kumparan
25 Maret 2020 17:17

3 Vitamin Penting untuk Tingkatkan Kekebalan Tubuh Keluarga di Rumah

PTR, Ilustrasi Vitamin B.
Ilustrasi Vitamin B. Foto: Shutter Stock
Memastikan sistem kekebalan tubuh keluarga terjaga, maka menghindarkan dari gampangnya jatuh sakit. Salah satu caranya adalah dengan memenuhi kebutuhan nutrisi gizi seimbang setiap harinya.
ADVERTISEMENT
Mengutip laman Cleveland Clinic, menurut ahli diet di Cleveland Clinic, Amerika Serikat, Julia Zumpano, RD, LD, mengungkap setidaknya ada 3 vitamin yang dapat membantu meningkatkan kekebalan tubuh, yaitu:
1. Vitamin C
Ilustrasi vitamin C tambahan
Ilustrasi vitamin C tambahan Foto: dok.shutterstock
Vitamin C merupakan salah satu vitamin yang baik untuk menjaga kekebalan tubuh. Tapi tidak hanya itu, vitamin C juga baik untuk: mencegah penyakit kardiovaskular, melawan stres, mengatur tekanan darah, membuat kulit lebih sehat dan awet muda, mengontrol kadar gula darah, menjaga gusi tetap sehat hingga mencegah ketombe.
Yuk mulai sekarang penuhi kebutuhan vitamin C. Anda bisa menyiapkan jeruk, jeruk bali, jeruk keprok, kiwi, pepaya, stroberi, nanas, jambu biji, paprika, bayam, kangkung, hingga brokoli.
2. Vitamin B6
Telur mentah sebagai makanan pelancar ASI
Telur sumber vitamin B6 Foto: Shutter Stock
Selain membutuhkan vitamin C, Anda perlu vitamin B6. Manfaatnya antara lain lain adalah menambah energi, menguatkan fungsi otak, mencegah penyakit jantung, hingga mengatasi depresi.
ADVERTISEMENT
Anda bisa mendapatkannya dari susu, ayam, buncis, sayuran hijau, bayam, salmon, telur, wortel hingga aneka kacang-kacangan dan biji-bijian. Kebutuhan vitamin B6 harian berbeda-beda, Moms. Anak dan bayi membutuhkan 0,1 sampai 1,0 mg, pria dewasa 1,3 sampai 1,7 mg, selanjutnya perempuan dewasa 1,3 sampai 1,5 mg, ibu hamil 1,7 mg dan ibu menyusui 1,8 mg.
3. Vitamin E
Ilustrasi vitamin E
Ilustrasi vitamin E Foto: Pixabay
Vitamin E juga penting untuk menjaga kekebalan tubuh, mencegah rambut rontok, melindungi kerusakan sel darah, melancarkan peredarah darah di kulit kepala, menjaga kadar hormon hingga memperbaiki kualitas sperma ayah. Bila Anda sedang hamil, vitamin E berguna untuk membantu mengencerkan darah dan mencegah pembentukan gumpalan darah selama dan pascakehamilan, hingga menurunkan risiko keguguran ketika usia kehamilan masih sangat muda atau trimester pertama.
ADVERTISEMENT
Anda bisa menemukan kandungan vitamin E dari: kacang almond, bayam, sawi hijau, alpukat, brokoli, pepaya, telur, kacang kedelai, dan tomat.
Ya Moms, memang vitamin C, vitamin B6, dan vitamin E dapat menjaga kekebalan tubuh. Meski begitu, bukan berarti Anda dan keluarga tidak memerlukan aneka jenis vitamin lain, mineral, dan zat gizi lainnya.
"Cobalah untuk makan berbagai macam buah dan sayuran dari setiap warna pelangi," pesan Zumpano.
Ia juga menambahkan, untuk menjaga sistem kekebalan tubuh perlu dilakukan kebiasaan makan yang sehat dan disiplin dari waktu ke waktu.
"Anda tidak bisa makan empat jeruk saat sarapan dan berharap akan dilindungi hari itu dari terkena flu," tutupnya.
***
kumparanDerma membuka campaign crowdfunding untuk bantu pencegahan penyebaran corona virus. Yuk, bantu donasi sekarang!
ADVERTISEMENT
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan