukan film dengan penonton terbanyak di Korea Selatan. Predikat itu masih dipegang oleh film bertema sejarah, 'The Admiral: Roarring Currents' (2014), yang mencetak rekor 17,6 juta penonton.
ADVERTISEMENT
Meski demikian, rekor 'Parasite' tetap menarik perhatian para penggemar film. 'Parasite' resmi menjadi karya ke-26 yang berhasil meraih 10 juta penonton di Korea. Karya berjenis dark comedy ini juga menjadi film keempat yang berhasil menembus angka tersebut di Korea tahun ini, setelah film 'Extreme Job', 'Avengers: End Game', serta 'Aladdin'.
Selain itu, film ini juga dinyatakan sebagai karya kedua Bong Joon Ho yang mencapai 10 juta penonton, setelah 'The Host'.
'Parasite' sendiri merupakan film mengenai si kaya dan si miskin. Film itu menghadirkan cerita satu keluarga miskin yang berhasil bekerja untuk keluarga kaya dengan cara yang tak terduga, serta ironi yang terkandung dalam hubungan mereka.
Selain di Korea, film yang dibintangi oleh Song Kang Ho dan Choi Woo Shik ini juga meraih popularitas di negara-negara lain. Di Indonesia sendiri, film ini tercatat sebagai karya Korea terlaris, dengan lebih dari 380 ribu penonton per 14 Juli 2019.
ADVERTISEMENT
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan