kumparan
24 Mar 2019 9:24 WIB

10 Fakta Menarik Soal Anak Kidal

Ilustrasi anak kidal sedang menulis. Foto: Shutterstock
Memiliki tangan dominan di bagian kiri, sehingga membedakannya dengan anak lain, maka yang perlu Anda sampaikan pada si kecil adalah tidak perlu sampai berkecil hati, Moms.
ADVERTISEMENT
Sebab, menurut Sylvia Weber, ahli biologi dan kepala sebuah lembaga konsultasi untuk orang kidal di Bavaria, Jerman, kidal menandakan aktivitas otak bagian kanan lebih dominan. Sylvia juga menganjurkan agar orang tua tidak perlu mengoreksi anak supaya lebih menggunakan tangan kanan, karena justru bisa menghambat aktivitas otak kanan.
Nah, fakta menarik lainnya tentang anak kidal adalah sebagai berikut:
1. Jumlahnya sedikit
Jumlah orang kidal, termasuk anak-anak di seluruh dunia sangat sedikit. Dikutip dari laman Live Science, jumlah orang kidal di seluruh dunia hanya ada 10 persen dari seluruh penduduk dunia. Meski langka, ternyata banyak orang kidal yang terkenal lho, Moms. Contohnya seperti Barack Obama, Albert Einstein, Neil Armstrong, Leonardo Da Vinci, Oprah Winfrey, dan banyak lagi.
ADVERTISEMENT
2. Lebih umum pada anak kembar
Dikutip dari Washington State Twin Registry, anak kidal lebih muncul bila ia terlahir kembar. Pada 21 persen pasangan kembar, salah satunya adalah kidal dan yang satu lagi tidak.
3. Lebih banyak pada anak laki-laki
Menurut World Atlas, laki-laki 23 persen lebih mungkin menjadi kidal daripada perempuan.
Ilustrasi Anak Kidal Foto: Pixabay
4. Bisa terlihat sejak masih di dalam kandungan
Kecenderungan seorang anak menjadi kidal ternyata sudah bisa dilihat sejak masih dalam kandungan, yaitu sejak usia kehamilan 18 minggu. Penelitian yang dipublikasikan di Scientific Reports tahun 2017 yang dilakukan pada 29 janin, dengan melihat gerakan tangan yang lebih dominan pada janin.
5. Mulai permanen sejak 5 tahun
Di usia 5 hingga 6 tahun menurut Mom Junction, tangan dominan anak mulai tidak berubah, Moms. Bila ia kidal, maka ia cenderung akan terus-terusan kidal.
ADVERTISEMENT
6. Kerap mengalami kesulitan di sekolah
Menjadi seorang yang kidal mungkin membuat anak Anda mengalami lebih banyak kesulitan, terutama saat belajar menulis. Namun itu bukan salah anak Anda, Moms. Ini karena kebanyakan guru dan anak lain di sekolah tidak kidal. Karenanya, Anda perlu menemani anak latihan menulis dan percaya diri di rumah dengan tangan kirinya.
Jangan Paksa Anak Kidal untuk Dominan Menggunakan Tangan Kanan Foto: Pixabay
7. Memiliki IQ lebih tinggi
Bila Anda memiliki anak yang kidal, maka ada kemungkinan ia memiliki kecerdasan di atas rata-rata. Peneliti dari St. Lawrence University di New York, AS menunjukkan bahwa orang yang memiliki IQ di atas 140 kebanyakan kidal.
8. Lebih jago olah raga
Selain lebih cerdas, anak yang kidal juga lebih jago olahraga, terutama olahraga yang mengharuskan pesertanya berhadapan dengan lawan, seperti tenis, tinju, atau bulu tangkis. Menurut penelitian yang dipublikasikan di Biology Letters, atlit yang kidal membuat lawannya bingung pada pergerakan mereka sehingga atlit kidal memiliki keunggulan.
ADVERTISEMENT
9. Lebih pintar matematika
Penelitian yang dipublikasikan di Frontiers in Psychology tahun 2017 pada 2.300 lebih anak sekolah dasar dan menengah menunjukkan anak yang kidal lebih baik dalam mengerjakan soal matematika daripada yang tidak kidal.
10. Kreatif
Orang kidal kerap disebut-sebut memiliki kreativitas lebih daripada orang yang tidak. Silakan dibuktikan sendiri saja, Moms, bila anak Anda adalah salah satunya. Meski begitu menurut Ronald Yeo, Ph.D, dosen psikologi di Univeristy of Texas-Austin, tidak ada bukti yang cukup kuat untuk menunjukkan bahwa orang kidal lebih kreatif daripada yang tidak kidal.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan