kumparan
26 Februari 2018 10:27

5 Cara Asyik Ajarkan Anak Bahasa Inggris

Kecerdasan anak dipengaruhi gen ibu. (Foto: Thinkstock)
Era Anda dulu tentu berbeda dengan era si kecil sekarang. Kini, cakap berbahasa asing sudah menjadi sebuah kebutuhan, Moms. Masalahnya, mungkin Anda tidak begitu lancar pula, tapi berharap anak-anak bisa menguasainya.
ADVERTISEMENT
Kalau bukan berasal dari bahasa ibu sendiri (mother tongue), belajar bahasa Inggris memang jadi susah-susah gampang. Susah jika anak tidak senang mempelajarinya. Namun, begitu gampang jika dipelajari dengan cara yang menyenangkan. Tidak masalah bila Anda merasa kurang sempurna pula bahasa asingnya, yang penting adalah tekad dan usaha Anda untuk mengajari anak terus-terusan, Moms.
KumparanMom (kumparan.com) merangkum cara asyik mengajarkan anak bahasa Inggris yang bisa Anda terapkan di rumah, Moms.
Bernyanyi
Pandai menyanyi atau tidak, hampir kebanyakan orang suka bernyanyi. Termasuk balita, mereka akan lebih mudah belajar lewat lagu dan musik, karena menyenangkan. Tak terkecuali bila kosakatanya menggunakan bahasa Inggris. Anda bisa memperdengarkannya lagu anak-anak berbahasa Inggris dan mengajaknya bernyanyi bersama, Moms. Setelah itu, jangan lupa jelaskan tentang arti lagunya supaya anak mengerti ya, Moms.
ADVERTISEMENT
Membacakan cerita
Ibu dan anak laki-lakinya (Foto: Thinkstock)
Anda bisa membelikan anak buku cerita bergambar dengan dual bahasa. Bacakan cerita berbahasa Inggris pada anak ketika bersantai di sore hari atau sebelum tidur.
Pelan-pelan saja, Moms. Sebagai awalan, Anda bisa menggunakan dual bahasa, secara bertahap gunakanlah bahasa Inggris secara keseluruhan.
Nonton TV
Anak-anak cenderung lebih mudah menangkap, bila disajikan dalam bentuk audio dan visual, sehingga belajar bahasa Inggris lebih efektif. Mulai dari kosakata, ekspresi hingga berbagai reaksi dalam bahasa inggris. Pastikan Anda memilihkan acara yang sesuai usia anak ya, Moms.
Permainan Tematik
com-Buah dan Sayuran (Foto: Thinkstock)
Belajar sambil bermain pasti menyenangkan. Anda bisa bermain bersama anak dengan melibatkan media penunjang belajar bahasa Inggris. Misalnya menyebutkan nama buah-buahan, sayur-sayuran, peralatan dapur, dan sebagainya. Anda dan si kecil jadi bisa menambah kosakata baru setiap hari.
ADVERTISEMENT
Lingkungan mendukung
Ilustrasi keluarga (Foto: Thinstock)
Ajaklah lingkungan di sekitar untuk berbahasa Inggris dalam berkomunikasi. Misalnya, seminggu dua kali jadi hari wajib bahasa inggris. Buat reward jika anggota keluarga berhasil melakukannya.
Intinya, temani anak Anda selama belajar bahasa Inggris. Kebiasaan sederhana itu, bukannya tidak mungkin menjadikan anak semakin mahir berbahasa inggris dan lebih percaya diri.
Semoga berhasil, Moms!
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan