kumparan
search-gray
Entertainment21 Mei 2018 12:32

Prestasi Para Penyanyi K-Pop di Chart Internasional Billboard

Konten Redaksi kumparan
Prestasi Para Penyanyi K-Pop di Chart Internasional Billboard (46971)
K-Pop di Billboard (Foto: Berbagai sumber)
Perkembangan K-Pop saat ini mulai memasuki pasar musik Eropa dan Amerika. Tak lagi hanya mampu bersaing di chart musik Asia, lagu-lagu K-Pop saat ini juga mulai banyak menguasai chart musik internasional, salah satunya Billboard.
ADVERTISEMENT
'World Albums Chart' di Billboard merupakan salah satu tangga lagu yang paling sering diisi oleh para idola K-Pop. Dengan album terbaru mereka, setiap minggunya selalu ada grup maupun penyanyi solo K-Pop yang berhasil menduduki peringkat teratas chart tersebut.
Mulai dari grup rookie seperti (G)I-DLE, DreamCatcher hingga grup senior seperti EXO, BTS, BIGBANG, Super Junior, dan TVXQ pernah nangkring di 'World Albums Chart'. Saat ini 'World Albums Chart' dapat disebut sebagai chart yang paling gampang untuk diraih idola K-Pop.
Salah satu chart Billboard yang cukup bergengsi adalah 'Billboard Hot 100'. Tangga lagu ini biasanya hanya bisa ditembus oleh para penyanyi atau grup K-Pop papan atas. Dalam chart ini, posisi lagu diperoleh dari hasil perhitungan terhadap jumlah layanan streaming, penjualan pengunduhan lagu dan pemutaran di radio di Amerika Serikat.
ADVERTISEMENT
PSY, CL, BTS, dan Wonder Girls merupakan artis K-Pop yang berhasil menembus chart ini. Wonder Girls merupakan idola K-Pop pertama yang berhasil berjaya di chart ini dengan lagu 'Nobody'. PSY menjadi penyanyi K-Pop yang lagu paling sering masuk chart ini, sedangkan BTS menjadi idola K-Pop pertama yang berhasil menduduki peringkat paling atas.
Pada bulan Maret lalu, BTS, EXO, Wanna One dan Got7 berhasil menduduki peringkat sepuluh besar dalam 'Social 50 Chart'. Keempat grup tersebut merupakan idola K-Pop pertama yang berhasil menembus chart tersebut, sejak 'Social 50 Chart' dibuat pada 2010 lalu.
Peringkat ini ditentukan berdasarkan data dari yang diperoleh dari perusahaan analisis musik, Next Big Sound. Tak hanya itu, peringkat ini juga ditentukan berdasarkan kepopuleran sang artis di media sosial seperti Facebook, Twitter, Instagram, YouTube, Wikipedia, dan Tumblr.
ADVERTISEMENT
Meskipun selama ini artis K-Pop sukses menembus di chart mingguan dan harian Billboard, namun hanya PSY yang mampu meraih penghargaan 'Top Streaming Song' berkat lagu 'Gangnam Style' pada tahun 2013. PSY menjadi artis K-Pop pertama yang sukses mendapatkan penghargaan tersebut dalam ajang Billboard Music Awards.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
sosmed-whatsapp-white
sosmed-facebook-white
sosmed-twitter-white
sosmed-line-white