kumparan
search-gray
Entertainment2 Desember 2019 11:24

Petugas Bea Cukai Korea Bocorkan Dokumen Pribadi Song Hye Kyo

Konten Redaksi kumparan
Petugas Bea Cukai Korea Bocorkan Dokumen Pribadi Song Hye Kyo (1219035)
Song Hye Kyo dalam acara pembukaan toko Sulwhasoo di Hainan, China. Foto: Instagram/@sulwhasoo.official
Media Korea SBS melaporkan adanya oknum petugas bea cukai Korea Selatan, yang membocorkan dokumen pribadi milik selebriti Korea. Beberapa nama yang dokumennya dibocorkan antara lain aktris Song Hye Kyo, penyanyi Kim Tae Won, hingga pejabat Hyundai Motor Company, Jeong Ui Seon.
ADVERTISEMENT
Dilansir Soompi, hal ini diketahui setelah adanya laporan soal bocornya dokumen pribadi milik tokoh-tokoh terkenal Korea. Dari yang diketahui, dokumen tersebut dibocorkan oleh petugas berinisial Kim dan rekan kerjanya, yang bekerja di Bandara Internasional Incheon dan Bandara Gimpo.
"Bapak Kim diketahui telah menjalani penyelidikan, untuk laporan terkait bocornya dokumen dan korupsi karyawan di Korea Custom Service (Bea Cukai Korea) di bulan Agustus," ungkap SBS.
Petugas Bea Cukai Korea Bocorkan Dokumen Pribadi Song Hye Kyo (1219036)
Song Hye Kyo Foto: Instagram @kyo1122
Menurut laporan, dokumen yang dibocorkan merupakan informasi pribadi termasuk nomor paspor, tanggal lahir, nomor telepon, dan alamat rumah. Dokumen tersebut diperkirakan bocor pada periode 2011 hingga 2015, dan merupakan formulir deklarasi pabean yang diajukan pada saat kedatangan di Korea Selatan.
Selain Song Hye Kyo, nama-nama selebriti dan tokoh lain yang informasi pribadinya dibocorkan antara lain Ahn Jung Hwan, Wakil Ketua Eksekutif Hyundai Motor Company Jeong Ui Seon, penyanyi Kim Tae Won, mantan anggota tim sepak bola nasional Jepang Hidetoshi Nakata, dan pianis Yang Bang Ean.
ADVERTISEMENT
Formulir deklarasi bea cukai seharusnya dibuang oleh departemen terkait satu bulan setelah dikumpulkan. Layanan Pabean Korea menyatakan, bahwa membocorkan formulir pernyataan pabean tersebut merupakan pelanggaran terhadap Klausul 116 Undang-Undang Pabean, yang berkaitan dengan kerahasiaan informasi perpajakan.
Serta pelanggaran Undang-Undang Perlindungan Informasi Pribadi dan Klausul 127 hukum pidana, yang berkaitan dengan pengungkapan rahasia klasifikasi, informasi, dan dapat dijerat maksimum lima tahun penjara.
Menanggapi hal ini, Layanan Kepabeanan Korea mengatakan akan melakukan penyelidikan dan menghukum oknum-oknum yang terlibat.
"Kami akan menyelidiki masalah ini dan menghukum karyawan yang terlibat sesuai dengan peraturan hukuman."
Hingga saat ini belum ada pernyataan dari agensi Song Hye Kyo maupun selebriti dan tokoh yang dirugikan, atas bocornya informasi pribadi mereka.
ADVERTISEMENT
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
sosmed-whatsapp-white
sosmed-facebook-white
sosmed-twitter-white
sosmed-line-white