Mom
·
2 April 2020 12:55

10 Ciri Awal Anak Miliki Autisme

Konten ini diproduksi oleh kumparan
10 Ciri Awal Anak Miliki Autisme  (65024)
By Numbers. Foto: Shutter Stock
Autisme pada anak seharusnya bisa dideteksi sebelum usianya genap 3 tahun. Meski begitu, ada juga orang tua yang tidak menyadarinya, sehingga deteksi dini terlambat dilakukan.
ADVERTISEMENT
Ya Moms, autisme adalah gangguan perkembangan pada anak yang menyebabkannya sulit untuk bersosialisasi dan berkomunikasi dengan orang lain. Gejala autisme sendiri bahkan bisa dilihat sejak anak masih bayi.
Itulah kenapa, American Academy of Pediatrics (AAP) menyarankan agar bayi setiap bulannya mendapatkan pemeriksaan kesehatan. Hal tersebut dilakukan untuk melihat apakah tumbuh kembang si kecil normal atau tidak.
Lantas, apa saja ciri-ciri awal autisme pada anak?
10 Ciri Awal Anak Miliki Autisme  (65025)
Ilustrasi anak dengan autisme. Foto: Shutterstock
Menurut Dokter Spesialis Anak yang ahli menangani anak dengan autisme, dr. Rudy Sutadi SpA, MARS, SPdl., ada dua bentuk autisme yang perlu dipahami orang tua.
"Bentuk pertama sejak dia mulai lahir, sudah mulai menampakkan gejala-gejala. Kemudian semakin dia besar dari bulan ke bulan mulai makin jelas atau patokan-patokan perkembangannya tidak tercapai," jelas dr. Rudy kepada kumparanMOM beberapa waktu lalu.
ADVERTISEMENT
"Bentuk yang kedua, jadi mereka dari lahir sampai 18 bulan, perkembangan relatif normal. Walaupun kalau kita perhatikan agak sedikit berbeda dengan anak-anak lain. Tiba2 di usia 18-24 bulan terjadi regresi," tambahnya.
10 Ciri Awal Anak Miliki Autisme  (65026)
Ilsutrasi anak dengan autisme. Foto: Shutterstock
Nah Moms, berikut adalah 10 ciri awal autisme pada anak yang perlu Anda ketahui.
  1. Usia 3-4 bulan: Tidak menujukkan social smile atau senyum saat diajak main orang lain.
  1. Usia 6 bulan: Tidak tertawa jika diajak main cilukba.
  1. Usia 6 bukan: Tidak menunjukkan kontak mata.
  1. Usia 6 bulan: Lebih suka bermain dengan benda dibanding dengan orang yang mengasuhnya.
  1. Usia 9 bulan: Tidak menunjukkan tanda-tanda bubbling, padahal hal itu tahap awal dalam berbicara.
10 Ciri Awal Anak Miliki Autisme  (65027)
bayi main ludah Foto: Shutterstock
  1. Usia 9 bulan: Tidak menunjukkan ekspresi wajah sama sekali.
ADVERTISEMENT
  1. Usia 12 bulan: Belum bisa menguasai 3-5 kata.
  1. Usia 12 bulan: Tidak menengok saat namanya dipanggil.
  1. Usia 24 bulan: Belum bisa merangkai 2 kata.
  1. Bila tiba-tiba di usia 18-24 bulan terjadi regresi, seperti: bicara yang sudah ada mendadak hilang, suka menyendiri, mau main sendiri, dan kontak mata hilang, segera berkonsultasi dengan dokter.
10 Ciri Awal Anak Miliki Autisme  (65028)
Ilsutrasi anak dengan autisme. Foto: Shutterstock
dr. Rudy menegaskan agar orang tua benar-benar memperhatikan patokan perkembangan anak di tiap usia. Bila ada satu yang tidak terpenuhi, maka orang tua harus waspada. "Misal,1 gak tercapai itu harus waspada, kemudian 2 gak tercapai, ya sudah harus minta pertolongan dokter," jelasnya.
Perlu dipahami, bahwa setiap anak memiliki perkembangan yang berbeda-beda. Akan tetapi, bila Anda melihat ciri-ciri di atas terjadi pada si kecil, Anda perlu mencurigai adanya gangguan perkembangan pada anak.
ADVERTISEMENT
Meski begitu, Anda tidak bisa mendiagnosis autisme berdasarkan persepsi pribadi. Segeralah berkonsultasi dengan dokter untuk menjalani beberapa pemeriksaan yang diperlukan. Jika benar terdiagnosis autisme, dokter biasanya akan merujuk untuk melakukan beberapa terapi yang dibutuhkan anak.
***
Saksikan video menarik di bawah ini.