kumparan
15 Maret 2019 19:35

Review: 'Spring' Antarkan Park Bom Kembali ke Puncak Chart Musik Korea

Idola K-Pop, Park Bom eks 2NE1. Foto: YouTube/@SUPER SOUND Bugs!
Mantan vokalis utama 2NE1, Park Bom, akhirnya kembali ke industri musik Korea Selatan. Pada Rabu (13/3), wanita bersuara unik ini merilis ‘Spring’, digital single solo pertamanya setelah delapan tahun lamanya.
ADVERTISEMENT
Cukup lama waktu yang dibutuhkan Park Bom untuk kembali berkarya di dunia musik Korea. Terutama, setelah ia terganjal kasus dugaan penyelundupan obat-obatan terlarang pada 2014. Disusul dengan bubarnya girlband 2NE1 pada 2016, seolah tidak ada kepastian kapan pelantun ‘Don’t Cry’ ini akan kembali bernyanyi bagi para penggemarnya.
Namun, akhirnya, Park Bom kembali dengan karya terbaru. Tak tanggung-tanggung, lagu andalannya bertajuk ‘Spring’, meroket hingga ke puncak berbagai chart musik digital Korea Selatan.
Ini merupakan kesuksesan yang luar biasa bagi Bom. Apalagi, jika mempertimbangkan bahwa Park Bom merilis lagunya di tengah persaingan yang cukup sengit, dengan rival seperti trio hip-hop Epik High, rookie girlband ITZY, juga band N.Flying.
Hingga story ini ditulis, lagu Park Bom masih bersaing ketat dengan lagu Epik High yang berjudul ‘Lovedrunk’.
ADVERTISEMENT
Video
Untuk memahami mengapa lagu ini meroket ke puncak chart, kumparanK-Pop pun mendengarkan lagu buatan Brave Brothers ini. Kurang lebih, seperti ini kesimpulan kami.
Berbicara secara objektif, sebenarnya tidak ada yang terlalu spesial dari formulasi lagu ‘Spring’ milik Park Bom. Untuk lagu comeback ini, komponis Brave Brothers bermain aman, dengan instrumen dan nada yang cenderung standar.
Lagu pop ini hanya meminjam sedikit irama R&B bertempo medium yang mengingatkan kepada musik K-Pop sekitar tahun 2010-an, dengan tambahan sedikit paduan suara sebagai latar belakang musik.
Namun, gaya musik yang simpel ini justru seperti memberikan ruang untuk fokus pada vokal Bom. Apalagi, gaya musik bertempo medium memang cocok dengan vokal sang idola. Ini pernah terbukti dalam ‘You And I’, lagu debut solo yang dibawakannya 10 tahun silam. Sehingga, kini pendengar seperti dibawa kembali mendengarkan salah satu gaya musik yang memang cocok bagi wanita kelahiran 1984 itu.
ADVERTISEMENT
Akan tetapi, ini tidak berarti ‘Spring’ hanya sepenuhnya mengulang formulasi kesuksesan saja. Perlu diperhatikan bahwa lagu ini terasa easy listening karena Park Bom pun terasa nyaman menyanyikannya. Ia tidak terlalu banyak berteriak maupun bernyanyi dengan suara yang terlalu rendah di sepanjang lagu.
Ditambah lagi, arti lagu ‘Spring’ bisa menjadi faktor tambahan yang menarik perhatian fans ke dalam lagu. ‘Spring’ adalah karya melankolis yang ditulis liriknya oleh Brave Brothers dan Chakun. Lagu ini bercerita mengenai kerinduan terhadap sosok terkasih yang dirasa bisa menyelamatkan dari kesedihan.
Dalam lirik reff lagu ini, Park Bom berulang kali menyanyikan, ‘Apakah musim semi juga akan kembali datang kepadaku?’. Ini seolah menggambarkan keinginannya untuk kembali menemukan kebahagiaan, setelah lama bersedih.
ADVERTISEMENT
Selain itu, hal lain yang menjadi highlight 'Spring' adalah keikutsertaan Sandara Park, mantan anggota 2NE1 yang lain, dalam lagu ini. Keberadaannya bukan sekadar pemanis belaka. Sebab, Sandara Park juga melengkapi keunikan lagu ini dengan rap, alih-alih nyanyian melodi saja.
Berbagai elemen dalam ‘Spring’ tampaknya cukup berhasil membawa lagu comeback ini meroket di chart musik Korea Selatan. Meski demikian, setiap pendengar mungkin memiliki pendapatnya masing-masing mengenai lagu ini.
Selain lagu utama ‘Spring’, Park Bom juga menghadirkan dua buah lagu lain yang bisa dinikmati dari single terbarunya ini. Ada 'My Lover’ yang berkesan ringan dan membicarakan mengenai kekasih yang dirindukan. Ada juga ‘Shameful’ yang berirama EDM yang catchy. 'Shameful' bercerita mengenai seseorang yang bertanya apakah orang terkasihnya masih sangat malu terhadapnya.
ADVERTISEMENT
Kalau kamu, mana lagu Park Bom yang jadi favoritmu?
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan