Mom26 Desember 2019 18:00

4 Manfaat Anak Ikut PAUD

Konten Redaksi kumparan
4 Manfaat Anak Ikut PAUD (9600)
com-Ilustrasi anak belajar sejak dini Foto: Shutterstock
Agar anak memiliki karakter positif dan kecerdasan yang lebih terasah, pendidikan sebaiknya dilakukan sejak dini. Pendidikan usia dini menjadi penting, karena di 1.000 hari pertamanya adalah masa terbaik bagi pertumbuhan otak si kecil — baik dari segi kognitif maupun afektif.
ADVERTISEMENT
Karena itu, kini sudah banyak ditemukan preschool atau PAUD di Indonesia sebagai sarana untuk mendukung pendidikan anak usia dini. Namun, bukan berarti pendidikan anak diserahkan seluruhnya ke PAUD. Mendidik anak di rumah tetap yang paling utama, ya, Moms.
Dengan banyaknya orang yang mengatakan bahwa pendidikan anak usia dini itu penting, mungkin Anda penasaran faktor-faktor yang mendasarinya. Berikut ini beberapa alasan mengapa mendidik anak sejak kecil sangatlah penting.
1. Anak berada dalam masa Golden Age
Menurut UU RI N0. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional, usia emas anak berada pada rentang 0-6 tahun. Selain perkembangan fisik, kecerdasan anak juga berkembang dengan pesat pada masa emas.
Agar tidak melewatkan kesempatan emas tersebut, pastikan Anda mendidik anak di rumah dan memasukkannya ke PAUD di waktu yang tepat agar dapat mengoptimalkan kecerdasan anak.
ADVERTISEMENT
2. Bisa mengetahui minat anak sejak dini
4 Manfaat Anak Ikut PAUD (9601)
com-Ilustrasi anak belajar sejak dini Foto: Shutterstock
Menurut psikolog Astrid W.E.N, M.Psi., minat dan bakat anak ternyata bisa diketahui sejak usia dua bulan. Dengan mendidiknya sejak dini melalui berbagai aktivitas baik di rumah maupun di PAUD, minat anak mungkin saja bisa terlihat lebih cepat. Anda pun bisa fokus mendukung minat tersebut sehingga terasah dengan baik nantinya.
Tidak perlu khawatir jika minat anak belum muncul. Menurut Astrid, orang tua masih bisa mengamati minat anak hingga usia 15 tahun.
3. Menguatkan karakter dan nilai-nilai positif
Dengan menanamkan nilai-nilai seperti kejujuran, rasa percaya diri, kemandirian, dan lain-lain sejak dini, anak akan memiliki kepribadian yang lebih positif saat tumbuh dewasa nanti.
Di PAUD, anak juga akan berinteraksi dan belajar bersosialisasi dengan teman sebaya, sehingga rasa empatinya bisa terasah.
ADVERTISEMENT
4. Anak lebih siap memasuki TK dan SD
4 Manfaat Anak Ikut PAUD (9602)
com-Ilustrasi anak belajar sejak dini Foto: Shutterstock
Pendidikan anak sejak dini membantu menyiapkan dirinya ketika masuk taman kanak-kanak bahkan sekolah dasar. Anak jadi tidak kaget lagi ketika berkumpul bersama teman-teman seusianya. Bahkan si kecil mungkin bisa lebih cepat membaca, mengenal objek, dan menguasai keterampilan dasar lainnya saat berada di TK dan SD.
Dengan banyaknya manfaat yang dimiliki, mendidik anak sejak dini menjadi keharusan bagi orang tua di rumah. Memasukkannya ke preschool atau PAUD juga dapat mendukung perkembangannya. Yuk, Moms, mulai didik si kecil!
Story ini merupakan bentuk kerja sama dengan PZ Cussons
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
sosmed-whatsapp-whitesosmed-facebook-whitesosmed-twitter-whitesosmed-line-white