Mom
·
7 Januari 2021 20:11

5 Cara Atasi Kurang Tidur Setelah Melahirkan

Konten ini diproduksi oleh kumparan
5 Cara Atasi Kurang Tidur Setelah Melahirkan (300924)
5 Cara Atasi Kurang Tidur Setelah Melahirkan Foto: Shutter Stock
Banyak aspek kehidupan ibu yang berubah setelah melahirkan, salah satunya yang paling umum adalah kesulitan untuk tidur. Maklum saja, ibu mesti terbangun beberapa kali sepanjang malam karena tangisan bayi. Penyebabnya pun bisa karena lapar ingin disusui, popok basah, merasa dingin, dan banyak alasan lainnya.
ADVERTISEMENT
Namun bila terus-menerus dibiarkan, kesehatan ibu akan kena dampaknya! Apalagi kondisi ini bisa terjadi selama berbulan-bulan hingga bayi bisa tidur sendiri.
Jadi jangan diam saja bila mengalami hal ini. Ya Moms, Mengutip Young Parents, ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi kurang tidur setelah melahirkan. Apa saja?

Cara Atasi Kurang Tidur Setelah Melahirkan

5 Cara Atasi Kurang Tidur Setelah Melahirkan (300925)
Cara Atasi Kurang Tidur Setelah Melahirkan Foto: Getty Images
1. Berbagi Tugas
Ajak suami membuat jadwal sederhana agar Anda berdua sama-sama mendapat istirahat yang cukup. Jika Anda sedang menyusui, Anda bisa memeras ASI terlebih dulu dan menyimpannya, sehingga bila tiba jadwal suami untuk memberi makan bayi, ia bisa memberikannya tanpa harus membangunkan Anda.
2. Terbuka Menerima Bantuan
Ada kerabat atau teman menawarkan untuk merawat bayi selama beberapa jam? Manfaatkan kesempatan tersebut untuk beristirahat, Moms. Memiliki waktu untuk diri sendiri bisa membantu menurunkan tingkat stres dan energi Anda bisa kembali setelahnya.
5 Cara Atasi Kurang Tidur Setelah Melahirkan (300926)
Manfaatkan kesempatan untuk tidur singkat setelah melahirkan Foto: Dok. Shutterstock
3. Tidur Siang Singkat
ADVERTISEMENT
Lakukan tidur siang yang singkat, walaupun Anda hanya menutup mata selama lima menit saja. Kapan pun Anda bisa, tidur lah, Moms! Daripada terburu-buru menyelesaikan pekerjaan rumah tangga saat bayi Anda tertidur di siang hari, manfaatkan waktu itu untuk mengangkat kaki dan beristirahat.
4. Pilih Prioritas
Selain mengurus bayi masih ada banyak kegiatan rumah yang harus dilakukan? Percaya lah, pekerjaan tersebut bisa menunggu sampai besok atau bahkan tidak perlu dikerjakan sama sekali.
Alternatif lain, minta bantuan suami atau anggota keluarga lainnya melakukannya.Setidaknya hanya menyapu atau mengepel lantai rumah akan sangat membantu kan?
5 Cara Atasi Kurang Tidur Setelah Melahirkan (300927)
Ilustrasi ibu stres setelah melahirkan karena kurang tidur. Foto: Shutter Stock
5. Jangan Dibawa Stres
Kurang tidur akan membuat Anda mudah stres. Jadi ingatlah betapa pun stresnya Anda setelah melahirkan dan suami juga ikut kurang tidur, fase ini hanya sementara saja. Bersikap lah positif dan nantikan bulan-bulan mendatang yang lebih tenang.
ADVERTISEMENT
Yakinlah pola tidur bayi Anda akan berlangsung membaik selama beberapa bulan ke depan, dan hidup Anda dan pasangan akan normal kembali.