Mom
·
27 Oktober 2020 15:00

3 Cara Optimalkan Tumbuh Kembang Anak Meski di Rumah Aja

Konten ini diproduksi oleh kumparan
3 Cara Optimalkan Tumbuh Kembang Anak Meski di Rumah Aja (407131)
Ilustrasi keluarga. Foto: Shutterstock
Situasi saat ini meningkatkan kecemasan orang tua soal tumbuh kembang anak. Ya Moms, tak sedikit orang tua yang merasa khawatir jika tumbuh kembang anaknya akan terhambat karena ruang eksplorasi anak seperti bermain di luar rumah harus dibatasi dengan adanya imbauan di rumah aja.
Namun, meski di rumah aja, memantau tumbuh kembang anak tetap penting dilakukan. Sebab, hal tersebut berpengaruh terhadap kehidupannya di masa depan, Moms. Apalagi jika si kecil berada di usia 0-3 tahun. Ya, di usia itu, mereka dapat dengan cepat menerima masukan dan pengaruh dari lingkungan sekitar.
Ada berbagai cara yang bisa Anda lakukan untuk mendukung tumbuh kembang anak selama di rumah aja, misalnya dengan tetap melaksanakan imunisasi sesuai jadwal, memberikan stimulasi sesuai usianya, dan memerhatikan nutrisi yang dikonsumsi.

Melaksanakan imunisasi sesuai jadwal

3 Cara Optimalkan Tumbuh Kembang Anak Meski di Rumah Aja (407132)
Ilustrasi imunisasi. Foto: Shutterstock
Di tengah situasi seperti ini, vaksin sebaiknya tetap dilaksanakan sesuai jadwal. Sebab, anak rentan tertular penyakit yang seharusnya bisa dicegah oleh vaksin tersebut, Moms. Jika si kecil sudah terserang penyakit, hal itu dapat memengaruhi tumbuh kembang anak di kemudian hari.

Memberikan stimulasi sesuai usianya

3 Cara Optimalkan Tumbuh Kembang Anak Meski di Rumah Aja (407133)
Ilustrasi mengajak anak belajar jalan. Foto: Shutterstock
Memberikan stimulasi sesuai usianya dapat mengoptimalkan tumbuh kembang anak dan mencegah over stimulation, Moms. Tanpa perlu keluar rumah, Anda bisa melakukan beberapa stimulasi berikut:
Misalnya pada anak 1 tahun, Anda bisa meminta si kecil memasukkan koin ke celengan atau menyusun bantal dan memintanya untuk melintas. Saat anak memasuki usia 18-24 bulan, Anda bisa menyiapkan sensory play menggunakan bahan-bahan yang mudah didapat, seperti kacang hijau atau beras.
Sementara itu, ketika anak berusia 2-3 tahun, tingkat kesulitan dalam menstimulasi kecerdasan anak dapat ditambah. Anda dapat memintanya menghitung, memakai baju, menyebutkan warna, atau melakukan toilet training.

Memerhatikan nutrisi yang dikonsumsi

3 Cara Optimalkan Tumbuh Kembang Anak Meski di Rumah Aja (407134)
Ilustrasi anak makan. Foto: Shutterstock
Para ahli mengungkap, terdapat hubungan antara otak dan saluran cerna. Pencernaan yang sehat juga dapat mengoptimalkan kecerdasan anak.
Karenanya, pola gizi seimbang perlu diterapkan agar nutrisi si kecil terpenuhi. Pastikan anak mendapatkan mikronutrien dan makronutrien dalam porsi yang cukup. Caranya, Anda bisa membagi satu piring menjadi tiga bagian: sepertiga untuk makanan pokok, sepertiga untuk sayuran, dan sepertiga lagu untuk lauk dan buah.
Adanya kemajuan teknologi membuat semua informasi seputar kesehatan dan tumbuh kembang anak kian mudah didapatkan. Namun, usahakan untuk tetap bijak dalam mengolahnya ya, Moms. Jangan sampai Anda termakan hoax akibat banyaknya berita yang beredar.
Tak perlu khawatir, Moms! Kini, Anda bisa lebih mudah memantau tumbuh kembang si kecil dengan Nutriclub Expert Advisor. Nutriclub Expert Advisor merupakan layanan terbaru dari Nutriclub yang siap membantu orang tua terkait topik resilient parenting dalam mendukung karakter anak yang resilient selama 24/7. Topik-topik tersebut bisa seputar parenting, stimulasi dan tumbuh kembang anak, nutrisi untuk imunitas, nutrisi khusus, hingga kehamilan dan menyusui. Sehingga, anak memiliki kemampuan menghadapi tantangan di masa depan serta memiliki mental untuk bangkit jika menemukan kegagalan, Moms.
Anda dapat berdiskusi dan menerima saran dari para expert yang telah tervalidasi dan tanpa dipungut biaya apapun. Menariknya, Nutriclub Expert Advisor dapat diakses melalui telepon (bebas pulsa) di nomor 0800 1 360360 maupun melalui WhatsApp di nomor 0821 2000 100, setiap hari selama 24 jam, Moms. Itu artinya, meski hari libur, Nutriclub Expert Advisor tetap menjawab semua pertanyaan yang Anda.
Mudah dan menarik bukan, Moms? Yuk mulai konsultasi dengan Nutriclub Expert Advisor. Sehingga, meski di situasi seperti sekarang, Anda tak perlu khawatir soal tumbuh kembang anak karena Nutriclub Expert Advisor #SelaluAdaUntukMamaPapa. Untuk informasi lengkap mengenai Nutriclub Expert Advisor, Anda bisa klik di sini.
Artikel ini merupakan bentuk kerja sama dengan Nutriclub