kumparan
3 Juni 2018 12:08

Rekomendasi 5 Lagu Terbaik dari B-Side Track Milik SHINee

SHINee
SHINee. (Foto: SM Entertainment)
Bukan hal yang aneh jika banyak pecinta musik K-Pop hanya mendengarkan title track atau lagu utama dari sebuah grup. Terlebih jika grup tersebut bukan merupakan idola kesayangan mereka. Namun, ada banyak b-side track atau lagu lain dalam sebuah album yang ternyata bisa sangat berkualitas, bahkan melebihi lagu utama.
ADVERTISEMENT
Termasuk b-side track milik SHINee. Dengan mengusung konsep kontemporer, SHINee dikenal sering bereksperimen dengan berbagai genre musik.
Berikut ini adalah lima b-side track terbaik SHINee yang harus kamu dengarkan.
1. One Minute Back
Video
'One Minute Back' ada di dalam mini album kelima SHINee bertajuk 'Everybody'. Dirilis pada 2013, album ini berisikan tujuh buah lagu, termasuk 'One Minute Back'.
Diawali dengan intro yang menarik, lagu ini menceritakan tentang seorang pria yang melihat kekasihnya selingkuh dan ingin memutar kembali waktu.
Harmonisasi suara di bagian verse cukup membuat banyak pendengar lagu terkesan. Seoulbeats.com menulis lagu ini punya banyak nada eksperimental yang bisa berpadu baik dengan unsur seksi, sensual dan sentimental.
ADVERTISEMENT
2. Orgel
Video
SHINee memang dikenal sebagai grup dengan lagu-lagu upbeat dan koreografi yang powerful. Namun ada banyak lagu SHINee yang bernuansa medium upbeat atau easy listening yang sebenarnya sangat unik dan menarik.
Salah satunya 'Orgel'. Lagu yang ada dalam album repackaged untuk full album ketiga SHINee 'Why So Serious? — The Misconceptions of Me' ini memang menarik banyak perhatian.
Terlebih karena musiknya terdengar misterius dan terkesan spooky. Musik dalam ini memang terdengar seperti alunan pada kotak musik klasik, judulnya saja diambil dari bahasa Jepang yang berarti kotak musik.
Lirik lagu ini memang menggambarkan perasaan kelam dan frustasi dan kegilaan tokoh di dalamnya yang terjebak, seolah-olah berada di dalam sebuah kotak musik.
ADVERTISEMENT
"Ini adalah lagu yang punya konsep seperti mimpi, dipenuhi dengan perasaan yang dalam dan tidak menyenangkan dan hampir seperti cerita dari 'Alice in Wonderland' dan kegilaannya," tulis thekrazemagazine.com.
3. Prism
Video
SHINee kembali merilis full album kelima dan repackaged album bertajuk '1 and 1' pada 2016 lalu. Salah satu lagu yang bersinar dalam album ini adalah 'Prism'.
Lagu dengan konsep retro ini memang terdengar catchy bahkan saat pertama kali didengarkan.
"Dalam 'Prism', ada harmoni berlapis yang menambahkan elemen menarik dari lagu. Aransemen dalam track ini tersebar dan serba cepat, tetapi SHINee berhasil menjelajahi setiap nuansa tanpa jatuh dari sinkronisasi," tulis themusicmind.com.
4. Symptoms
Video
Lagu slow jam ini bisa dibilang satu dari banyak lagu 'seksi' terbaik milik SHINee. Tak mengherankan karena genre R&B dalam lagu ini cukup kuat dan punya harmonisasi yang padu dengan vokal para anggota SHINee.
ADVERTISEMENT
'Symptoms' bisa dibilang 'bintang' dalam mini album SHINe, 'Everybody'. Lagu ini punya aransemen seperti roller coaster, karena di satu bagian, pendengar diajak menikmati alunan nada yang lembut dan berpadu dengan vokal Jonghyun yang menceritakan lirik lagu yang sedih dan pilu. Sementara pada sisi lain, lagu ini juga menunjukkan sisi kuatnya lewat beat mid-tempo electronic pada bagian chorus.
Kelima anggota SHINee memberikan penampilan vokal yang kuat, menunjukkan bahwa kemampuan vokal mereka sudah jauh berkembang ketimbang album-album sebelumnya.
5. Feel Good
Video
Seperti lagu 'Prism', 'Feel Good' juga punya konsep musik retro synth-pop dengan bass yang memenuhi keseluruhan lagu.
Pada dua setengah menit awal, lagu ini memberikan kesan seksi. Ditambah vokal SHINee yang mumpuni dengan falseto Jonghyun, melengkapi keunikan dari single yang ada dalam album '1 and 1' ini.
ADVERTISEMENT
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan